sign up SIGN UP

Nggak Cuma Batik, Ini Deretan Produk Lokal yang Pernah Dipakai Artis Korea Selatan: Ada Sarung Hingga Sandal Jepit!

Novianty Aulia | Senin, 09 Aug 2021 06:00 WIB
Nggak Cuma Batik, Ini Deretan Produk Lokal yang Pernah Dipakai Artis Korea Selatan: Ada Sarung Hingga Sandal Jepit!
caption

Keberagaman produk khas Indonesia mulai mendunia dan dipakai oleh deretan artis ternama tak terkecuali para idol Kpop. Terlihat di beberapa kesempatan para idol Kpop menggunakan beragam produk lokal yang dikemas secara menarik dengan menampilkan keanekaragaman Indonesia. 

Menariknya, tak seperti barang atau oleh-oleh pada umumnya, beberapa idol Kpop berikut pernah mencoba barang lokal yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita sama sekali.

Hal ini tentunya menjadi sebuah tanda bahwasanya produk lokal Indonesia memang sudah diakui kualitas serta standar mutu produk yang semakin baik. 

Nah, kira-kira barang lokal apa saja yang yang pernah digunakan oleh para Idol Kpop papan atas? Berikut deretan produk lokal asli Indonesia yang pernah dipakai oleh idol Kpop:

1. Batik

Saat konser di Indonesia, kelima member Day6 mengenakan batik khas Indonesia dengan beragam corak yang berbeda.
Member Day6 mengenakan batik saat konser di Indonesia/Foto:Twitter.com/Day6confess


Sebagai produk ternama dari Indonesia, batik juga menjadi busana favorit dari para bintang Korea Selatan. Hal ini dibuktikan dari besarnya antusias para artis Kpop saat mengenakan batik dengan beragam corak khas Indonesia.

Sebut saja seperti aktor terkenal Park Bo Gum, member cantik SNSD yakni Sooyoung, Tiffany dan Seohyun hingga band ballad terkenal Day6 yang memakai batik ketika sedang konser di Indonesia. 

Tak cuma saat tampil di Indonesia, batik juga pernah ditampilkan di salah satu acara Korea Selatan, lho. Member EXO yakni Sehun terlihat mengenakan batik ketika berada di atas panggung SBS Inkigayo saat promosi lagu Ko Ko Bop. Sentuhan warna coklat keemasan dengan motif khas Indonesia membuat Sehun terlihat tampan dan membuat batik semakin diakui keindahannya. 

2. Sarung 

Taeyong NCT membuat geger para fans karena memakai sarung saat kembali ke Korea Selatan.
Leader NCT, Taeyeong memakai sarung saat kembali ke Korea/Foto:Twitter.com/CandleLight_TY


Jika biasanya para artis Korea Selatan berlomba memakai outfit kece sebagai tampilan di Bandara, lain halnya dengan Taeyong NCT yang justru memilih sarung sebagai pelengkap busananya.

Leader tampan NCT tersebut terlihat memakai sarung berwarna merah yang disampirkan pada bagian pundak seraya melengkapi outfit yang serba hitam. Banyak spekulasi muncul bahwasanya sarung tersebut berasal dari merek terkenal yakni Wadimor. Bagaimana tanggapanmu akan ini?

Tak hanya Taeyong, member NCT lainnya juga kedapatan memakai sarung sambil menari tari tradisional, poco-poco.
Member NCT menggunakan sarung Indonesia/Foto:Instagram/Smtown_idn

Mengikuti jejak sang leader, para member lain juga kedapatan memakai sarung di kesempatan lain. Diunggah melalui akun instagram resmi SM Entertainment, tampak para member NCT 127 menggunakan sarung sebagai bawahan pengganti celana.

Lebih mengejutkannya lagi, mereka juga mencoba gerakan poco-poco sambil menggunakan sarung lho. Wah nggak kebayang ya, Beauties!

