sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hampir Mirip, Ini Perbedaan Gaya Makeup Korea dan Thailand

Phanie Fauziah | Rabu, 12 May 2021 03:00 WIB
Hampir Mirip, Ini Perbedaan Gaya Makeup Korea dan Thailand
caption
Jakarta -

Jika kita mengamati makeup Korea dan Thailand sekilas memiliki gaya makeup yang hampir mirip. Keduanya sama-sama memiliki fokus pada wajah yang bening dan mulus, tapi ternyata keduanya ternyata memiliki perbedaan.

Perbedaan Makeup Korea dan Thailand

Alis Makeup Thailand Tampak Lebih On Point

Alis Makeup Thailand
Alis Makeup Thailand/www.instagram.com/davikah

Seperti kita ketahui alis ala Korea yang dibuat lurus dengan sentuhan yang lembut, sedangkan alis ala Thailand dibentuk dengan gaya melengkung dan bagian ekor yang lebih gelap. Nah, perbedaan paling mencoloknya, setelah membentuk alis dengan brush, biasanya pada makeup Thailand para kaum hawa akan menambahkan "bulu-bulu" dengan pensil alis, hal ini dilakukan agar alisnya terlihat lebih tebal.

Base Matte vs Dewy

Base Matte
Base Matte/www.instagram.com/baifernbah

Base matte itulah beda makeup Thailand dengan makeup Korea yang lebih cenderung menyukai base yang dewy dan bikin kulit terlihat glowing. Pada umumnya makeup Thailand menggunakan foundation yang matte dan full coverage. Wanita Thailand biasanya menggunakan cushion foundation, concealer stick, dan contour stick, yang kemudian akan di-set dengan mengaplikasikan translucent powder.

Kombinasi dari rangkaian makeup di atas sangatlah tepat membuat makeup tahan lama, apalagi Thailand memiliki cuaca yang panas hampir seperti Indonesia.

Blush Lembut

Blush Lembut
Blush Lembut/www.instagram.com/aokbab

Sebenarnya poin ini bukan merupakan perbedaan karena keduanya, yaitu makeup Thailand dan Korea memiliki kesamaan pada teknik pengaplikasian blush. Blush diaplikasikan keduanya dengan lembut, hal ini dilakukan untuk memberi kesan rona yang samar di wajah dengan pemilihan warna yang bertolak belakang dengan tone natural wajah.

Highlighter di Mata dan Wajah

Highlighter di Mata dan Wajah
Highlighter di Mata dan Wajah/www.instagram.com/aum_patchrapa

Pada dasarnya makeup Thailand memang lebih suka tampilan yang matte, tapi bukan berarti melupakan kesan glowing. Biasanya dalam menyeimbangkan tampilan matte, wanita Thailand mengaplikasikan highlighter yang banyak yang diaplikasikan pada titik tertinggi wajah untuk menampilkan dimensi. Tak hanya itu, berbagai jenis shimmer diaplikasikan pada sudut dalam mata, hal ini dilakukan agar wajah tampak glowing.

Winged Liner Horizontal

Winged Liner Horizontal
Winged Liner Horizontal/www.instagram.com/urassayas

Winged liner dengan ekor yang lurus ke samping merupakan gaya yang identik dengan makeup Thailand. Gaya ini sangat cocok dengan mata berbentuk almond yang tidak lain merupakan bentuk mata orang Asia Tenggara. Sedangkan makeup Korea identik dengan gaya puppy liner, yaitu teknik pengaplikasian eyeliner yang turun ke bawah, hal ini dipilih agar membuat wajah tampak lebih muda.

Nah, itu perbedaan dari makeup Thailand dan Korea, kira-kira Beautynesians lebih suka yang mana nih? Apapun pilihannya, keduanya memiliki ciri khas masing-masing.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id