sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Dituntut Sempurna, Ini Hal yang Bisa Merusak Karir Idol Kpop Dalam Industri Hiburan

Astari Dewi Larasati | Minggu, 16 Aug 2020 07:30 WIB
Dituntut Sempurna, Ini Hal yang Bisa Merusak Karir Idol Kpop Dalam Industri Hiburan
caption
Jakarta -

Tuntutan menjadi seorang idol sangatlah besar, bahkan mereka harus terlihat sempurna demi menjaga image. Satu kesalahan saja akan dianggap skandal besar bagi penggemar bahkan masyarakat Korea Selatan.

Karena netizen disana memiliki ekspektasi yang besar terhadap idol Kpop dan ada banyak hal yang dilakukan mereka dapat merusak karir. Mungkin diantara beberapa orang Indonesia hal ini merupakan perbuatan biasa saja. Yuk simak hal apa yang bisa merusak karir dalam industri hiburan.

Bullying

Kasus bullying paling terkena dalam industri Kpop adalah T-ARA.
Hwayoung Ex T-ARA/Instagram.com/ryu.hwayoung

Bullying memang merupakan masalah serius khususnya di kalangan idol Kpop. Salah satu kasus paling terkenal adalah netizen Korea Selatan percaya mantan anggota T-ARA yaitu Hwayoung diganggu oleh anggota grupnya sendiri. Bukti terkuat ditemukan saat Eunjung dengan paksa menyuapi kue beras ke mulut Hwayoung. Setelah kasus ini beredar, netizen mengkritik semua anggota walaupun T-ARA mencoba memberikan penjelasan. Netizen menolak sehingga popularitas mereka menurun drastis. Beberapa tahun kemudian, terungkap bahwa pembully sebenarnya adalah Hwayoung.

Jimin AOA membully mantan rekan anggotanya yaitu, Mina selama 10 tahun.
Jimin Ex AOA/Instagram.com/jiminbaby_18

Kemudian akhir-akhir ini kembali ramai kasus bullying di antara anggota AOA bersama mantan anggotanya, yaitu Mina. Ia mengungkapkan telah dibully selama 10 tahun oleh Jimin sang leader. Ia menerima perbuatan tidak terpuji serta menyebabkan trauma mendalam bagi dirinya. Akhirnya citra Jimin buruk dimata netizen lalu ia terpaksa meninggalkan AOA.

Kencan

Dengan kabar kencan, penggemar merasa dikhianati.
Chen EXO/pinterest.com/nada

Mungkin kebanyakan netizen Indonesia dan internasional tidak mempermasalahkan jika idol Kpop berkencan. Namun berbeda dengan netizen Korea Selatan yang merasa dirinya dikhianati jika sang idol menjalin kasih dengan orang lain. Seperti anggota EXO, Chen mengumumkan pernikahan serta kehamilan kekasihnya. Walaupun banyak penggemar yang memberi selamat, adapula yang memboikot dan menuntutnya untuk keluar dari grup. Hal ini juga dialami oleh seniornya, yaitu Sungmin Super Junior.

Perjudian

Perjudian adalah perbuatan illegal di Korea Selatan dan dianggap negatif.
Andy Shinwa/pinterest.com/finafitria

Perjudian merupakan hal ilegal di Korea Selatan dan segala hal yang bersangkutan akan dianggap negatif. Namun pada tahun 2013, Andy Shinwa diketahui berjudi pada pertandingan sepak bola. Akibat perbuatannya ia dilarang untuk tampil dalam salah satu televisi nasional Korea Selatan selama satu tahun. Andy sendiri telah meminta maaf kepada masyarakat luas.

Menggunakan obat terlarang

Seperti perjudian, pemakaian obat terlarang dipandang buruk.
Park Bom/pinterest.com/choisuhendri

Sama seperti perjudian, narkoba adalah hal yang dipandang negatif oleh kebanyakan masyarakat. Pada tahun 2010 lalu, Park Bom menjadi idol yang karirnya terpuruk akibat pemakaian obat terlarang. Ia didakwa karena mencoba menyelundupkan tablet amfetamin dari Amerika Serikat. Meskipun disana obat tersebut legal, namun di Korea sendiri amfetamin adalah ilegal. Bahkan Park Bom menunjukkan bukti medis untuk mengonsumsi obat tersebut. sayangnya, netizen telah mengecap buruk dan menyerang hujatan.

DUI

DUI adalah dimana seseorang mengemudi dalam pengaruh alkohol.
Kangin Super Junior/pinterest.com/hallyumusic

DUI adalah dimana seseorang mengemudi dalam pengaruh alkohol. Ada banyak idol Kpop yang meninggalkan grup karena terkena kasus ini. Salah satunya adalah Kangin Super Junior pada tahun 2009 dan 2016. Akibat dari perbuatan sendiri, ia memiliki citra yang buruk dimata masyarakat. Bahkan ia dianggap tidak bisa belajar dari pengalaman karena mengulangnya hingga dua kali. Penggemar Super Junior menuntut Kangin agar keluar dari grup.

Menghindari wajib militer

Wajib militer adalah kewajiban bagi semua warga laki-laki Korea Selatan.
Steve Yoo/pinterest.com/allkpop

Wajib militer adalah kewajiban bagi semua warga laki-laki Korea Selatan. Hanya orang-orang terpilih saja yang bisa bebas dari tugas negara ini. Namun pernah ada kasus selebriti menghindari tugas tersebut pada tahun 2002, yaitu Steve Yoo (Yoo Seung Jun). Ia lebih memilih untuk menjadi warga negara Amerika Serikat dan berakibat dinas wajib militernya dicabut. Sejak itu, ia tidak boleh kembali ke Korea Selatan dan dipandang buruk selama hampir dua dekade.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id