sign up SIGN UP

Hati-hati, Inilah Bahaya Menggunakan Makeup Kedaluwarsa

ira syafira | Selasa, 13 Apr 2021 13:30 WIB
Hati-hati, Inilah Bahaya Menggunakan Makeup Kedaluwarsa
caption
Jakarta -

Belakangan ini, makeup menjadi salah satu kewajiban bagi para perempuan. Hampir setiap kesempatan, makeup tidak pernah lepas untuk digunakan, mulai dari kuliah, bekerja, hang out bareng teman atau pacar, hingga ke acara-acara tertentu.

Bukan hanya memperhatikan variasinya, ketika kamu memiliki produk makeup maka kamu juga perlu untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Saat ini, banyak brand yang memproduksi produk baru agar kita tergiur untuk membelinya. Nah, hal inilah yang membuat kita terlupa makeup yang kita miliki untuk sesaat. Padahal, makeup yang lama masih bisa digunakan. Bisa-bisa secara tidak sengaja kamu mengaplikasikan makeup yang sudah kadaluarsa.

Hal tersebut bisa berbahaya untuk Kesehatan kulit wajah, lho. Berikut beberapa bahaya makeup yang digunakan setelah tanggal kadaluarsa.

1. Timbulnya Jerawat

foto: Timbulnya Jerawat/freepik.com
foto: Timbulnya Jerawat/freepik.com

Bahaya nomer satu yang paling rentan jika kamu nekat menggunakan makeup kadaluarsa adalah munculnya jerawat. Beberapa hal yang wajib kamu tahu, biasanya kandungan minyak yang terdapat pada makeup seperti foundation atau cream blush yang telah kadaluarsa akan mengumpul pada lapisan teratas wajah kamu.

Sehingga, saat kamu mengaplikasikannya ke wajah, maka kamu memoles produk makeup dengan kandungan minyak tinggi yang bisa kapan saja menyumbat pori-pori kamu. Seperti sewajarnya, pori-pori tersumbat adalah alasan dasar munculnya jerawat pada kulit. makanya, kalau kamu ingin wajah bebas dari jerawat, perhatikan lagi produk makeup yang kamu gunakan.

2. Iritasi Kulit

foto: Iritasi Kulit/freepik.com
foto: Iritasi Kulit/freepik.com

Selain jerawat, iritasi kulit juga bisa menjadi masalah ketika kamu menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa. Biasanya, iritasi kulit ini disebabkan oleh bakteri yang terkandung dalam makeup kadaluarsa cenderung lebih tinggi.

Bakteri ini biasanya berasal dari kuas atau benda lain yang menempel pada satu lapisan dan akhirnya menjadi tempatnya untuk berkembang biak. Jika dibiarkan, bakteri ini akan menyebabkan gejala iritasi kulit seperti kemerahan, timbul bintik-bintik merah, hingga kulit mengelupas.

3. Pembengkakan Bibir

foto: Pembengkakan Bibir/freepik.com
foto: Pembengkakan Bibir/freepik.com

Untuk yang kali ini terjadi di bagian bibir, dimana kulit pada bagian bibir ini sangat tipis dan rentan terserang bakteri dibanding yang lain. Jika kamu mengalami hal ini, kamu akan merasa bahwa bibirmu terasa bengkak, kering, kasar, dan pecah-pecah.

Penggunaan lipstik, lip gloss, dan lip balm tentu harus lebih diperhatikan untuk masalah ini. Biasanya untuk produk ini perempuan nampaknya lebih konsumtif. Namun, apa jadinya jika hanya membeli dan menggunakan, ternyata produk yang lain sudah kadaluarsa. Bahaya bukan?

4. Iritasi Mata

foto: Iritasi Mata/freepik.com
foto: Iritasi Mata/freepik.com

Produk makeup untuk mata seperti maskara bisa bertahan dalam dua tahun jika kemasan belum terbuka. Namun, para ahli menyarankan jika sudah digunakan, kamu harus rutin mengganti setiap tiga bulan sekali karena produknya rentan dengan paparan bakteri.

Seperti saat menggunakan maskara yang sudah cukup lama, efek iritasi yang dihasilkan akan sangat berbahaya. Mata tidak hanya memerah, tapi akan terasa perih dan bisa menimbulkan jerawat di sekitarnya.

5. Memicu Terjadinya Kanker Kulit

foto: Kanker Kulit/freepik.com
foto: Kanker Kulit/freepik.com

Mendengar kata kanker, pasti sudah seram sekali bukan? Perempuan manapun tidak mungkin menginginkan hal ini terjadi pada mereka, dan ternyata hal ini bisa disebabkan hanya karena menggunakan produk makeup yang sudah kadaluarsa.

Penggunaan makeup kadaluarsa dalam waktu lama bisa memicu timbulnya kanker kulit. Jika mengalami penyakit ini, penyembuhannya akan cenderung lambat walaupun tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Namun, bukan berarti kita bisa lega, yha. Sebaliknya, usahakan untuk lebih berhati-hati lagi dengan makeup yang kamu gunakan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id