sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips dan Rekomendasi Produk Pembersih Alat Makeup Agar Tak Jadi Sarang Bakteri

Nisrina Salsabila | Sabtu, 21 Nov 2020 20:15 WIB
Tips dan Rekomendasi Produk Pembersih Alat Makeup Agar Tak Jadi Sarang Bakteri
Tips dan rekomendasi pembersih alat makeup/Foto: Pinterest
Jakarta -

Brush dan sponge adalah alat yang biasa digunakan untuk membantu mengaplikasikan produk makeup. Namun, adakah dari Ladies yang malas membersihkan alat makeup setelah digunakan?

Mulai sekarang sebaiknya hindari kebiasaan tersebut, ya! Sebab, brush dan sponge yang kotor dapat menampung bakteri dan minyak dari makeup yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Cara Membersikan Makeup Brush

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
Cara membersihkan brush/Foto: Pinterest
  1. Basahi brush menggunakan air hangat yang mengalir ke bawah. Air yang mengalir langsung ke dasar bulu dapat melemahkan lem dan memperpendek masa pakai brush.
  2. Tuangkan brush cleanser, sabun lembut atau sampo bayi pada egg brush cleaner atau telapak tangan. Secara lembut, pijat brush di telapak tangan sampai bulu brush bersih. Beauty hacks: Gunakan alat-alat di dapur sebagai pengganti egg brush cleaner, seperti saringan teh atau centong nasi bergerigi untuk membantu membersihkan sisa makeup pada brush.
  3. Bilas brush dengan air mengalir. Ulangi proses pencucian jika belum bersih.
  4. Peras brush menggunakan handuk kering lalu kembalikan bentuk bulu brush seperti semula.
  5. Setelah brush bersih, semprotkan cairan desinfektan atau isopropyl alcohol 70% pada bulu brush. Taruh di atas handuk semalaman hingga kering. Sebaiknya keringkan brush berukuran besar secara digantung dengan posisi bulu berada di bawah agar tidak mengubah bentuk bulunya.

Tips: Cuci makeup brush setidaknya seminggu sekali, apalagi setelah kamu menggunakannya untuk mengaplikasikan makeup bertekstur cair seperti foundation dan concealer. Membersihkan makeup brush secara rutin dapat memperpanjang masa pakai dan menjaga bulunya tetap awet. 

Cara Membersikan Makeup Sponge

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
Cara membersihkan sponge/Foto: Pinterest
  1. Basahi sponge menggunakan air hangat hingga benar-benar basah. Peras hingga menjadi lembap.
  2. Gunakan pembersih khusus, sabun lembut atau sampo bayi untuk membersihkan sponge dengan cara diperas sampai semua sisa makeup keluar dari sponge, ulangi sampai benar-benar bersih.
  3. Bilas sponge dengan cara memerasnya untuk mengeluarkan semua busa sampai airnya jernih.
  4. Peras sisa air dan keringkan dengan handuk bersih. Angin-anginkan sponge hingga kering.

Tips: Bersihkan sponge setelah 3-4 kali penggunaan dan khususnya jika sponge tidak dipergunakan lagi dalam waktu lama. Umumnya kita menggunakan sponge dengan dibasahi terlebih dahulu. Tetapi setelah itu keringkan kembali agar tidak tumbuh jamur berupa bintik-bintik hitam.

Rekomendasi Produk Lokal Pembersih Alat Makeup

The Soap Corner Brush Best Friend Soap Liquid

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
The Soap Corner Brush Best Friend Soap Liquid/Foto: Instagram/thesoapcorner

Ini merupakan pembersih brush, sponge, dan puff bedak dengan 100% bahan alami tanpa kandungan SLS dan paraben. Sabun pembersih ini juga mengandung anti bakteri alami yang berasal dari essential oil.

Lamica Brush Soap

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
Lamica Brush Soap/Foto: https://lamicabeauty.com

Didesain khusus untuk menjaga kebersihan dan kualitas brush melalui bahan-bahan natural tanpa tambahan bahan kimia, menjadikan brush bersih, halus, dan higinenis. Selain pembersih alat makeup berjenis sabun, Lamica juga menyediakan Lamica Brush Cleaner Spray.

PAC Brush Cleanser

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
PAC Brush Cleanser/Foto: Instagram/pac_mt

Cairan pembersih brush ini secara lembut membersihkan sisa makeup pada brush, cepat kering serta membuatnya higienis, lembut, dan lebih awet digunakan. Pembersih dengan kemasan kaca ini ialah alcohol-based cleanser karena mengandung isopropyl alcohol sebagai desinfektan.

Moile Soap Brush Cleanser

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
Moile Soap Brush Cleanser/Foto: Instagram/pulchra.id

Mampu membersihkan alat-alat makeup dengan segala jenis kotoran yang sulit diangkat seperti minyak, gel, foundation, powder, dll. Pembersih ini juga mengandung anti bakterial sehingga membuat brush tetap higienis sekaligus aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan natural.

Aeris Beauté Instant Brush Cleaner Spray

tips dan rekomendasi pembersih alat makeup
Aeris Beauté Instant Brush Cleaner Spray/Foto: https://aerisbeaute.com

Selain Aeris Beauté Blendie Bar, Aeris juga menyajikan pembersih brush berbentuk spray. Semprotkan 2-3 kali pada brush lalu pijat halus pada tisu dengan gerakan memutar, alhasil brush-mu tampak bersih dan segar seketika tanpa perlu dibilas. Formula dalam produk berkandungan anti microbial ini dibuat tanpa paraben, sulfat, dan phthalate yang berbahaya bagi brush dan kulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id