sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berjerawat

ira syafira | Rabu, 12 May 2021 08:00 WIB
5 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berjerawat
caption
Jakarta -

Masalah jerawat memang menjadi hal yang paling dibenci oleh perempuan. Pasalnya, jerawat membuat wajah tampak tidak bersih. Tentu saja ini membuat perempuan menjadi kurang percaya diri karena penampilannya terganggu. 

Jerawat biasanya akan muncul setiap bulan saat sedang menjelang siklus menstruasi, atau bahkan bisa muncul karena faktor-faktor lain. Dalam situasi ini, ada baiknya kita memberikan kesempatan kulit untuk bernafas dan mendapatkan perawatan yang tepat. Namun, terkadang kegiatan yang padat atau acara khusus mengharuskan kita untuk menggunakan makeup.

Kunci makeup untuk kulit berjerawat memiliki cara tersendiri, penasaran bagaimana caranya? Yuk, kita bahas bersama!

1. Mulai dengan wajah bersih dan alat-alat steril

foto: Wajah & alat steril/freepik.com
foto: Wajah & alat steril/freepik.com

Kulit berjerawat sangat rentan mengalami iritasi, kamu yang sedang mengalami hal ini tentu harus ekstra hati-hati. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan makeup sebaiknya bersihkan dulu area wajah agar jerawat tidak semakin meradang. 

Kamu bisa gunakan pembersih wajah atau micellar water agar kulit terasa ringan dan lebih lembap. Pastikan wajah bersih maksimal sebelum mengaplikasikan produk makeup ke wajah. Selain itu, kamu juga harus perhatikan semua alat makeup-mu bersih dari kotoran, karena jika tidak maka jerawat di wajah bisa jadi semakin banyak. 

2. Gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit berjerawat

foto: Pelembap wajah/freepik.com
foto: Pelembap wajah/freepik.com

Jika kamu ingin mendapatkan hasil makeup yang mulus ketika sedang berjerawat, maka jangan lupa untuk gunakan pelembap. 

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu, karena pilihan ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Menggunakan pelembap sebelum memakai makeup bisa menjadikan kulit lebih terjaga dan lembap seharian. Dengan begitu, makeup pun lebih bisa menempel kuat di kulir dan hasilnya terlihat lebih halus serta tahan lama.

3. Ratakan tekstur wajah dengan primer

foto: Ratakan tekstur dengan primer/freepik.com
foto: Ratakan tekstur dengan primer/freepik.com

Untuk kulit berjerawat biasanya permukaan kulit akan terasa kurang rata. Nah, untuk itu kamu bisa siasati dengan mengaplikasikan primer silikon dulu, lho.

Primer digunakan sebagai alas makeup agar tampilanmu lebih maksimal. Dalam memilih primer, kamu tidak bisa asal pilih, harus dibutuhkan kehati-hatian ekstra karena produk langsung bersentuhan dengan kulit. Pastikan jika menggunakan primer, pilih yang tidak mengandung fragrance, anti bakteri, serta berfomula ringan supaya terhindar dari iritasi.

Untuk penampilan sempurna, kamu bisa pilih jenis primer corrector, produk ini digunakan sebelum concealer dan foundation agar noda merah pada wajah tertutup sempurna. 

4. Pilih foundation yang ringan agar pori-pori tidak tertutup

foto: Founfation berjerawat/freepik.com
foto: Founfation berjerawat/freepik.com

Ketika sedang berjerawat, kamu bisa mencoba untuk pilih alas bedak yang terasa ringan di kulit. Kamu bisa coba gunakan serum foundation.

Serum foundation adalah produk yang diformulasikan dengan bahan dasar air atau water-based, maka tidak heran jika formulasinya sangat ringan. Tekstur dari serum ini sangatlah cair, sehingga mudah menyatu dengan kulit. Bahkan, bisa dikatakan menjadi lapisan kulit kedua karena produk ini mampu memberikan coverage tapi tidak terasa tebal seperti menggunakan foundation biasa. Selain itu, serum foundation ini juga tidak akan menutupi pori-pori wajah kamu, sehingga kulit tetap bisa bernafas sehat.

5. Semprotkan setting spray agar makeup tahan lama

foto: Setting spray/freepik.com
foto: Setting spray/freepik.com

Berbeda dengan primer yang digunakan saat awal makeupsetting spray berfungsi sebagai top coat makeup

Setting spray biasanya akan digunakan pada rangkaian akhir makeup, dimana ini berfungsi membuat makeup tahan lebih lama. Teknologi mutakhir yang ada dalam setting spray dapat membantumu mengontrol produksi minyak berlebih sekaligus mencegah wajah terasa "gerah" selama menggunakan makeup tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang telah kita rangkum untuk kamu, selamat mencoba girls

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id