sign up SIGN UP

MAKE-UP

Coba 10 Foundation Hacks Terampuh yang Buat Wajahmu Makin Flawless

Nisrina Salsabila | Minggu, 06 Dec 2020 18:00 WIB
Coba 10 Foundation Hacks Terampuh yang Buat Wajahmu Makin Flawless
caption
Jakarta -

Foundation bisa dikatakan sebagai elemen pengubah tampilan utama pada makeup. Ada banyak celah-celah kesalahan, dan bila kamu salah shade atau hasil blending-nya kurang baik, hal itu dapat merusak tampilan wajahmu secara keseluruhan. Untuk itu, mencapai tampilan foundation yang sempurna tentunya memerlukan keterampilan tersendiri.

Yuk, simak 10 foundation hacks di bawah ini yang bisa membuat tampilan wajahmu jauh lebih baik.

1. Prep is Key

foundie hacks
Persiapkan kulit wajahmu/Foto: Pinterest/glowrecipe

Pernyataan ini telah banyak disebut oleh para MUA andal manapun. Makeup yang flawless selalu dimulai dengan skincare routine yang menghidrasi. Semakin baik kulit wajahmu terhidrasi, semakin kecil kemungkinan makeup-mu terlihat cakey. Sebagai ‘kanvas’ tempat menempelnya produk makeup, jangan biarkan pelembapmu mengering sebelum mengaplikasikan foundation. Setelah itu, gunakan primer agar permukaan wajah lebih mulus dan makeup menempel tahan lama.

2. Eksfoliasi Kulit untuk Mencegah Riasan yang Cakey atau Patchy

foundie hacks
Eksfoliasi kulit sebelum menggunakan makeup/Foto: Pinterest/universalcos

Tanpa eksfoliasi kulit secara teratur, foundation-mu berisiko terlihat cakey atau patchy, karena menempel pada kulit dan tekstur yang kering juga kasar.

3. Ketahui Undertone Kulitmu

foundie hacks
KEtahui undertone kulitmu/Foto: https://milled.com

Menemukan warna foundation yang tepat memang gampang-gampang susah, Ladies. Langkah awal adalah kenali undertone/rona kulitmu, apakah termasuk warm (hint kuning & gold), neutral (campuran hint hijau, merah, dan kuning), olive (hint hijau & kuning) atau cool (hint pink, biru, dan merah).

Untuk mempermudah, lihatlah urat nadi di pergelangan tanganmu. Apabila berwarna hijau, artinya kamu termasuk warm undertone, jika tampak biru, kamu memiliki cool undertone, sedangkan tone olive dan neutral memiliki kombinasi warna urat hijau dan biru.

4. Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Foundation

foundie hacks
Kegagalan dalam makeup karena efek flash back saat difoto/Foto: https://dailymail.co.uk

Jika kamu tidak menemukan shade yang cocok untukmu, campurkanlah foundation yang warnanya satu tingkat lebih terang dan lebih gelap dari warna kulitmu. Pastikan juga warnanya menyatu dengan kulit leher dan telingamu, bila tak mau terlihat belang. Foundation oil-free biasanya gampang teroksidasi pada kulit berminyak, jadi cobalah tester-nya sebelum membeli. Satu hal lagi, foundation ber-SPF bisa menyebabkan flashback, alias wajahmu akan terlihat abu-abu saat difoto.

5. Manfaatkan Concealer

foundie hacks
Gunakan color correction dan concealer sebelum foundation/Foto: Pinterest/springNYC

Menutup noda gelap hanya menggunakan foundation adalah hal yang buruk. Sebaiknya, manfaatkan color corrector atau concealer untuk menutupi dark circle, hiperpigmentasi hingga jerawat kemerahan. Setelah itu lapisi dengan satu lapis foundation full-coverage.

MUA tips: Setelah mengaplikasikan foundation, pisahkan tisu dua lapis lalu gunakan selapis untuk menghilangkan minyak berlebih sekaligus mendapatkan hasil natural.

6. Foundie Hacks untuk Dewy Skin Look

foundie hacks
Dewy look complexion/Foto: Instagram/jsmbeauty

Kulit dewy memberikan tampilan kulit yang sehat dan segar. Dewy skin dengan complexion yang ringan didapat dengan cara mencampurkan foundie dengan setetes moisturizer atau hydrating primer, lalu aplikasikan dengan sponge yang telah dibasahi.  

7. Foundie Hacks untuk Hasil Akhir Full-Coverage

foundie hacks
Foundation full-coverage dengan kuas/Foto: https://theskincareedit.com

Untuk hasil akhir yang full-coverage gunakan stippling brush atau tapered foundation brush dengan gerakan dabbing yang lembut. Tapi jangan lupa, sebelum itu praktikan foundie hacks nomor 5 dulu, ya!

8. Foundie Hacks untuk Luminous Skin

foundie hacks
Luminous skin complexion/Foto: Pinterest/weheartitapp

Mencampurkan foundie dengan glow enhancer akan langsung memberikan hasil tampilan kulit yang berkilau. Campurkan foundie dengan 1-2 tetes liquid highlighter atau face oil untuk hasil akhir yang cantik dan glowing. Teknik ini khususnya digunakan pada tipe kulit kering.

9. Foundie Hacks untuk Natural Makeup Look

foundie hacks
Natural look complexion/Foto: Pinterest/wearemyimperfectlife

Untuk hasil akhir natural, cobalah aplikasikan foundation menggunakan jari tangan. Panas pada tangan akan membantu mencairkan formula ke dalam kulit, dengan demikian wajahmu tak akan terlihat cakey. Teknik ini pun sangat disukai di kalangan MUA.

Pertama, hangatkan produk di antara ujung jari, lalu aplikasikan foundie dengan gerakan melingkar memakai jari. Kamu bisa menepuk dan membaurkan dengan lembut. Bila perlu sempurnakan hasil akhirnya dengan sponge lembap.

10. Set dengan Bedak

foundie hacks
Set dengan bedak/Foto: Pinterest/marieclaire

Sapukan bedak secara tipis untuk tampilan yang natural dan memastikan foundation tahan sepanjang hari. Khususnya, aplikasikan pada area yang cenderung berminyak seperti T-zone.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id