sign up SIGN UP

MAKE-UP

Risiko Menggunakan Bulu Mata Palsu Terlalu Sering

aqillahdiaz | Senin, 07 Jun 2021 09:00 WIB
Risiko Menggunakan Bulu Mata Palsu Terlalu Sering
sumber : freepik
Jakarta -

Memiliki bulu mata yang tebal dan lentik adalah impian banyak wanita. Tidak heran jika banyak alternatif untuk memanjangkan bulu mata dengan menggunakan bulu mata palsu atau bahkan melakukan extension. Sebenarnya banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk memanjangkan bulu mata, namun waktunya cukup lama dan harus sabar. Saat ini, bulu mata yang tebal dan lentik telah menjadi salah satu standar kecantikan dan peminatnya pun juga semakin tinggi. 

Namun, dibalik seringnya penggunaan bulu mata palsu untuk sehari-hari harus lebih diperhatikan, karena terdapat beberapa risiko yang dapat membuat kesehatan mata menurun. Kira-kira risiko lain apa yang terjadi apabila sering menggunakan bulu mata palsu? Check'em out!

Infeksi mata

sumber : freepik
sumber : freepik

Penggunaan bulu mata palsu yang terlalu sering dapat menyebabkan mata menjadi tegang, sehingga dapat menimbulkan infeksi pada mata. Saat terjadi infeksi mata, maka akan mengakibatkan pembengkakan dan kemerahan yang dapat membuat kornea juga ikut terinfeksi. Kalian juga harus memperhatikan kebersihan bulu mata palsu ya, ladies!

Iritasi

sumber : freepik
sumber : freepik

Kalian harus lebih berhati-hati ya sebelum menggunakan bulu mata palsu, karena hal ini juga dapat mengakibatkan iritasi dan membuat mata terasa gatal terus menerus. Selain itu, lem yang digunakan untuk penggunaan bulu mata palsu juga dapat menimbulkan alergi. Jika kalian sudah merasa gatal terus menerus, segera konsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan.

Merontokkan bulu mata asli

sumber : freepik
sumber : freepik

Selain risiko yang sudah dijelaskan di atas, tanpa kita sadari, penggunaan bulu mata palsu dapat merusak folikel bulu mata asli. Bahkan dapat membuat bulu mata asli hilang secara sementara atau permanen. Ketika menghapus bulu mata palsu, kemungkinan ada bulu mata yang ikut tertarik lepas. Pertumbuhan bulu mata juga memerlukan waktu yang tidak singkat.

Menyebabkan kebutaan

sumber : freepik
sumber : freepik

Risiko terlalu sering menggunakan bulu mata palsu yang terakhir adalah dapat mengalami kebutaan. Hal ini sangat berbahaya dan ini bisa terjadi jika infeksi dan iritasi tak kunjung sembuh.  Yap, itu dia beberapa risiko penggunaan bulu mata palsu terlalu sering. Ada baiknya kalian mencari lebih dalam informasi mengenai hal ini sebelum menggunakannya. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id