sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hati-Hati, Inilah Bahaya Ketika Lupa Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

ira syafira | Sabtu, 29 May 2021 10:15 WIB
Hati-Hati, Inilah Bahaya Ketika Lupa Membersihkan Makeup Sebelum Tidur
foto: Akibat Lupa Membersihkan Makeup Saat Tidur/freepik.com
Jakarta -

Beraktivitas seharian bisa membuat kita lupa untuk melakukan rutinitas sebelum tidur, seperti menghapus makeup misalnya. Padahal, hal satu ini wajib banget kamu perhatikan, lho! Bahaya lupa membersihkan makeup sebelum tidur memang tidak langsung kamu rasakan. Jika ini terjadi terus menerus maka akan memberikan dampak yang buruk baik kesehatan kulit wajah kamu. Produk makeup sendiri berasal dari bahan-bahan kimiawi yang seharusnya segera dibersihkan sesudah menjalani aktivitas.

Namun, terkadang rasa malas yang menerjang membuat kita terlewat dan langsung tertidur begitu saja. Sebaiknya kamu harus mulai sempatkan waktu untuk tidak lupa melakukan rutinitas ini sebelum tidur. Wajah juga perlu bernapas, jika makeup menempel maka bisa-bisa menyumbat pori-pori di wajah kamu dan menyebabkan munculnya jerawat.

Nah, buat kamu yang masih meremehkan hal ini sepertinya wajib memperhatikan ulasan berikut ini. Beautynesia telah merangkum 5 efek yang terjadi pada wajah saat kamu lupa menghapus makeupyuk simak informasinya lebih lanjut.

Munculnya Noda dan Flek Hitam

Foto: Noda dan flek hitam/freepik.com
Foto: Noda dan flek hitam/freepik.com

Noda dan flek hitam akan muncul perlahan jika kamu lupa menghapus dan membersihkan makeup di malam hari. Hal ini pasti terjadi, biasanya terjadi karena tumpukan sisa makeup akan memunculkan minyak yang bisa menyerap kandungan kimia dari makeup itu sendiri.

Ketika minyak bercampur dengan makeup dalam waktu yang cukup lama, noda dan flek hitam akan muncul di wajahmu. Selain itu, pori-pori di kulit wajah juga akan bermasalah dan membuat wajah terlihat lebih kusam bahkan kotor. Perlu kamu tahu, noda dan flek hitam yang menempel pada wajah akan membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Munculnya Jerawat

foto: Munculnya jerawat/freepik.com
foto: Munculnya jerawat/freepik.com

Efek yang paling umum muncul pada wajah ketika kamu lupa menghapus makeup adalah timbulnya jerawat. Sisa makeup yang masih menempel ini akan menutupi pori-pori kulit, dan akhirnya produk makeup terserap ke dalam kulit bersama dengan produksi minyak pada wajah. Nah, hal inilah yang menimbulkan munculnya jerawat serta komedo.

Sebaiknya usahakan setiap malam untuk membersihkan wajah sebelum tidur dan pastikan tidak ada sisa makeup yang menempel di wajah kamu. Caranya kamu bisa gunakan teknik double cleansing, yakni menggunakan makeup removal dan facial wash, serta bisa dilengkapi dengan facial scrub untuk memastikan wajah benar-benar bersih. 

Menyebabkan Infeksi Mata

foto: Infeksi mata/freepik.com
foto: Infeksi mata/freepik.com

Efek buruk berikutnya yang terjadi pada wajah akibat lupa membersihkan makeup adalah infeksi yang menyerang mata, bahkan hingga bulu mata kamu rontok. Kamu harus mengetahui bahwa partikel-partikel kecil yang ada di area mata bisa sangat berbahaya, terutama dari makeup yang berbentuk cari seperti eyeliner, maskara, atau glitter.

Riasan-riasan tersebut akan menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata jika dibiarkan terlalu lama. Selain infeksi mata, bulu mata juga mudah rontok karena sebagian besar riasan pada mata memiliki sejumlah kandungan lilin. Kandungan tersebut cenderung mencair sepanjang hari, sehingga akan menempel dan memblokir folikel bulu mata yang menyebabkan bulu mata kamu lebih mudah rontok. 

Merusak Sel Kulit Wajah

foto: Merusak sel wajah/pexels.com
foto: Merusak sel wajah/pexels.com

Rusaknya sel kulit wajah juga menjadi bahaya yang cukup mengerikan dari lupa membersihkan makeup. Pasalnya, kandungan bahan kimia dari makeup bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Disini kulit wajah dan bibir akan tampak lebih gelap dari biasanya.

Wajahmu pastinya terlihat tidak segar dan sehat jika wajah sudah rusak dan bibir mudah kering serta menggelap. Jika kamu tidak menginginkan hal ini, maka coba untuk lebih rajin membersihkan wajah sebelum tidur. Pastikan bahwa makeup sudah terhempas dengan sempurna, sehingga kulit wajahpun bisa bernapas dan tidak mengalami permasalahan kulit lain.

Penuaan Dini

foto: Penuaan dini/freepik.com
foto: Penuaan dini/freepik.com

Efek buruk terakhir yang akan kamu hadapi jika lupa menghapus makeup ialah penuaan dini. Penuaan dini bisa saja tejadi karena wajah terlihat kusam dan tidak segar akibat menyerap banyak bahan kimia dari sisa produk makeup yang tidak dibersihkan. Pada akhirnya, zat-zat kimia berbahaya-pun menempel dan masuk ke kulit hingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.

Penuaan dini bisa juga terjadi akibat terhambatnya regenerasi kulit saat beristirahat di malam hari. Padahal malam hari saat kamu tertidur merupakan waktu terbaik bagi kulit untuk memperbarui sel-selnya. Oleh sebab itu, makeup yang tidak dibersihkan dan masih menempel pada wajah tersebut bisa merusak proses alami ini. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id