sign up SIGN UP

MAKE-UP

Mengenal Berbagai Jenis Brush Makeup untuk Pemula

Sylvia Yuliasar | Kamis, 03 Dec 2020 07:00 WIB
Mengenal Berbagai Jenis Brush Makeup untuk Pemula
caption

Penggunaan produk make up akan membuat wajah menjadi lebih menarik dan cantik dipandang. Salah satu alat makeup yang nggak bisa ditinggalkan adalah brush. Tidak semua brush memiliki bentuk yang sama bukan?

Satu jenis brush tentunya nggak bisa digunakan untuk semua produk makeup, beda bentuk atau tampilan pasti beda juga cara pemakaiannya. Nah, saat ini nggak perlu bingung lagi menentukan fungsi dari masing-masing brush makeup, yuk simak ulasan di bawah ini!

Brush untuk Foundation

Salah satu brush untuk foundation
Brush untuk foundation / pinterest.com (The Body Shop USA)

Pemilihan brush foundation bertujuan agar dapat membaurkan produk foundation di permukaan kulit wajah dengan merata. Hasilnyapun akan terlihat lebih rapi dan natural.

Brush foundation yang dipilih harusnya berkualitas terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal, misalnya bulu-bulunya lembut dan tidak terasa kasar di kulit. Kesalahan pemilihan brush untuk foundation ini bisa membuat makeup berantakan.

Untuk mengetahui bahwa brush foundation yang dipilih sudah tepat adalah ketika kamu tidak merasakan tekstur yang smooth tanpa hambatan saat menggunakannya.

Brush untuk Concealer

Salah satu brush untuk concealer
Brush untuk concealer / pinterest.com (MAC Cosmetics)

Penggunaan concealer untuk menyamarkan bekas jerawat, noda hitam dan garis-garis halus harus menggunakan brush yang cocok. Brush yang digunakan untuk mengaplikasikan concealer tidak boleh sembarang pilih untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Umumnya brush yang dipilih berbentuk flat dengan ujung yang meruncing karena concealer bersifat spot correction. Ukurannya juga lebih kecil dari brush foundation.

Brush untuk Bedak

Salah satu brush untuk bedak
Brush untuk bedak / pinterest.com (Dillards.com)

Saat ini, pemakaian bedak, misalnya setting powder, butuh bantuan brush. Saat hendak mengaplikasikan bedak, sebaiknya menggunakan brush yang tepat yaitu brush khusus bedak. Brush tersebut nggak akan merusak make up yang telah diaplikasikan saat awal proses makeup. Bedakpun akan terlihat rapi dan menyatu dengan make up yang telah diaplikasikan sebelumnya.

Angled Brush untuk Pemulas Pipi

Angled Brush digunakan untuk memulas pipi
Angled Brush / pinterest.com (Pat Mcgrath)

Penggunaan angled brush akan mendapatkan hasil akhir yang natural dan alami. Kuas ini memiliki bentuk yang miring agar mudah di aplikasikan pada area pipi. Bentuk angled brush didesain untuk memudahkanmu saat membaurkan pemulas pipi.

[Gambas:Instagram]

Brush untuk Contour

Salah satu brush untuk contour
Brush untuk contour / pinterest.com (Oriflame Cosmetics)

Contouring merupakan teknik makeup yang pastinya nggak akan lepas dari penggunaan brush. Brush khusus contour bercirikan ujung yang meruncing agar lebih mudah dalam mengaplikasikan contour di beberapa area wajah. Selain itu, bulu-bulu pada brush ini biasanya lebih padat.

Brush Khusus untuk Blending Riasan Mata

Salah satu Blender Brush
Blender Brush / pinterest.com (Best Product)

Untuk mendapatkan hasil yang elegan, brush dapat digunakan untuk blending riasan mata sehingga nggak perlu lagi langsung menggunakan jari tangan. Untuk memperoleh hasil terbaik gunakanlah brush saat mem-blending eyeshadow kamu.

Brush untuk Eyeliner

Salah satu Eyeliner Brush
Eyeliner Brush / pinterest.com (Nordstorm)

Pengaplikasian produk makeup pada garis mata memang harus hati-hati, oleh karena itu pilihlah brush makeup yang berukuran sangat kecil agar memudahkan dalam membentuk garis matamu. Selain ukuran yang kecil, pemilihan berdasarkan ujung brush yang runcing juga menjadi pertimbangan sehingga bisa untuk mengontrol seberapa tebal eye liner yang hendak diaplikasikan.

Brush untuk Lipstik

Salah satu Lipstick Brush
Lipstick Brush / pinterest.com (Good House Keeping)

Kebanyakan wanita tidak menggunakan brush saat merias bibir karena produk lipstik umumnya bisa langsung diaplikasikan. Namun, jika ingin memberikan kombinasi beberapa produk lipstik dan jika ingin warna bibir tidak melenceng dari garis bibir, maka sebaiknya gunakan brush untuk lipstik seperti ini ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id