sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tanda Kulit Kamu Butuh Eksfoliasi, Biar Gak Kusam Lagi

Shinta Nikmah | Selasa, 04 May 2021 17:15 WIB
5 Tanda Kulit Kamu Butuh Eksfoliasi, Biar Gak Kusam Lagi
Foto: Eksfoliasi Kulit Wajah/ Freepik.com

Membersihkan wajah sangatlah penting. Tak hanya mencuci wajah, tapi kamu butuh tahapan lain untuk membersihkan wajah agar tidak ada sisa makeup atau kotoran yang memicu jerawat.

Salah satunya adalah eskfoliasi atau membersihkan sel-sel kulit mati pada kulit. Kebanyakan dari kamu mungkin sudah merasa puas hanya dengan double cleansing dan mencuci muka. Tapi kamu perlu perhatikan tanda-tanda yang muncul pada kulit wajah yang mengharuskan kamu melakukan eksfoliasi.

Apa saja tanda-tanda tersebut? 

1. Kulit Terlihat Kusam

Dull
Kulit Kusam/ Foto: freepik.com

Kulit yang tidak bersih dan semakin menumpuknya kulit mati di permukaan kulit bisa membuat kulit terlihat kusam. Terlebih paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat tampilan kulit semakin kusam.

Jika kamu merasa kulitmu terlihat kusam padahal sudah rutin dibersihkan, maka kamu perlu eksfoliasi. Eksfoliasi membantu menyingkirkan kulit mati sehingga wajahmu bisa kembali cerah.

2. Bruntusan

Acne
Bruntusan di Dahi/ Foto: freepik.com

Sering jengkel karena tiba-tiba kulit wajah bruntusan padahal sudah membersihkan kulit? Bisa jadi kamu perlu melakukan eksfoliasi sebab bruntusan terjadi akibat pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati. 

Eksfoliasi membantu membersihkan pori-pori dari sebum dan kulit mati sehingga lebih bersih dan produksi minyak lebih terkontrol. Untuk kamu yang bruntusan, kamu bisa menggunakan produk yang gentle dengan kandungan BHA yang bisa membersihkan hingga ke dalam pori.

3. Pori-pori Terlihat Besar

Pores
Pori-Pori Terlihat Besar/ Foto: freepik.com

Pori-pori kulit yang besar pada wajah memang merupakan ulah dari produksi minyak atau sebum yang tidak terkontrol. Pori-pori yang besar tersebut juga menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Eksfoliasi bisa membantu mengatasi masalah pori-pori besar karena bisa membersihkan minyak dan kotoran hingga ke dalam kulit. Pori-pori yang bersih dan samar menghindari kulit berminyak serta berjerawat.

4. Tekstur Kulit Tidak Rata

Foundation
Foundation Tidak Menempel/ Foto: freepik.com

Tekstur kulit tidak rata bisa kamu rasakan ketika mengaplikasikan foundation dan muncul seperti kerutan atau kulit yang seolah mengelupas. Terlebih jika kamu mengaplikasikan make up lain seperti blush dan highlighter, maka kerutan tersebut akan semakin terlihat seolah kulit wajah memiliki tekstur yang tidak rata.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Selain tekstur kulit yang tidak rata, tanda lain yang mungkin kamu jumpai adalah adanya kerutan halus yang sering terlihat.

Nah, jika demikian kamu butuh eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Jika kamu rutin melakukan eksfoliasi, kulit pun akan menjadi lebih halus dan tidak bertekstur.

5. Skincare Sulit Menyerap

Skincare
Skincare Mudah Menyerap/ Foto; freepik.com

Pemakaian skincare akan semakin maksimal jika langsung terserap ke dalam kulit sehingga bisa segera memberikan nutrisi bagi kulit. Namun jika skincare sulit menyerap ke dalam kulit, maka bisa jadi disebabkan karena terhalang kotoran atau sel kulit mati yang menumpuk di kulit. 

Maka dari itu, segera lakukan eksfoliasi agar pori-pori kulit lebih bersih dan kulit terasa halus. Pori-pori kulit yang bersih akan memudahkan penyerapan skincare ke dalam kulit sehingga manfaat skincare bisa kamu dapatkan secara maksimal.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id