sign up SIGN UP

MAKE-UP

6 Tips Jitu Ciptakan Mask-proof Makeup, Makeup Gak Transfer ke Masker!

Nisrina Salsabila | Rabu, 16 Dec 2020 11:00 WIB
6 Tips Jitu Ciptakan Mask-proof Makeup, Makeup Gak Transfer ke Masker!
caption
Jakarta -

Saat ini, beberapa orang yang ingin pergi ke luar rumah dihadapkan pada dua pilihan untuk tidak memakai riasan sama sekali atau memakainya dengan konsekuensi riasan berpindah dari wajah ke masker. Tenang saja, masalah itu bisa diselesaikan menggunakan produk makeup dengan formula yang ringan dan tahan lama.

Jadi, meski penampilanmu tertutup masker, kamu tetap bisa memperoleh tampilan makeup yang bagus dengan beberapa aturan dan teknik yang perlu kamu ingat.

Siapkan pouch makeup-mu dan simak 6 pro-tips mask-proof makeup berikut ini.

1. Jangan Skip Primer

tips membuat mask-proof makeup look
Rekomendasi matte primer/Foto: https://makeoverforall.com & Pinterest/theshonet/allure/elfcosmetcis

Tak ada salahnya berinvestasi pada makeup primer yang bagus demi mendapatkan riasan yang lebih awet dan tahan lama. Hal ini terutama saat kamu memakai makeup di bawah masker. Kamu bisa gunakan produk dari Make Over Velvet Mattfying Primer, Emina Pore Ranger, Rimmel Stay Matte Primer atau e.l.f. Poreless Putty Primer.

2. Beralih ke Matte Complexion yang Ringan

tips membuat mask-proof makeup look
Foundation matte dengan formula ringan/Foto: https://somethinc.com https://blpbeauty.com & Pinterest/walmart/ultabeauty

Karena sebagian besar bagian kulit wajahmu akan tersembunyi di bawah masker hampir sepanjang hari, sebaiknya gunakan primer, foundation, dan bedak dengan formula matte yang tahan lama agar tidak mudah luntur.

Pilihlah foundation dengan formula yang ringan, cepat mengering, melembapkan, non-comedogenic, dan memberimu perlindungan dari sinar UV juga polusi. Ini juga akan membantu menghindari kulitmu dari maskne, yakni jerawat karena pemakaian masker. Contohnya seperti Maybelline New York Super Stay Foundation, Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion, BLP Face Base Foundation, dan Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Liquid Makeup.

Jika kulitmu tidak memerlukan banyak coverage, sebenarnya concealer saja lebih direkomendasikan daripada full foundation untuk mencegah banyak produk yang transfer ke masker. Gunakan concealer di bawah mata dengan membentuk segitiga terbalik. Selanjutnya, set wajah dengan bedak secukupnya untuk mengunci complexion.

3. Layering Blush untuk Rona yang Tahan Lama

tips membuat mask-proof makeup look
Blush on cream, liquid dan powder pilihan/Foto: https://theytalkabout.com https://esqacosmetics.com & Pinterest/aliexpress/glossier

Rona blush yang menyembul di pipimu memang tergantung dari desain masker yang dipakai. Untuk itu, sebaiknya tempatkan produk blush on pada tulang pipimu hingga kening agar ronanya terlihat. Selain itu, gunakan cream blush atau liquid blush terlebih dahulu, lalu set dengan powder blush. Cobalah Glossier Cloud Paint, O.TWO.O Liquid Blush, Esqa Blush atau They Talk About The Face Pallet.

4. Optimalkan Makeup Mata

tips membuat mask-proof makeup look
Optimalkan makeup mata dengan membuat smokey eyes/Foto: Pinterest

Tampilan mata adalah hal pertama yang menjadi sorotan orang selain maskermu. Oleh karena itu, kamu perlu memfokuskan pada riasan alis dan mata. Kalau kamu lebih suka eyeshadow natural, pilihlah warna peach atau coklat dengan sedikit polesan shimmer atau glitter.

Untuk tampilan mata yang berani, buatlah brown smokey eyes. Jangan lupa, beri highlighter pada inner corner dan brow bone/pelipis supaya lebih terdefinisi. Sempurnakan dengan winged eyeliner dan maskara yang melentikkan dan menebalkan.

Pada alis, tampilan fluffy eyebrows memberikan perbedaan yang signifikan terhadap tampilan keseluruhan, khususnya saat kamu mengenakan masker.

5. Lipstik Bertekstur Ringan Jadi Andalan

tips membuat mask-proof makeup look
Pilihan produk bibir yang tahan lama/Foto: https://makeoverforall.com & Pinterest/ultabeauty/theshonet/nordstrom

Jatuhkan pilihanmu pada lipstik matte berformula ringan, menghidrasi bibir, smuge-proof, transfer-proof, dan tahan lama. Atau, kamu juga bisa gunakan lip tint maupun lip balm untuk tampilan yang natural dan ringan.

Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick, Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream, Emina Magic Potion Lip Tint atau Dior Color Reviving Lip Balm menjadi rekomendasinya.

6. Kunci dengan Setting Spray

tips membuat mask-proof makeup look
Gunakan setting spray untuk mengunci riasan/Foto: Pinterest/urbandecay/shoptsc/TutorialsMakeup & https://shopee.co.id/studio.tropik

Tujuan penggunaan setting spray di akhir tahapan makeup adalah untuk membuat makeup bertahan lebih lama sekaligus mengembalikan kesegaran kulit. Kemudian, percampuran antara bedak dan setting spray akan bekerja sama untuk menciptakan daya tahan maksimum.

Jangan lupa, biarkan setting spray mengering sepenuhnya sebelum kamu timpa dengan masker. Setting spray dari Urban Decay, Smashbox, Studio Tropik, dan L’Oréal jadi pilihan yang bagus.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id