sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tips Mudah Membuat Mata Lebih Cerah dan Sehat

Lulu Lukyani | Rabu, 02 Jun 2021 10:15 WIB
5 Tips Mudah Membuat Mata Lebih Cerah dan Sehat
caption
Jakarta -

Mata yang sehat dan cerah tentu akan semakin menunjang penampilanmu. Kamu akan tampak lebih segar dan mempesona dengan mata yang sehat. Mata merah, kering, gatal, atau teriritasi akan tampak kusam dan tidak cerah. Tak hanya bagian dalam mata, kulit sekitar mata juga penting untuk diperhatikan.

Jika memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau kantung mata membengkak, mata akan terlihat lelah dan lebih kecil.

Tips membuat mata lebih cerah

Ilustrasi menggunakan obat tetes
Ilustrasi menggunakan obat tetes/Freepik

Untuk mendapatkan mata yang cerah dan sehat, ada beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 tips mudah membuat mata lebih cerah dan sehat.

1. Hindari udara kering

Udara di dataran tinggi atau di pesawat terbang bisa sangat kering. Angin dan asap juga bisa mengeringkan mata.

Ketika mata tidak memiliki kelembapan yang cukup, mata bisa menjadi iritasi, gatal, dan merah. Oleh sebab itu, hindari udara kering dengan selalu membawa obat tetes mata untuk melembapkan mata.

2. Masker kantong teh hijau

Jika mata bengkak atau iritasi, cobalah meletakkan kantong teh hijau di kelopak mata untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Menurut sebuah studi di tahun 2011, polifenol yang sangat kuat dalam teh hijau, yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG) memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea.

3. Konsumsi asam lemak omega-3

Menurut sebuah studi, suplemen asa lemak omega-3 dan omega-6 secara efektif mampu mengobati sindrom mata kering.

Agar mata terhidrasi dengan baik dan sehat, cobalah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3. Sumber asam lemak omega yang baik adalah ikan salmon, ikan kembung, sarden, biji rami, biji chia, dan kacang kenari.

4. Gunakan air mawar

Sebuah ulasan dari literatur medis mengatakan bahwa air mawar memiliki efek anti-inflamasi dan anti-infeksi sehingga mampu mengatasi berbagai kondisi mata.

Untuk menggunakan air mawar, oleskan beberapa tetes ke mata dengan pipet. Selain itu, kelopak mata juga bisa diolesi bola kapas yang sudah dibasahi air mawar untuk mengurangi pembengkakan.

5. Gunakan mentimun

Mentimun mengandun sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, vitamin C dalam mentimun dapat menenangkan kulit dan mata yang lelah. Untuk menggunakannya, potong dua irisan mentimun dengan ketebalan yang sama. Kemudian, letakkan irisan mentimun tersebut pada kelopak mata selama 15 menit untuk menyegarkan mata dan kulit.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id