sign up SIGN UP

MAKE-UP

Beauty Hack: Menutupi Jerawat Membandel Saat Concealer Tak Mau Menempel

Nisrina Salsabila | Jumat, 01 Jan 2021 16:00 WIB
Beauty Hack: Menutupi Jerawat Membandel Saat Concealer Tak Mau Menempel
caption
Jakarta -

Saat kamu berusaha menutupi jerawat terutama di musim panas, hal itu tidak akan bekerja dengan baik. Pasalnya, produk concealer yang kamu gunakan untuk menutupi jerawat sulit untuk menempel pada kulit yang berminyak dan berkeringat. Alhasil, concealer pun menghilang begitu saja, sementara kamu akan melihat sisa jejak concealer seperti cincin berkerak yang mengelilingi jerawatmu yang memerah. Nggak banget, deh!

Kali ini, Beautynesia akan memberitahumu cara menyembunyikan jerawat yang ampuh dan sangat mudah ala Makeup Artist selebriti luar negeri, Daniel Martin. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk menjamin riasanmu tidak akan bergeser.

cover jerawat dengan concelaer
Alat-alat yang kamu butuhkan/Foto: Pinterest/target/lorealparisusa/rcdcessentials, https://shopee.co.id/mizzucosmetics/unileverindonesia

Pertama, untuk memulainya kamu membutuhkan ‘alat perang’ berupa hand sanitizer, concealer, foundation, eyeshadow primer, dan juga makeup sponge mini. Mudah bukan?

Langkah 1: Disinfeksi Jerawatmu

cover jerawat dengan concelaer
Sterilkan jerawat dengan hand sanitizer/Foto: https://glamour.com

Untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat secara sederhana, Daniel Martin memiliki jalan alternatif yang mudah: menggunakan hand sanitizer.

Cairan pembersih tangan tidak hanya akan mensterilkan jerawat, tetapi juga mengeringkan permukaan kulit sehingga area tersebut tidak terlalu berminyak untuk langkah selanjutnya. Manfaatkan bantuan cotton bud dalam mengoleskan hand sanitizer secara tepat pada jerawat sehingga tidak membuat kulit di sekitar jerawat ikut mengering.

Langkah 2: Aplikasikan Eyeshadow Primer

cover jerawat dengan concelaer
Berikan eyeshadow primer secara tipis/Foto: https://glamour.com

Eyeshadow primer pada dasarnya berguna untuk membantu riasan mata tidak berpindah. Nah, cara ini juga bekerja saat kamu mengaplikasikan eyeshadow primer pada jerawat sebelum concealer. Bubuhkan tipis saja pada jerawat dan area sekitarnya, kemudian ratakan dengan jari manis. Eyeshadow primer akan melindungi permukaan kulitmu sekaligus mengembalikan tekstur lembut pada kulit berjerawat sehinga membuat produk concealer dan foundation di atasnya menempel di area tersebut.

Langkah 3: Lapisi dengan Complexion

cover jerawat dengan concelaer
Aplikasikan concealer dan foundation pada jerawat/Foto: https://glamour.com

Mulailah dengan melapisi concealer di atas eyeshadow primer, lalu aplikasikan foundation seperti biasa. Setelah foundation menetap, kamu boleh menambahkan lagi produk concealer dan foundation sampai mendapatkan coverage yang diinginkan. Tipsnya, gunakan complexion matte yang full coverage, waterproof, dan non-comedogenic supaya jerawat bisa tertutup dengan mudah namun keadaannya tidak semakin parah. Kamu juga dapat set wajahmu dengan translucent powder atau setting spray.

Langkah 4: Baurkan Produk Menggunakan Sponge

cover jerawat dengan concelaer
Ratakan produk dengan di tap tap lembut/Foto: https://glamour.com

Terakhir, baurkan produk yang telah diaplikasikan tadi dengan menggunakan sponge mini hingga kamu tidak melihat lagi kemerahan. Kalau kamu tidak memiliki sponge kecil, bisa juga blend menggunakan pointed tip brush dengan gerakan menepuk kecil yang lembut agar tidak mengangkat produk.

cover jerawat dengan concelaer
Hasil akhir/Foto: https://glamour.com

Khusus untuk menutupi jerawat dan noda hitam, kali ini jari tangan tidak bisa menjadi alat concealing terbaik. Sebab kamu butuh suatu alat yang bisa menargetkan sasaran secara tepat untuk menghindari lingkaran produk yang jelas di sekitar area jerawat.

Mungkin kamu membutuhkan langkah ekstra dari biasanya dalam upaya menutupi jerawat. Tetapi cara ini dinilai sepadan jika itu berarti jerawatmu tidak akan muncul di pertengahan hari. Solusi jerawat ini pun ampuh di kala kamu harus berhadapan dengan acara spesial yang mengharuskan dirimu tampil sempurna. Bagi Ladies yang sedang berjerawat, yuk, coba cara mudah ini!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id