sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Jenis Primer untuk Tampilan Makeup yang Sempurna

Sylvia Yuliasar | Minggu, 01 Nov 2020 17:30 WIB
5 Jenis Primer untuk Tampilan Makeup yang Sempurna
caption

Bagi sebagian orang, menggunakan makeup adalah suatu kewajiban, bukan hanya untuk mempercantik, tapi juga untuk meningkatkan kepercayaan diri. Berbagai cara untuk membuat riasan sempurna bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan primer.

Primer merupakan salah satu tools makeup yang dipakai sebagai lapisan pertama sebelum kita mengaplikasikan bedak pada wajah. Agar tak salah pilih, yuk kenali jenis-jenis primer untuk mengetahui yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kita!

Blurring

Blurring primer disebut juga pore minimizing
Blurring Primer / pexels.com (Cottonbro)

Blurring primer biasa disebut juga sebagai pore minimizing. Sesuai dengan namanya, primer jenis ini memiliki fungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah yang terlihat besar. Pori-pori yang besar akan membuat riasan pada wajah menjadi kasar.

Dengan primer ini, kamu bisa menutupi kondisi pori-porimu sehingga makeup terlihat lebih halus. Bahan dasar yang digunakan primer ini adalah silicon dan polymer. Formulanya bekerja dengan menyamarkan kerutan serta mengisi pori sehingga wajah tampak lebih mulus.

Correcting

Correcting Primer untuk meratakan warna kulit
Correcting primer / pinterest.com (Shoppers Drug Mart)

Sesuai dengan definisinya, fungsi primer yang satu ini adalah untuk meratakan warna kulit. Warna yang biasa dipakai primer jenis ini adalah hijau (menyamarkan warna merah bekas jerawat) dan pink (mencerahkan area bawah mata). Tiap warna yang dipakai tersebut mampu menghapuskan warna yang berlawanan.

Mattifying

Mattifying primer cocok untuk pemilik kulit berminyak
Mattifying Primer / pinterest.com (Leighmayhew)

Primer jenis ini cocok digunakan untuk kamu yang berjenis kulit oily karena memang salah satu fungsi utamanya adalah untuk menahan minyak. Untuk kamu dengan jenis kulit kombinasi, primer jenis ini bisa kamu pakai cukup di area T yang sering berminyak. Mattifying primer biasanya memiliki tekstur ringan dan halus ketika disapukan ke wajah. Hasil matte akan kamu dapatkan setelahnya, tanpa khawatir juga kulit terasa kering.

Illuminating

Illuminating Primer digunakan untuk mendapatkan hasil yang dewy
Illuminating Primer / pinterest.com (Lorac)

Primer selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah illuminating. Primer ini cocok untuk digunakan oleh kamu yang ingin memiliki sentuhan akhir make up dewy atau glowing. Hasil akhir usai menggunakan primer ini adalah wajah tampak lebih halus dan bercahaya. Kamu bisa memperoleh kilau yang lebih natural dengan cara mencampur jenis primer ini dengan foundation.

Hydrating

Hydrating Primer untuk melembapkan
Hydrating Primer / pinterest.com (JCPenney)

Primer ini cocok digunakan oleh kamu yang memiliki kulit cenderung kering. Hydrating primer juga berfungsi untuk melembapkan kulit secara menyeluruh, dengan hasil yang tidak patchy.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id