sign up SIGN UP

MAKE-UP

Agar Tidak Terkesan Kusam, Ini Kiat Makeup Natural untuk Kulit Sawo Matang

Diyah Wulandini | Rabu, 14 Jul 2021 20:15 WIB
Agar Tidak Terkesan Kusam, Ini Kiat Makeup Natural untuk Kulit Sawo Matang
Makeup kulit sawo matang/Foto: freepik.com/nakardore

Pemilik kulit sawo matang, kamu tidak sendiri. Pasalnya perempuan Indonesia memang kebanyakan memang memiliki warna kulit ini. Namun, kebanyakan brand, terutama yang internasional punya, lebih banyak sediakan produk makeup untuk kulit berwarna terang.

Itu karena disesuaikan oleh kebanyakan perempuan di negara Barat yang kulitnya cerah, Beauties. Untuk itu memang butuh trick tersendiri, agar kulit sawo matangmu justru malah semakin memancarkan aura cantik.

Pemilihan Warna Foundation

Kamu perlu tahu, kulit sawo matang juga punya tingkatannya. Setelahnya adalah menyesuaikan dengan undertone kulitmu. Caranya, cek warna pembuluh darah di lengan bagian dalam. Bila kamu mendapati warnanya kehijauan, berarti kamu memiliki undertone hangat (warm undertone). Sedangkan jika kebiruan, berarti cool undertone. Namun, bila campuran dari keduanya artinya neutral undertone.

Hindari foundation yang warnanya sama persis atau lebih gelap dari kulit. Ini karena proses oksidasi, yakni setelah terpapar udara, foundation cenderung lebih gelap alhasil kulit tampak kusam. Untuk mengatasinya, pilih warna yang satu tingkat lebih cerah dari kulit, ya.

Cara melakukan tes apakah warna foundation cocok pada kulitmu adalah dengan mengoleskan sedikit di area tulang rahang dan menunggunya beberapa saat, untuk melihat oksidasinya.

Pensil Alis Warna Dark Brown

 

Memilih makeup untuk kulit sawo matang yang tidak memberikan kesan natural bisa menggunakan pensil alis berwarna dark brown.
Makeup untuk kulit sawo matang/foto: freepik.com/tirachardz

Pensil alis warna hitam kurang cocok untuk pemilik kulit sawo matang. Warna yang terlalu pekat bisa menimbulkan kesan menor pada wajah. Hindari juga pensil alis dengan warna coklat yang memiliki hint kemerahan, Beauties. Gunakan warna dark brown yang lebih calm, tapi juga sekaligus memberikan kesan bold.

Opsi lain yang bisa kamu gunakan adalah warna grey brown. Berikan tipis-tipis mengikuti bentuk alismu untuk mendapatkan kesan natural.

Eyeliner dan Maskara

Makeup untuk mempercantik mata satu ini memang bisa dikreasikan sesuai keinginan, tergantung tampilan seperti apa yang kamu inginkan. Tapi, untuk menghasilkan kesan lebih natural dalam penggunaan sehari-hari kamu cukup menggunakannya dengan tipis.

Pilih eyeliner dan maskara berwarna hitam untuk membuat kesan mata menonjol, Beauties. Semisal kamu ingin warna lain, kamu bisa coba eyeliner warna cokelat, tapi pilih yang cokelat gelap.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id