sign up SIGN UP

MAKE-UP

Sudah Tahu Belum? Ini Lho Jenis-jenis Complexion yang Perlu Kamu Ketahui Ladies!

Retno Wulandari | Jumat, 27 Mar 2020 08:00 WIB
Sudah Tahu Belum? Ini Lho Jenis-jenis Complexion yang Perlu Kamu Ketahui Ladies!
caption
Ladies, complexion merupakan cara tepat untuk memiliki base makeup yang sesuai dengan undertone kamu. Pemilihan base makeup yang tepat tentu saja dapat memberikan hasil makeup yang sempurna. Tidak banyak yang tahu, ternyata complexion memiliki jenis-jenis yang berbeda lho. Ada apa saja? Yuk simak artikel ini!

BB Cream


Foto: https://www.instagram.com/elen_grey_makeup_tutorial/

Ladies, ternyata nama depan complexion yang satu ini yakni BB merupakan singkatan dari Blemish Balm atau Beauty Balm yang berfungsi sebagai base makeup sekaligus skincare karena di dalam complexion ini mengandung SPF lho.

Formula complexion ini sangat ringan namun tetap memberikan perlindungan dari sinar matahari maupun dari polusi. Ketahanan BB cream tidak seperti foundation, Ladies. Selain itu, tingkat coverage-nya juga berada di bawah complexion lainnya, yakni dari low ke medium. Hasil akhir dari BB cream ini sangat natural sehingga cocok untuk kulit remaja yang aktif beraktivitas di luar ruangan yang membutuhkan base makeup sekaligus memberikan perlindungan dari radikal bebas.
 


CC Cream


Foto: https://www.instagram.com/skincare_safi/

Sama seperti BB, CC ternyata juga sebuah singkatan dari Color Correcting atau Complexion Corrector. Nah, untuk complexion yang satu ini selain mengandung SPF tetapi juga mengandung pigmen warna lho, Ladies. Kehadiran pigmen warna ini berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah dan memberikan kesan cerah.

Jika BB cream cocok untuk kulit remaja, maka CC cream cendurung lebih cocok untuk kondisi kulit wajah orang yang sudah dewasa, Ladies. Hasil dari CC cream pun sama seperti BB cream, namun jika kamu menginginkan hasil yang lebih sempurna, kamu bisa menggunakan CC cream sebagai langkah pertama sebelum menggunakan foundation ya.
 


DD Cream


Foto: https://www.instagram.com/miminbeauty.official/

Nama DD merupakan singkatan dari Dynamic Do-all atau Daily Defense. Complexion yang satu ini merupakan gabungan dari BB cream dan CC cream sehingga menampilkan hasil yang lebih sempurna. Meskipun kandungannya sama seperti BB cream dan CC cream, ternyata DD cream lebih unggul dibanding keduanya, Ladies.

DD cream ini diformulasikan untuk wanita berusia 30 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan DD cream memiliki banyak sekali manfaat, seperti foundation, primer, brightener, moisturizer, serum, pore-minimiser, dan anti aging yang dapat membantu menyamarkan garis-garis halus di wajah.
 



Cushion


Foto: https://www.instagram.com/eminacosmetics/

Nah, untuk jenis complexion yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga para wanita. Cushion merupakan satu-satunya complexion yang memiliki packaging yang unik dan berbentuk compact. Keunggulan inilah yang membuat cushion praktis dan tentu saja sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Cushion bisa dikatakan sebagai makeup yang multifungsi. Ketika kamu menggunakan cushion, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan sunscreen karena cushion sudah mengandung SPF. Manfaat dari cushion terbilang cukup banyak, seperti dapat melembapkan wajah, sebagai oil control, mencerahkan wajah, dan menyamarkan noda wajah.

Ladies, pada umumnya cushion berbentuk liquid dan untuk mengaplikasikannya kamu harus menggunakan puff yang sudah berada di dalam kemasan. Setiap produk cushion memberikan pilihan warna yang sesuai dengan undertone kamu. Selain itu, hasil dari complexion yang satu ini juga bisa dibilang beraneka ragam, yakni dewy, matte , atau dewy-matte finish.

Nah, untuk kamu yang super sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengaplikasikan base makeup dan bedak, maka cushion ini akan sangat membantu kamu lho.
 


Foundation


Foto: https://www.instagram.com/makeoverid/

Foundation merupakan jenis terakhir dari complexion, Ladies. Untuk complexion yang satu ini memang berfungsi untuk menyamarkan noda pada kulit dan meratakan warna kulit. Keunggulan dari foundation inilah yang bisa memberikan hasil makeup kamu sangat sempurna. Foundation menjadi base makeup yang tepat untuk kamu yang akan menggunakan makeup tebal untuk acara-acara formal.

Sama seperti cushion, foundation juga menawarkan pilihan shade warna yang sesuai dengan undertone kamu. Hanya saja untuk packaging-nya, foundation tidak seunik cushion. Untuk teksturnya sendiri, foundation bisa dibilang cukup beragam, seperti liquid, stick hingga powder.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id