sign up SIGN UP

MAKE-UP

Pakai Concealer Dulu atau Foundation Dulu? Kiatnya Dibahas Lengkap di Sini!

Munjidah Hamsa | Sabtu, 10 Jul 2021 16:30 WIB
Pakai Concealer Dulu atau Foundation Dulu? Kiatnya Dibahas Lengkap di Sini!
caption

Permasalahan klasik dalam pemakaian makeup masihlah soal pertanyaan lama, mana yang sebaiknya dipakai duluan? Concealer atau foundation? Beberapa orang memilih concealer daripada foundation, sementara yang lain memilih foundation daripada concealer, tapi mana urutan makeup yang benar? Di sini kamu bisa temukan jawaban urutan pakai makeup yang benar untuk tampilan makeup remaja dan makeup natural. Simak yuk!

Pertama, tanyakan pada diri sendiri. Mana yang biasanya lebih suka kamu pakai duluan? Foundation dulu atau concealer dulu nih? Apakah kamu tim meratakan foundation dulu baru kamu timpa dengan concealer di daerah yang perlu coverage lebih? Atau mungkin kamu termasuk yang memilih untuk menyembunyikan area tertentu terlebih dahulu sebelum meratakannya dengan foundation? Jawaban sebenarnya untuk urutan makeup yang benar dan cocok sebagai makeup remaja adalah: pakailah mana yang paling cocok menurutmu.

Tapi, jika melihat step by step dari para makeup artist, ada berbagai cara yang akan membuat produk foundation dan concealer yang kamu pakai jadi lebih efektif dan tampilanmu jadi stunning. Yuk, simak bagaimana urutan makeup yang benar dan tips memilih warna concealer yang tepat plus cara pakainya yang benar untuk tampilan makeup natural di sini!

Pakai Foundation atau Concealer Dulu Ya?

Urutan pakai makeup yang benar tergantung pada hasil tampilan seperti apa yang ingin kamu dapatkan.
Concealer dulu atau foundation dulu?/ sumber: freepik.com

Urutan makeup yang benar, foundation atau concealer dulu, sebenarnya tergantung pada area yang butuh kamu sembunyikan. Kamu bisa mulai pakai concealer untuk mengoreksi dan menyembunyikan area bawah mata. Untuk langkah satu ini, kamu sebaiknya tidak menambah alas bedak di atas concealer karena kulit area bawah mata adalah kulit yang sangat tipis.

Penambahan alas bedak atau bedak tabur malah akan membuat makeup terlihat berat dan menyebabkan endapan di garis halus yang mudah terlihat saat dehidrasi. Kamu wajib menghindari penggunaan alas bedak di atas concealer ketika memilih pakai concealer terlebih dahulu untuk tampilan makeup natural. Hal ini juga penting kamu terapkan jika kamu pengguna makeup remaja agar tampilan tetap terlihat sesuai usiamu.

Bagi kebanyakan orang, memang area gelap di bawah mata yang membuat wajahmu terlihat lelah. Ketika kamu mengoleskan concealer terlebih dahulu, maka tampilan kulitmu akan terlihat lebih segar. Tentunya dengan pemakaian alas bedak yang tidak terlalu banyak pada bagian wajah lainnya. Namun, lain halnya dengan noda, flek, atau bekas luka berupa hiperpegmentasi di wajah. Untuk noda atau hiperpigmentasi di bagian wajah yang lain, sebaiknya gunakan concealer setelah foundation, aplikasikan tepat di tempat yang dibutuhkan untuk hasil makeup natural.

Apa Sih Akibatnya Kalau Beda Urutan Pakai Makeup?

Urutan makeup yang benar akan berpengaruh pada hasil dan ketahanan makeup.
Pengaruh urutan makeup yang benar/ sumber: freepik.com

Mengaplikasikan concealer dan alas bedak dengan urutan makeup yang benar tentunya akan memberikan tampilan makeup natural yang terlihat alami dan bersih. Jika kamu mengaplikasikan concealer sebelum foundation, concealer akan cenderung terhapus ketika foundation ditambahkan di atasnya, sehingga coverage ekstra yang kamu butuhkan malah hilang. So, ada baiknya kamu tunggu hingga concealer terserap sempurna di wajah sebelum menimpanya dengan foundation ya.

