sign up SIGN UP

MAKE-UP

Ini Dia Tips Untuk Menghindari Kosmetik Berbahaya

Agatha Kharisma | Jumat, 02 Dec 2016 04:00 WIB
Ini Dia Tips Untuk Menghindari Kosmetik Berbahaya
caption
Semua perempuan pasti ingin kulit yang sehat dan terawat, salah satunya dengan menggunakan skin care dan kosmetik secara rutin. Tentunya harus menggunakan produk-produk yang aman, agar tidak merusak kulit. Bagaimana agar kita terhindar dari kosmetik yang berbahaya? Ini tipsnya!

Cek Notifikasi BPOM


Jangan mudah percaya dengan produk-produk yang mengaku telah mendapatkan ijin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM, karena nomor tersebut dapat dipalsukan dengan mudah. Kini kamu dapat memeriksa sendiri keaslian nomor notifikasi produk lewat https://notifkos.pom.go.id/

Cukup ketik nomor notifikasi atau nama produk pada tempat yang disediakan, lalu klik 'cari'. Kalau produk tidak terdaftar atau terdaftar atas nama lain, kamu sebaiknya berhati-hati.


Foto: https://cooperinsures.com/2015/06/18/searching-for-cheap-homeowners-insurance-online/

Hati-Hati Dengan Produk yang Menjanjikan Hasil Instan


Produk-produk perawatan kulit dirancang untuk memberikan hasil secara bertahap yang dapat dimaksimalkan dengan pemakaian teratur. Ketika sebuah produk menjanjikan hasil yang instan tanpa cara kerja kandungan yang jelas, kamu patut curiga. Menurut Alodokter, merkuri adalah kandungan yang sangat populer dalam produk pemutih karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Padahal, merkuri sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, penggunaan beberapa bahan pemutih kulit harus dibawah pengawasan dokter kulit.


Foto: https://www.123rf.com/photo_27983636_stock-illustration-3d-illustration-of-knob-set-at-maximum-for-fast-results.html

Carilah Merk dan Penjual Terpercaya


Perawatan kulit dan kosmetik terpercaya tentunya dijual oleh merk dan penjual terpercaya. Memeriksanya tidaklah sulit, kamu dapat mencari merk dan produsen tersebut di situs BPOM yang tercantum di atas. Pastikan kamu mendapatkan barang yang asli dengan cara membeli di counter atau agen resmi yang tercantum.



Foto: https://intu.co.uk/uxbridge/jobs

Ingat KLIKK


Slogan KLIKK dicetuskan oleh BPOM sebagai pegangan masyarakat dalam menentukan produk-produk kecantikan yang aman.

        
  • Kemasan produk harus dalam keadaan baik (tidak rusak/cacat/luntur), memiliki warna, bau dan konsistensi yang baik dan stabil, serta tidak ada bercak kotoran.
  •     
  • Label produk utuh dan mencantumkan nama kosmetika; kegunaan; cara penggunaan; komposisi; nama dan negara produsen; nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi; nomor BETS; ukuran, isi atau berat bersih; tanggal kedaluwarsa; peringatan/ perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan serta nomor notifikasi.
  •     
  • Ijin Edar
  •     
  • Kegunaan dan cara penggunaan produk yang jelas.
  •     
  • Kadaluwarsa belum lewat.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id