sign up SIGN UP

MAKE-UP

Selain Muncul Jerawat, Ini 5 Dampak Buruk Bila Malas Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

Octaviani | Minggu, 20 Jun 2021 13:00 WIB
Selain Muncul Jerawat, Ini 5 Dampak Buruk Bila Malas Bersihkan Makeup Sebelum Tidur
caption

Kalian pasti sudah tahu ya, Ladies, soal pentingnya membersihkan makeup sebelum tidur. Apalagi setelah seharian beraktivitas menggunakan makeup!

Tapi terkadang kondisi badan yang sudah sangat lelah, sering membuat kita malas membersihkan makeup dan akhirnya malah langsung tidur. Eits, jangan dibiasakan kebiasaan buruk tersebut, karena dampaknya tidak baik untuk kesehatan kulit kamu. Apa sajakah itu?

Munculnya Jerawat

Makeup yang dibiarkan menempel semalaman pada wajah akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak pada wajah, sehingga pori-pori kamu tersumbat. Maka tidak heran, jerawat jadi lebih sering muncul keesokan harinya di wajah kalau kamu sering tidur sebelum bersih-bersih.

Make up yang tidak dibersihkan menyebabkan jerawat
Makeup yang tidak dibersihkan sebabkan jerawat/freepik.com

Mengganggu Kesehatan Bibir

Tidak cuma wajah yang harus dibersihkan, tapi bibir perlu dibersihkan juga. Apalagi setelah menggunakan lipstick yang highly pigmented seperti lipstick liquid matte. Itu karena tidur dengan lipstick yang masih menempel, dapat menyebabkan bibir tidak sehat seperti kering, pecah-pecah dan warna kulit bibir menggelap.

Infeksi pada Mata

Tidur dengan maskara dan eyeshadow yang masih menempel bisa berbahaya, karena dapat menyebabkan infeksi pada mata. Kulit kelopak pun biasanya jadi terasa gatal serta kering, juga muncul jamur serta benjolan. Bulu mata kamu juga akan cepat rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang terlalu lama menempel, Ladies!

membersihkan riasan pada mata
membersihkan riasan pada mata/freepik.com

Kulit Mudah Mengalami Iritasi

Kebanyakan makeup memang mengandung kandungan bahan kimia. Jika bahan kimia ini tidak kamu bersihkan dengan benar, lambat laun kulit akan sensitif dan meradang. Terlebih jika kamu sering aktivitas di luar rumah dan terkena paparan debu dan polusi.

Salah satu dampak jika bahan kimia ini menyerap ke dalam kulit adalah terjadinya penuaan dini, dan terburuknya adalah berpotensi memicu kanker kulit. Ih.. nggak mau dong sampai terjadi sama kulitmu!

iritasi pada kulit
Iritasi pada kulit/freepik.com

Menghambat Proses Regenerasi Kulit

Waktu tidur di malam hari adalah waktu terbaik untuk kulit memperbarui sel-sel kulitnya. Nah, jika masih ada sisa makeup yang tidak dibersihkan, proses ini akan terhambat. Akibatnya kulit kamu jadi kusam, rentan mengalami kerusakan dan terlihat tidak sehat.

Karena itu, jangan malas untuk membersihkan makeup sebelum tidur ya, Ladies. Bahaya yang disebutkan di atas memang tidak langsung kamu rasakan, namun kita harus menghindari dan menyayangi kulit kita dari sekarang. Setuju?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id