Urutan pakai makeup yang benar sebenarnya berpegang pada prinsip bahwa produk krim paling baik digunakan terlebih dahulu dalam urutan pakainya. Tentu saja hal ini kemudian merujuk pada saran untuk menggunakan produk foundation yang berbentuk krim terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa timpa dengan alas bedak, concealer, cream blush, lalu set dengan bedak tabur di akhir. Urutan makeup satu ini cocok untuk tampilan makeup lebih awet seharian dan tampilan makeup yang lebih bold.  

Haruskah Concealer Lebih Terang, Lebih Gelap, atau Sama Seperti Warna Foundation?

Pemilihan warna concealer yang tepat tergantung pada apa dan di area mana yang ingin kamu tutupi dengan concealer.
Pemilihan warna concealer yang tepat/ sumber: freepik.com

Masalah pemilihan warna concealer yang tepat sebenarnya tergantung pada preferensi pribadi. Namun, untuk tampilan makeup natural, sebaiknya kamu menghindari pakai warna concealer yang satu tone lebih terang di area bawah mata. Memang benar kamu mencoba untuk menutupi warna yang lebih gelap di area itu. Tapi, kamu bisa mangakalinya dengan memakai concealer dengan kandungan color corrector berwarna warm menjurus ke warna orange. Untuk menutupi masalah kulit, seperti noda, concealer yang cocok dengan warna kulit, sebaiknya kamu pilih warna concealer yang satu tone dengan warna bagian kulit wajah yang lain.

Bagaimana Cara Agar Concealer Stay On All Day?

Agar concealer stay on all day, kamu bisa aplikasikan bedak tipis di atas concealer.
Cara agar concealer stay on all day/ sumber: freepik.com

Membiarkan concealer meresap sempurna terlebih dahulu adalah kunci untuk menguncinya concealer di tempatnya. Kamu bisa akali dengan mengoleskan concealer menggunakan kuas blending yang lembut yang sebelumnya kamu dab ke bedak matte tipis. Kemudian, sapukan perlahan kuas di atas area yang telah kamu olesi concealer, lalu tepuk-tepuk perlahan dengan jari. Penggunaan blending brush akan membantu mengambil bedak dalam jumlah yang tepat yang membuat concealer tidak terlihat kering.

Concealer Seperti Apa untuk Menutupi Masalah Lingkaran di Bawah Mata dan Noda/Flek?

Pemilihan concealer yang tepat tergantung pada area mana yang butuh kamu tutupi.
Pemilihan formula concealer yang tepat/ sumber: freepik.com

Untuk masalah hiperpigmentasi yang berbeda, sebaiknya kamu punya dua concealer berbeda di vanity atau tas makeup milikmu. Kulit di bawah mata cenderung lebih tipis dan halus, jadi carilah formula yang menghidrasi, menutrisi, dan memiliki hasil akhir bercahaya lembut. Akan lebih baik kalau concealer yang kamu pilih memiliki tekstur ringan yang dapat meningkatkan tingkat kelembapan sehingga tampilan makeup natural semakin terwujud nyata.

Untuk menutupi noda atau hiperpigmentasi di area yang lain, sebaiknya pilih concealer dengan formula yang punya sedikit kelembapan dan hindari concealer dengan finish mengkilap atau basah karena malah akan menyoroti noda yang kamu tutupi. Pilih juga concealer dengan formula yang mampu bertahan sepanjang hari dengan hasil akhir matte yang indah namun tidak terlalu terlihat kering untuk makeup remaja yang natural.

Nah, itu dia jawaban urutan makeup yang benar, pakai concealer dulu atau foundation dulu. Semoga tips di atas dapat membantumu mendapatkan tampilan makeup remaja dan makeup natural yang sempurna dan tahan sepanjang hari. Have a good makeup day, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id