sign up SIGN UP

MAKE-UP

Jangan Tunggu Kedaluwarsa, Ini Tanda-tanda Make Up Kamu Sudah Tidak Layak Pakai!

Neysa Alicia | Minggu, 21 Feb 2021 19:30 WIB
Jangan Tunggu Kedaluwarsa, Ini Tanda-tanda Make Up Kamu Sudah Tidak Layak Pakai!
caption

Hai, Beautynesian! Biasanya untuk melihat suatu produk masih layak digunakan atau tidak, kita tinggal melihat tanggal expired yang tertera pada kemasan produk. Begitu juga hal nya dengan produk make up. Namun kamu perlu tahu kalau make up tidak layak pakai, tidak selalu ketika memasuki tanggal expired, loh!

Kamu bisa melihat tanda-tanda kerusakan pada make up dari bau, tekstur, warna, dan ketahanannya. Kalau sudah muncul perubahan pada beberapa indikator tersebut, kamu harus siap-siap menggantinya dengan make up yang baru. Kira-kira apa saja ya tanda-tanda make up sudah tidak layak pakai? Yuk, kita simak bersama!

1. Concealer

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Umumnya, masa ketahanan produk concealer bisa mencapai dua sampai tiga tahun. Namun ternyata ada beberapa tanda kalau concealer sudah tidak layak pakai. Biasanya terjadi perubahan pada warna yang menjadi lebih gelap, teksturnya yang berubah menjadi terlalu cair, dan kurang mampu menutupi noda pada wajah. 

2. Lipstik

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Produk make up favorit para wanita yang paling banyak dijadikan koleksi ini juga punya umur yang tidak lama, Beautynesian! Normalnya, lipstik memiliki umur paling lama dua tahun. Meskipun lipstik isinya masih banyak, kamu harus merelakan lipstik kesayangan kamu karena jika disimpan terlalu lama, formula pada lipstik akan menguap dan teksturnya berubah menjadi tidak halus lagi.

3. Foundation

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Si ajaib yang bisa meratakan warna kulit ini mungkin punya umur yang lebih pendek dari teman-temannya. Produk foundation biasanya hanya bertahan selama satu sampai dua tahun saja. Bahkan jika kita menyimpannya dengan tidak hati-hati, umur foundation bisa lebih pendek lagi. Biasanya, akan muncul bau kimia, warna yang berubah, dan sulit diratakan ketika diaplikasikan ke kulit wajah.

4. Maskara

foto: istockphoto.com
                        foto: istockphoto.com

Hayo, siapa yang masih suka memakai maskara sampai lebih dari satu tahun? meskipun sudah tertera tanggal expired, namun maskara idealnya digunakan dalam jangka waktu empat sampai lima bulan saja, sejak kemasan dibuka. Maskara memiliki sikat sebagai aplikatornya.  Kalau terlalu lama digunakan, tidak hanya menjadi kering tetapi sikat pada maskara juga bisa menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan kuman. Tentu saja sangat berbahaya jika diaplikasikan ke bulu mata, karena bisa mengakibatkan infeksi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id