sign up SIGN UP

MAKE-UP

Kelamaan WFH, Jangan Sayang Simpan Makeup yang Sudah Kedaluwarsa! Ini Bahaya yang Mengintai

Shinta Nikmah | Jumat, 09 Jul 2021 18:15 WIB
Kelamaan WFH, Jangan Sayang Simpan Makeup yang Sudah Kedaluwarsa! Ini Bahaya yang Mengintai
caption

Di masa pandemi ini kamu mungkin mengurangi penggunaan makeup karena harus menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Jika biasanya kamu menggunakan riasan lengkap dari dahi hingga ke dagu, kemungkinan di masa pandemi ini kamu mulai mengaplikasikan makeup minimalis dan memaksimalkan penggunaan skincare.

Sekian lama tidak menggunakan makeup, kamu perlu mengecek kembali tanggal kedaluwarsa produk makeup kesayanganmu. Jika produk tersebut sudah expired, maka kamu perlu menyingkirkan produk tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

Mungkin kamu masih sayang untuk membuang produk makeup karena masih penuh atau belum berubah tekstur. Namun kamu perlu tahu bahwa di balik makeup yang kedaluwarsa ada bahaya yang mengintai seperti berikut ini.

Memicu Jerawat

acne
Jerawat di wajah/ Foto: freepik.com

Produk foundation yang expired bisa memicu jerawat jika nekat digunakan. Hal tersebut terjadi sebab foundation yang basic-nya mengandung minyak akan naik ke permukaan ketika sudah kedaluwarsa. Minyak yang ada pada foundation kedaluwarsa bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. 

Pori-pori yang tersumbat juga memicu tumbuhnya bakteri sehingga tidak hanya jerawat, komedo pun juga bisa ikut bermunculan di kulitmu. Jadi, segera ganti foundation kedaluwarsamu ya, Beauties.

Iritasi Pada Kulit

Brush
Mencuci brush makeup/ Foto: freepik.com

Makeup yang kedaluwarsa berpotensi menjadi tempat berkembang biak bakteri termasuk kuas dan sponge yang sudah lama tidak digunakan dan tidak dibersihkan. Jika sudah tidak layak digunakan, maka kamu perlu mengganti alat makeup tersebut. Biasanya brush memiliki masa pakai selama 18 bulan dan sponge perlu diganti setiap 2-3 bulan sekali.

Pastikan kondisi alat makeup tersebut selalu bersih ketika akan digunakan. Sebab bakteri yang ada alat makeup kedaluwarsa bisa menimbulkan iritasi kulit seperti ruam dan kemerahan.

Iritasi Pada Mata

mascara
Mengaplikasikan maskara/ Foto: freepik.com

Pernahkah kamu mengalami iritasi pada mata setelah mengaplikasikan riasan pada mata? Jika ya, ada kemungkinan produk makeup yang kamu gunakan memang sudah kedaluwarsa. Perlu kamu tahu, produk makeup yang digunakan pada mata seperti maskara memiliki masa pakai yang cukup singkat yakni sekitar 6 bulan, sementara eyeliner sekitar 18 bulan.

Penggunaan maskara dengan aplikator bisa memicu terkumpulnya bakteri pada tabung maskara. Jika terus digunakan, maka bakteri bisa menempel di bulu mata dan membuat mata iritasi. Sering-seringlah mengganti maskara agar tidak menimbulkan iritasi ya, Beauties.

Iritasi Pada Bibir

lipstik
Perhatikan kedaluwarsa lipstik/ Foto: freepik.com

Jika kamu tipe yang suka mengkoleksi lipstik dengan banyak warna dan merk, maka kamu harus sering-sering mengecek tanggal kedaluwarsanya. Umumnya lipstik memiliki umur simpan 1 tahun, jika melebihi tanggal kedaluwarsa, maka lipstik bisa menjadi tempat kembang biak bakteri.

Terlebih kulit bibir merupakan kulit tipis yang rentan terhadap bakteri. Bakteri yang terkandung dalam lipstik kedaluwarsa bisa membuat bibir menjadi kering, pecah-pecah bahkan membengkak dan terasa perih.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id