3. Blangkon

Jauh dari kata swag, G-Dragon dan Taeyang menggunakan blangkon sambil dipadukan dengan batik tradisional.
G-Dragon dan Taeyong mengunggah foto dengan memakai blangkon/Foto:Twitter.com/Kpopandkdrama


Melihat orang lokal memakai blangkon mungkin sudah biasa, tetapi terbayangkah jika blangkon dipakai oleh para idol tampan asal Korea Selatan?

Ya, bukan sekadar editan foto, nyatanya sudah banyak idol Kpop yang memakai blangkon di beberapa kesempatan. Hal ini pertama kali terlihat ketika dua member ternama Bigbang yakni G-Dragon yang ditemani Taeyang menggunakan blangkon yang dipadukan dengan batik tradisional saat konsernya tahun 2012 silam. 

Tak ketinggalan, member EXO yakni Chanyeol dan Baekhyun memakai blangkon saat konser di Indonesia.
Totalitas, Chanyeol dan Baekhyun kenakan blangkon dengan pakaian adat jawa/Foto:Twitter.com/Jnnyjazz

Seakan menjadi barang yang tidak boleh terlewatkan, semakin banyak idol Kpop yang ikut menggunakan pelengkap asal adat Jawa tersebut. Sederet Idol Kpop ternama seperti Joshua Seventeen, Onew SHINee, Heechul Super Junior hingga Renjun NCT Dream.

Tak ketinggalan, member EXO yakni Chanyeol dan Baekhyun juga meramaikan konser mereka dengan mengenakan blangkon. Semakin totalitas, Chanyeol bahkan juga memakai baju adat bak keluarga keraton.

4. Sandal Swallow 

Alih-alih memilih brand ternama, Sehun exo justru nyaman mengenakan sendal swallow saat kembali ke Korea Selatan.
Bikin geger, Sehun EXO kenakan sendal swallow di bandara/Foto:Twitter.com/My_parfait


Siapa sangka, sandal jepit sederhana yang biasa kamu temui di warung termasuk ke dalam salah satu barang lokal yang sempat menjadi pembicaraan hangat para warganet, lho! 

Pertengahan tahun 2019 silam, member EXO yakni Sehun diketahui mengalami luka kecil di bagian jempol pada kaki kiri. Sulit memakai sepatu, member tampan tersebut harus menggunakan sandal agar tidak memperparah luka kakinya. Menariknya. bukan sandal merk ternama melainkan swallow menjadi pilihan Sehun untuk dipakai saat pulang ke Korea Selatan. 

Hal ini tentunya membuat geger para warganet khusus kpopers Indonesia. Saking booming-nya, sendal swallow yang harusnya bisa didapatkan murah, dijual dengan harga yang sangat mahal yakni 20 USD atau sekitar Rp283 ribu saat itu. Seakan terasa nyaman, Sehun juga beberapa kali terlihat memakai sendal yang sama ketika sedang berpergian.

5. Topi Brand Lokal Thanksinsomnia 

Menjadi brand favorit, Cho Seungyoun memakai brand clothing lokal yakni Thankinsomnia sebagai pelengkap outfit.
Brand lokal Thankinsomnia dipakai oleh idol kpop, Seungyoun/Foto:Instagram.com/Woodz_dnwm


Terkenal dengan branding khas anak muda yang gaul, brand lokal Thankinsomnia nampaknya menjadi produk favorit Idol Korea Selatan yakni Choi Seungyoun Eks X1. Terlihat dalam sejumlah foto yang dibagikan langsung oleh Seungyoun di akun instagram pribadinya, dirinya kedapatan memakai brand Thanksinsomnia sebagai pelengkap outfit.

Seperti misal pada salah satu foto di laman Instagram pribadinya, di mana Seungyoun terlihat mengenakan sweater abu-abu yang dipadukan dengan celana panjang hitam. Dirinya memakai topi dengan warna senada yang langsung disadari oleh para penggemar ialah topi dari brand Thankinsomnia. Beberapa kali topi tersebut juga dipamerkan oleh Seungyoun di Instagram pribadinya. 

Nah, Beauties, jangan sampai kalah sama para idol Kpop! Yuk kita dukung brand lokal Indonesia ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id