sign up SIGN UP

MAKE-UP

Apa Sih Beda Loose Powder dan Translucent Powder?

Ayuliy Lestari | Selasa, 23 Feb 2021 17:00 WIB
Apa Sih Beda Loose Powder dan Translucent Powder?
Foto: Beda Loose Powder dan Translucent Powder/Freepik.com

Untuk kamu yang baru belajar menggunakan makeup, mungkin ada beberapa produk yang terasa asing atau bahkan kamu tidak mengetahui fungsinya. Beberapa produk makeup memang terlihat sama padahal memiliki fungsi berbeda.

Salah satunya adalah loose powder biasa dengan translucent powder. Banyak pemula yang tidak bisa membedakan keduanya. Memiliki packaging serupa dan tekstur yang kurang lebih sama, lalu apa sih beda loose powder dengan translucent powder?

Jika Dilihat Dari Tekstur dan Warna

Beda loose powder dan translucent powder
Loose dan translucent powder/Freepik.com

Loose powder adalah bedak yang berbentuk powder atau bubuk. Bedak ini biasanya dijual dalam bentuk jar dan tersedia puff sebagai aplikator. Loose powder bisa kamu temukan dalam berbagai warna dan bisa kamu gunakan untuk tampilan yang lebih natural.

Untuk kamu yang ingin tampil no-make-up look, loose powder adalah pilihan tepat. Karena tampilan yang dihasilkan cenderung natural dan light. Kebanyakan hasil dari loose powder hanya sampai medium coverage.

Sedangkan translucent powder, bedak ini juga memiliki bentuk seperti loose powder yaitu bubuk atau powder namun cenderung memiliki butiran yang lebih lembut. Sama dengan namanya, translucent powder tidak berwarna atau transparan.

Bedak ini biasanya hadir dengan butiran berwarna putih. Meski seringkali hadir dalam warna-warna tertentu, namun saat diaplikasikan ke wajah, translucent powder tidak akan mengubah warna foundation kamu karena memang bersifat transparan.

Dilihat Dari Fungsi dan Kegunaannya

Beda loose powder dan translucent powder
Loose dan translucent powder/Freepik.com

Loose powder atau bedak tabur biasa berfungsi menambah coverage di wajah. Itulah mengapa terdapat beberapa variasi warna yang bisa kamu pilih sesuai dengan warna kulit. Sedangkan translucent powder, kamu membutuhkan bedak ini untuk ‘mengunci’ riasan yang baru dibuat dan mengontrol minyak pada wajah. Nantinya, look yang dihasilkan akan lebih matte pada wajah sehingga riasan tampak flawless.

Dilihat dari Kelebihan Masing-masing Produk

Beda loose powder dan translucent powder
Loose dan translucent powder/Freepik.com

Loose powder termasuk jenis bedak yang memiliki banyak variasi dan formula sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mampu menambah coverage meskipun formulanya cenderung ringan dan aman. Sedangkan kelebihan translucent powder, karena tanpa warna, jadi lebih mudah membaur pada wajah. Meskipun tidak berwarna, translucent powder mampu menyamarkan pori-pori.

Dilihat dari Kekurangan Masing-masing Produk

Beda loose powder dan translucent powder
Loose dan translucent powder/Freepik.com

Loose powder biasa bisa merubah tampilan foundation menjadi lebih gelap atau lebih terang, sehingga jika ingin tetap memakai loose powder, kamu perlu memilih variasi warna yang sesuai dengan foundation.

Sedangkan translucent powder, karena bersifat transparan atau tidak berwarna, bedak ini tidak bisa digunakan untuk menutupi kekurangan atau menambah warna pada wajah, jadi kamu tidak bisa memakainya tanpa Foundation.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id