sign up SIGN UP

MAKE-UP

Cara Menutupi Setiap Jenis-Jenis Jerawat Saat Makeup

Intan Dwi | Rabu, 10 Jun 2020 23:38 WIB
Cara Menutupi Setiap Jenis-Jenis Jerawat Saat Makeup
caption

Meskipun sudah rutin melakukan serangkaian perawatan kulit agar tetap bersih dan lembab, tapi terkadang masih saja ada tamu tak diundang datang. Yap, jerawat! Tentu munculnya jerawat sangat mengganggu penampilan terutama saat berpergian. Meskipun sudah menggunakan makeup, jerawat masih terlihat jelas yang membuat kita jadi kurang percaya diri. Lalu gimana ya cara menutupi jerawat saat merias wajah? Inilah cara mudah untuk menutupi jerawat saat kamu berdandan.

image
Jenis-Jenis Jerawat/freepik.com

Blackheads

image
Jenis Jerawat Blackheads/freepik.com

Blackheads merupakan jenis jerawat berwarna hitam yang biasa muncul di area hidung yang disebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini membuat permukaan kulit di area hidung akan terlihat kasar seperti kulit bagian luar strawberry. tentunya hal ini merusak penampilan.

Aplikasikan primer dengan bahan  yang menghaluskan seperti cetyl ethylhexanoate (untuk menghilangkan bercak hitam). Ini merupakan primer berbasis air yang ringan dan dapat memberikan hasil yang sempurna. Setelah itu kamu aplikasikan foundation liquid dan jangan terlalu tebal saat mengaplikasikannya. Gunakan fluffy brush untuk mengaplikasikan foundation yang lebih tipis dan sesuai dengan yang kamu inginkan.


Whiteheads

image
Jenis Jerawat Whiteheads/freepik.com

Selain blackheads, jenis jerawat whiteheads juga disebabkan oleh penyumbatan pori-pori yang membedakan adalah whiteheads menutupi seluruh permukaan teratas pori-pori.

Cara menutupi masalah jerawat jenis ini dengan foundation liquid dengan kandungan salicylic acid yang lebih tebal. Kemudian aplikasikan foundation dengan tangan bersih lalu ratakan keseluruh area yang membutuhkan untuk menutupi jerawat.

Cysts

image
Jenis Jerawat Cyst/freepik.com

Jenis jerawat ini berupa benjolan kemerahan atau putih yang besar dan akan sering terasa sakit saat disentuh.  Biasanya jerawat ini muncul akibat dari infeksi parah, selain itu jerawat ini juga paling mungkin untuk timbulnya jerawat.

Gunakan chemical exfoliation terlebih dahulu, kemudian aplikasikan produk yang menenangkan kulit. Kamu bisa gunakan pelembab, karena dapat membantu memanipulasi tekstur kulit agar wajah terlihat halus. Selanjutnya aplikasikan foundation liquid matte dan concealer pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit kamu. Ratakan dengan beauty blender agar keduanya dapat meresap ke kulit. Setelah itu diamkan lima menit, selesaikan menggunakan powder foundation.

Papule

image
Jenis Jerawat Papule/freepik.com

Papuls terjadi saat dinding di sekitar pori-pori kamu rusak karena peradangan parah yang membuat pori-pori menjadi keras dan tersumbat. Nantinya akan muncul benjolan berwarna merah muda di kulit kamu, jerawat ini juga tidak terisi nanah.

Pilihlah produk makeup dengan warna yang tepat untuk kulit kamu, seperti concealer atau foundation. Pilihlah warna yang sesuai dengan kulit kamu kemudian aplikasikan dengan flat synthetic brush agar mendapatkan hasil yang sesuai pada area yang berjerawat. Aplikasikan foundation yang bertekstur kental dan ratakan menggunakan beautyblender agar hasil akhir tampak alami.

Pustules

image
Jenis Jerawat Pustule/freepik.com

Penyebab munculnya jenis jerawat ini sama seperti papuls, yaitu karena dinding di sekitar pori-pori kamu rusak. Namun yang membedakan jenis jerawat ini terisi dengan nanah, benjolan ini keluar dari kulit yang berwarna merah. Jerawat ini juga memiliki kepala jerawat yang berwarna kuning atau putuh di atasnya karena dari nanah tersebut.

Menutupinya kamu bisa menggunakan blurring primer, hal ini digunakan untuk memberikan kulit dasar yang benar-benar halus. Kemudian aplikasikan foundation secara maksimal dengan menggunakan duo-fiber brush agar menutupi jerawat secara maksimal. Saat mengaplikasikan foundation gunakan teknik stippling yaitu memutar brush dengan tekanan ringan.

Nodules

image
Jenis Jerawat Nodules/freepik.com

Munculnya jenis jerawat ini terjadi saat pori-pori yang tersumbat lalu membengkak dan mengalami iritasi lebih lanjut membuat jerawat tumbuh lebih besar. Jika papuls dan pustules terbentuk di permukaan kulit, nodules ini terbentuk lebih dalam di bawah kulit.

Cara mengatasinya, pertama kamu bersihkan wajah kemudian gunakan toner untuk menghilangkan minyak kemudian aplikasikan primer agar kulit tampak halus. Kemudian oleskan tipis mineral powder foundation untuk meratakan warna kulit. Setelah itu gunakan topical filler karena ini dapat dengan mudah menyembunyikan jerawat dengan mudah.

Lalu aplikasikan foundation spray barulah atur dengan face powder bagi yang memiliki kulit berminyak dan gunakan setting spray bagi kulit kering.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id