sign up SIGN UP

MAKE-UP

Intip Tips Rahasia Membuat Smokey Eyes pada Tipe Mata Monolid

Nisrina Salsabila | Minggu, 27 Dec 2020 16:00 WIB
Intip Tips Rahasia Membuat Smokey Eyes pada Tipe Mata Monolid
caption
Jakarta -

Meski sudah berulangkali menonton tutorial smokey eyes di Youtube, nyatanya membuat smokey eyes pada bentuk mata monolid tetap saja terasa sulit. As we know, tipe mata monolid adalah bentuk mata yang tidak memiliki garis lipatan kelopak mata secara natural. Mata monolid umumnya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di wilayah Asia Timur atau ras Mongoloid.

Jangan sedih, Ladies! Berikut di bawah Beautynesia telah merangkum tips and trick membuat smokey eyes sempurna pada mata monolid dari makeup artist selebriti Asia dan Head of Artist’s Education di Dior Beauty, Thuy Pham.

Langkah 1: Persiapkan Kelopak Mata

smokey eye untuk mata monolid
Persiapkan mata dengan eye primer dan concealer/Foto: Pinterest/modelsdotcom

Mata orang Asia yang berbentuk monolid sangat rentan terhadap minyak di kelopak mata karena tidak adanya lipatan untuk menangkap kelebihan minyak. Oleh karena itu, kamu tak boleh melewatkan eye primer untuk mengunci produk mata yang kamu baurkan di atasnya. Untuk base yang sehalus mungkin, Pham merekomendasikan untuk mencampurkannya dengan concealer berformula ringan yang diaplikasikan secara tipis.

Langkah keamanan lain khusus untuk monolid adalah dengan membaurkan translucent powder secara tipis di atas alis, di mana pori-pori cenderung berminyak.

Langkah 2: Tambahkan Eyeliner

smokey eye untuk mata monolid
Aplikasikan eyeliner pensil secara miring dengan sisi pensil, bukan ujungnya/Foto: https://alldaychic.com

Eyeliner pensil waterpoof warna hitam bisa menjadi pilihan, sebab eyeliner pensil memiliki lebih banyak kandungan wax yang tidak berpindah.

Pada tahap ini, teknik adalah segalanya: dengan menggunakan sisi pensil (bukan ujungnya), tekan dan beri eyeliner dari dasar bulu mata, kelopak mata hingga tepat di bawah lipatan mata. Metode ini akan menciptakan efek smudge dan smokey tanpa menimbulkan harsh line. Kalau lipatan matamu benar-benar tidak tampak, jadikanlah bagian paling menonjol pada kelopak matamu sebagai patokan lipatan mata/crease.

smokey eye untuk mata monolid
Tempat menempatkan produk mata/Foto: Pinterest/temptalia

Sebaiknya jika bentuk matamu lebih kecil atau cenderung berair, hindari menerapkan eyeliner hingga waterline. Tips lain, angkat dagumu untuk mendapatkan sudut yang tepat dan rilekskan alismu, karena mengangkatnya akan membuat kulitmu meregang sehigga eyeliner terlihat aneh dan miring.

Langkah 3: Poleskan Eyeshadow di Atas Eyeliner

smokey eye untuk mata monolid
Baurkan eyeshadow dengan rounded eyeshadow brush/Foto: Pinterest/stylecraze/billionhands

Bubuhkan eyeshadow warna hitam menggunakan rounded eyeshadow brush secara tegas pada eyeliner tadi. Melalui trik ini kamu bisa menciptakan dimensi sekaligus mengurangi fall out. Lakukan beberapa lapis jika perlu supaya hasilnya merata. Menurut Pham, teknik melapisi eyeliner dengan eyeshadow semacam ini bertujuan untuk menutupi waxiness yang mengkilap dari liner dan mendapatkan efek gelap pada kelopak matamu.

Langkah 4: Haluskan Tepiannya

smokey eye untuk mata monolid
Blend bagian tepi dengan eyeshadow warna netral/Foto: Pinterest/Futilitiesmore

Setelah kamu memperoleh tampilan smokey eyes, blur bagian tepinya dengan eyeshadow warna netral yang melengkapi warna kulitmu, seperti coklat muda, guna menambah efek kedalaman. Pertahankan warna hitam tepat di bawah lipatan mata dan blend warnanya ke tepi dengan kuas halus hingga tidak ada lagi harsh lines.

Pham mengatakan kesalahpahaman umum tentang riasan smokey eye adalah bahwa kita harus melapisi eyeshadow warna gelap dengan eyeshadow hitam, yang malah tak memberi dimensi apapun pada mata.

Langkah 5: Smudge Liner hingga ke Bulu Mata Bawah

smokey eye untuk mata monolid
Baurkan eyeliner pada bulu mata bawah/Foto: Pinterest/oggi.jp/thefoxandshe

Untuk tampilan di siang hari, kamu bisa berhenti pada langkah 4. Akan tetapi, jika kamu membutuhkan tampilan mata yang lebih dramatis, Pham menyarankan untuk menambahkan eyeliner waterproof di tepat di bawah garis bulu mata bawah. Sapukan eyeliner dari sudut luar sampai ke tengah mata. Tips ini membantu menciptakan efek mata yang lebih besar dan lebih seksi. You nailed it!

smokey eye untuk mata monolid
Hasil akhir smokey eye/Foto: https://glamour.com

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id