sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Menarik! 4 Isu yang Diangkat Dalam Drama Taxi Driver Merupakan Kisah Nyata

Intan Dwi | Selasa, 04 May 2021 18:00 WIB
Menarik! 4 Isu yang Diangkat Dalam Drama Taxi Driver Merupakan Kisah Nyata
Menarik! 4 Isu yang Diangkat Dalam Drama Taxi Driver Merupakan Kisah Nyata/ foto: instagram.com/sbsdrama.official

Taxi Driver merupakan drama Korea yang saat ini sedang menarik perhatian penonton karena alur ceritanya. Drama ini menceritakan kisah Kim Do Ki (Lee Je Hoon) yang hidupnya berubah setelah ibunya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai.

Akhirnya Kim Do Ki pun menjadi supir taksi mewah dan bekerja untuk Rainbow Taxi Company. Perusahaan tersebut bukan perusahaan taksi biasa, tapi perusahaan tersebut menawarkan layanan khusus “panggilan balas dendam”.

Alasan drama ini menarik perhatian pecinta K-Drama karena beberapa isu yang diangkat dalam drama ini merupakan kisah nyata. Dilansir dari Detik, ini adalah isu yang diangkat dari kisah nyata:

Kasus Pedofil (episode 1)

Adegan dimana Cho Do Chul setelah dibebaskan dari hukuman penjara 10 tahun, dimana Ia langsung menaiki taksi yang disupiri oleh Kim Do Ki
Adegan Cho Do Chul/youtube.com/sbscatch

Di episode pertama, kalian akan menyaksikan adegan pembebasan Cho Do Chul yang dijatuhi hukuman 10 tahun penjara terkait pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Dimana kasus ini merupakan kasus sungguhan yang terjadi di Korea Selatan.

Kasus ini dilakukan oleh Cho Doo Soon, seorang pemerkosa anak yang terkenal di Korea Selatan. Pada Desember 2018, dia melakukan kekerasan seksual secara brutal kepada anak gadis berusia 8 tahun.

Tentunya kasus ini sangat menyayat hati warga Korea, dia ditangkap dan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Pada Desember 2020, Cho Doo Soon dibebaskan namun pembebasan tersebut mendapat protes keras dari masyarakat Korea.

Kasus Maria (episode 1-2)

[Gambas:Youtube]

Masih dalam episode satu, terdapat seorang gadis bernama Kang Maria yang terlihat putus asa dan ingin bunuh diri dengan melompat dari sebuah jembatan. Dalam drama tersebut, Kang Maria adalah seorang gadis disabilitas yang dipaksa bekerja dan dianiaya di pabrik tempatnya bekerja.

Rupanya ini juga terinspirasi dari kisah nyata yang menimpa seorang gadis yang terjadi pada tahun 2014. Dalam kasus aslinya, penganiayaan ini dilakukan oleh Tuan Hong kepada karyawannya bernama,  Kim. Dia selalu melakukan pelecehan kepada karyawannya yang disabilitas dan mengurung juga memaksa korban bekerja 19 jam sehari tanpa istirahat dan tanpa bayaran selama lima tahun.

Bahkan Tuan Hong tidak segan untuk memukul karyawannya, jika mereka membantah. Akhirnya, Kim pun berhasil diselamatkan setelah dia mengirim surat kepada ibunya secara diam-diam dan Tuan Hong pun dihukum tiga tahun enam bulan penjara.

Kasus Psikopat Nam Gyu Jung (episode 1)

Pelaku pembunuhan berantai dalam drama Taxi Driver bernama Nam Gyu Jung, ini juga diangkat dari kisah nyata psikopat bernama Jeong Nam Gyu yang terjadi pada tahun 2004-2006
Adegan Nam Gyu Jung/youtube.com/sbsnow

Pada bagian akhir di episode satu kalian menyaksikan, seorang pelaku pembunuhan sedang melakukan reka adegan pembunuhan. Dia adalah Nam Gyu Jung seorang psikopat yang telah membunuh ibu dari Kim Do Ki.

Ini merupakan kasus pembunuhan berantai sugguhan yang pernah terjadi di Korea Selatan tahun 2004 hingga 2006. Pelaku memiliki nama asli Jeong Nam Gyu, Ia dikenal sebagai pembunuh berantai di provinsi Gyonggi Bucheon. Jeong Nam Gyu telah menewaskan 14 orang, melukai 20 orang dan melakukan penculikan juga pelecehan seksual.

Dia mengincar orang-orang yang menurutnya lemah, motif dari pembunuhan yang dilakukan hanya karena kesenangannya saja. Atas perbuatannya itu dia mendapatkan hukuman mati, namun akhirnya dia melakukan bunuh diri.

Kasus Penganiayaan Karyawan (episode 5)

[Gambas:Youtube]

Dalam episode lima terdapat adegan dimana seorang karyawan di sebuah perusahaan mendapatkan penganiayaan dari atasannya. Kim Do Ki pun melakukan penyamaran sebagai karyawan dari perusahaan itu untuk menjalankan bisnis balas dendam salah satu karyawan yang dianaya oleh atasannya, Park Yang Jin.

Rupanya adegan ini membuat heboh penonton drama ini, karena ini diambil dari kisah nyata yang pernah terjadi ditahun 2018. Dalam kasus aslinya, tersangka dari kasus penganiayaan ini bernama Yang Jin Ho seorang CEO perusahaan WeDisk dan pengembang robot K-Technology.

Dia dikenal atasan yang suka menganiaya karyawannya dan menyuruh karyawannya untuk mewarnai rambutnya dengan warna merah dan hijau. Akhirnya Yang Jin Ho pun ditangkap oleh pihak kepolisian, setelah video penganiayaan yang dilakukan pada 2016 itu viral di media sosial tahun 2018.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id