sign up SIGN UP

MAKE-UP

7 Trik Makeup Natural ala Korea Biar Makin Kelihatan Awet Muda

Henny Alifah | Senin, 04 Jan 2021 16:30 WIB
7 Trik Makeup Natural ala Korea Biar Makin Kelihatan Awet Muda
caption
Jakarta -

Makeup Korea hadir dalam bentuk dan kemasan yang sangat inovatif. Teksturnya mengesankan, mulai dari highlighter yang halus meleleh ke wajah bak kulit itu sendiri hingga lip tint yang memberi tampilan ombre tanpa membuat bibir terasa kering. Belum lagi ada berbagai macam opsi cushion yang bisa dipilih, sebut saja cushion compact, cushion brow pomades, cushion blushes, cushion eye shadows, cushion highlighter, dan masih banyak lagi.

Semua formula produk tersebut berkontribusi pada efek kulit bak porselen yang halus, dewy, dan yang paling utama, terlihat lebih muda. Yup, K-Beauty memang terobsesi dengan tampilan awet muda yang natural dan tren tersebut semakin banyak diikuti oleh berbagai kalangan di berbagai penjuru dunia.

Buat kamu yang juga suka makeup natural ala Korea, berikut tujuh trik makeup yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan tampilan yang terlihat awet muda.

1. Bentuk alis yang lurus

Konon, alis semua orang lurus saat masih bayi. Tampilan alis lurus pun memberikan kesan yang lebih muda
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/ssinz7

Cat Koh, makeup artist asal Korea, dilansir dari Byrdie mengatakan bahwa efek awet muda dapat diciptakan dengan menggambar alis lurus alih-alih melengkung parah. Wanita Korea lebih suka lekuk alis yang nyaris tidak ada karena menurut mereka itu membuat tampilan terlihat lebih muda.

Di Korea, alis super melengkung yang terlalu berlebihan disebut dengan seaweed brow alias alis rumput laut. Ada juga yang bilang, alis semua orang lurus saat masih bayi. Karena itulah makeup natural ala Korea biasa menggunakan alis lurus.

2. Cobalah 'fruit juice' makeup

fruit juice makeup adalah tampilan dengan pipi bak buah matang yang siap dimakan dan penuh dengan jus
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/ponysmakeup

Untuk mendapatkan tampilan yang tampak jauh lebih muda, Cat Koh mengungkapkan bahwa wanita Korea cenderung fokus pada estetika yang ia sebut dengan juicy-ism atau fruit juice makeup, yaitu tampilan ketika pipi seolah-olah adalah buah matang yang siap dimakan dan penuh dengan jus.

Looks ini bisa kamu dapatkan dengan memakai perona pipi berwarna buah seperti semangka, peach, atau stroberi, langsung ke area tulang pipi alih-alih membaurkannya ke atas dan ke luar. Lalu, selesaikan dengan lip tint berwarna buah dan bersinarlah bak buah persik.

3. Beri sentuhan warna peach pada mata

Eye shadow berwarna peach bisa bikin penampilan tampak lebih muda
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/ponysmakeup

Ngomong-ngomong buah persik alias peach, Cat Koh juga mengatakan bahwa wanita Korea juga suka memadukan shadow berwarna peach atau kemerahan di area mata. Jadi pilihlah warna-warna peach untuk membuat makeup natural ala Korea.

4. Coba juga efek kilau air mata

Glitter yang halus di sekitar area mata menimbulkan efek seperti tetesan air mata yang berkilau
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/ponysmakeup

Cat Koh juga mengatakan bahwa wanita Korea cenderung suka memakai glitter yang halus di sekitar area mata. Itu menimbulkan efek seperti tetesan air mata yang berkilau, seakan kamu sedang menangis tapi tetap cantik elegan.

5. Ganti cat eye dengan puppy eye

Puppy eyes memberikan efek mata yang lebih besar dan wajah terlihat lebih innocent
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/dlwlrma

Daripada cat eye, wanita di Korea lebih suka dengan tampilan puppy eye yang imut. Pada cat eye, sudut luar dibuat meruncing ke atas sehingga menyerupai mata kucing. Sebaliknya, puppy eyes memiliki sudut luar yang menurun, trik ini dapat memberikan efek mata tampak lebih besar dan membuat tampilan wajah terlihat lebih innocent.

6. Aegyo sal, kantung mata yang estetik

Aegyo sal, kantung kecil lemak yang berkerut di bawah mata saat tersenyum membuat tampilan terlihat lebih imut dan menggemaskan
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/skuukzky

Di Korea, kantung kecil lemak yang berkerut di bawah mata saat tersenyum disebut dengan istilah aegyo sal. Tampilan ini dapat membuat kamu terlihat lebih imut dan menggemaskan. Dianggap sangat menarik, beberapa wanita bahkan menjalani operasi plastik untuk mendapatkan tampilan aegyo sal.

Untuk menonjolkan aegyo sal, Cat Koh menyarankan untuk mengaplikasikan warna highlighter langsung di bawah mata dan kemudian pakai shadow yang sedikit lebih gelap tepat di bawahnya.

7. Pilih produk cushion

Cobalah gunakan produk-produk cushion mulai dari foundation, blush, hingga eyebrows
Trik Makeup Natural ala Korea/ Foto: Instagram.com/jennyhouse_cosmetics

Menurut Cat Koh, cushion telah membantu banyak wanita Korea mendapatkan tampilan kulit yang bercahaya dalam waktu singkat. Jika normalnya butuh waktu 13 menit, pakai cushion dapat menghemat waktu hingga 7 menit.

Untuk mengaplikasikan compact cushion, tekan bagian tengah bedak dengan cushion puff untuk menyebarkan formulanya agar merata pada aplikator. Kemudian, usapkan dengan lembut di sekitar wajah dengan gerakan menekan. Saat menggunakan beauty sponge, kamu tidak dapat mengontrol aplikasi sebanyak itu.

Cat Koh menyarankan untuk menggunakan produk-produk cushion mulai dari foundation, blush, hingga eyebrows.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id