sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Memilih Foundation Ala MUA untuk Kulit Berminyak, Jangan Asal Pilih Klaim Matte!

Pavita Sevilla | Rabu, 19 May 2021 16:15 WIB
Tips Memilih Foundation Ala MUA untuk Kulit Berminyak, Jangan Asal Pilih Klaim Matte!
caption
Jakarta -

Foundation merupakan salah satu produk makeup yang mampu untuk menutupi kekurangan di wajah, seperti warna kulit tidak rata, bekas jerawat, noda dan lainnya. Jenis foundation yang paling banyak beredar di pasaran adalah liquid foundation dan cream foundation. Finish foundation pun terbagi menjadi dua, yaitu matte dan dewy.

Bagi pemilik kulit berminyak, foundation dengan finish matte merupakan jenis foundation yang paling digemari karena dinilai mampu menahan minyak berlebih. Sehingga, banyak yang berpikir jika foundation matte dapat membuat wajah terlihat flawless seharian dengan makeup yang tidak luntur.

Namun, ternyata memilih foundation dengan melihat hasil finish-nya saja tidak cukup lho, ladies. Lalu, bagaimana ya cara yang lebih tepat?

Kadar Minyak dalam Foundation

Ilustrasi foundation/freepik.com
Ilustrasi liquid foundation/freepik.com

Seluruh produk foundation yang berbentuk cair atau krim tentunya akan membutuhkan bahan tambahan sebagai pengencer dan untuk menjaga produk tersebut agar tetap dalam bentuknya dan tidak menjadi keras serta kering. Dalam hal ini, bahan tambahan yang dimaksud biasanya berupa minyak.

Apakah seluruh liquid foundation memiliki kadar minyak yang sama? Tentunya tidak, yang satu merk tapi dengan tipe foundation tak sama pun akan sangat mungkin memiliki kadar minyak yang berbeda. Selain itu, foundation cair atau krim yang memiliki klaim finish matte juga tetap memiliki kandungan minyak.

Nah, minyak-minyak inilah yang seharusnya jadi perhatian oleh para pemilik kulit berminyak, karena dapat membuat wajah semakin berminyak dan mudah luntur saat memakai makeup.

Tips Memilih Foundation Ala MUA

Meski cukup simple, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara ini. Cara ini sering digunakan oleh banyak MUA agar dapat menentukan foundation mana yang cocok untuk kulit pengguna jasanya. Kamu bisa menggunakan suatu cara yang bernama Oil Foundation Test atau Oil Foundation Comparison untuk mengetahui seberapa banyak kadar minyak dalam suatu foundation. Caranya pun cukup mudah, hanya memerlukan kertas dan foundation saja.

Contoh oil foundation test/instagram.com/beautybelle.83
Contoh oil foundation test/instagram.com/beautybelle.83

Ambil sedikit produk foundation yang akan diuji di atas kertas, lalu diamkan untuk beberapa saat. Biasanya, dalam waktu 1 jam, kita sudah dapat melihat kadar minyak yang sudah terserap oleh kertas di sekeliling foundation. Jika masih kurang puas akan hasilnya, bisa didiamkan hingga beberapa jam berikutnya. Hasilnya akan terlihat, bahkan ternyata beberapa yang memiliki klaim matte pun tetap memiliki kadar minyak yang banyak.

Setelah tau cara ini, jadi nggak akan salah pilih-pilih foundation lagi, kan? Yuk, coba cek foundation-mu sekarang! Apa kadar minyaknya sudah sesuai untuk kulitmu?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id