sign up SIGN UP

MAKE-UP

Cushion vs Foundation, Manakah yang Lebih Baik ?

Fahira mahza | Senin, 15 Feb 2021 15:30 WIB
Cushion vs Foundation, Manakah yang Lebih Baik ?
caption
Jakarta -

Saat merias wajah, make up item yang tepat haruslah diperhatikan. Salah satu produk yang digunakan untuk menciptakan complexion yaitu foundation ataupun cushion. Keduanya berperan sebagai alas bedak sebelum masuk ke tahap selanjutnya.

Complexion yang baik biasanya mampu menutupi kekurangan di wajah seperti kusam, warna kulit tidak rata, bekas jerawat serta kulit bertekstur. Karena itu, foundation maupun cushion memiliki peran yang sangat penting saat merias wajah. Walaupun jika sekilas keduanya nampak sama, namun sebenarnya foundation dan cushion merupakan dua produk yang berbeda. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari berbagai faktor yang berpengaruh terhadap hasil akhir riasan. 

Cushion biasanya lebih travelling friendly 

Cushion biasanya lebih travelling friendly
Cushion biasanya lebih travelling friendly/foto: pinterest.com

Dilihat dari segi kemasan, kedua produk ini memiliki kemasan yang cukup berbeda. Foundation kebanyakan berbentuk tube maupun pump yang kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Apalagi, foundation membutuhkan bantuan make up item lain untuk pengaplikasiannya seperti brush ataupun beauty blender. Sedangkan cushion memiliki kemasan yang compact mirip two way cake dan biasanya sudah dilengkapi dengan sponge dan kaca di dalamnya sehingga sangat praktis dan travelling friendly. 

Cushion mengandung bahan-bahan yang ada di dalam skincare 

Cushion mengandung bahan-bahan yang ada didalam skincare
Cushion mengandung bahan-bahan yang ada didalam skincare/foto: freepik.com

Salah satu hal yang membedakan cushion dengan foundation yakni kandungan di dalamnya. Kebanyakan foundation berfokus pada fungsi sebagai make up untuk menutupi kekurangan di wajah. Sedangkan cushion biasanya tak hanya menutupi kekurangan di wajah namun juga merawat kulit agar tetap sehat karena kandungan bahan-bahan alami di dalamnya.

Foundation memiliki varian warna yang lebih beragam  

Foundation memiliki varian warna yang lebih beragam
Foundation memiliki varian warna yang lebih beragam/foto: pinterest.com

Hal yang paling digemari banyak orang dari foundation yaitu pilihan warnanya yang beragam dan lengkap. Kebanyakan foundation menawarkan warna mulai dari terang hingga gelap dengan berbagai pilihan undertone. Berbeda dengan cushion yang biasanya masih memiliki pilihan warna yang terbatas sehingga masih belum menjangkau seluruh kalangan. 

Tekstur foundation lebih cair dibanding cushion

Tekstur foundation lebih cair dibanding cushion
Tekstur foundation lebih cair dibanding cushion/foto: byrdie.com

Jika dilihat dari segi tekstur keduanya sebenarnya memiliki tekstur yang hampir mirip. Namun biasanya foundation memiliki tekstur yang lebih cair dibanding cushion. Cushion memiliki tekstur yang sedikit lebih creamy agar pengaplikasiannya lebih mudah karena menggunakan puff sponge. Karena itu saat menggunakan foundation harus berhati-hati agar produk yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.  

Foundation lebih full coverage 

Foundation lebih full coverage
Foundation lebih full coverage/foto: freepik.com

Walaupun keduanya sama-sama berfungsi sebagai alas bedak, namun foundation lebih sering digunakan untuk heavy make up. Hal ini karena pigmentasi serta coverage dari foundation bisa dibilang lebih tinggi dibanding cushion. Karena itu, cushion lebih sering digunakan untuk make up sehari-hari yang lebih ringan dan natural. Foundation juga lebih tahan lama dan tidak mudah luntur sehingga cocok untuk kegiatan di luar ruangan. 

Baik cushion maupun foundation memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini kembali pada kebutuhanmu akan produk tersebut. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id