sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Memilih Highlighter Berdasarkan Skin Tone dan Jenis Kulit

Lulu Lukyani | Sabtu, 24 Apr 2021 22:30 WIB
Tips Memilih Highlighter Berdasarkan Skin Tone dan Jenis Kulit
caption
Jakarta -

Warna memainkan peran penting untuk hasil akhir riasan wajah. Dengan menggunakan warna-warna yang tepat, riasan wajah akan tampak sempurna. Biasanya, permainan warna pada riasan wajah fokus pada lipstick, eyeshadow, dan eyeliner. Tampaknya, jarang yang memperhatikan warna highlighter.

Padahal, warna highlighter yang tidak cocok dengan skin tone tidak akan tampak menonjol dan akan terlihat pudar. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali skin tone wajahmu agar bisa memilih produk-produk makeup dengan warna yang tepat.

Tips memilih highlighter berdasarkan skin tone

Peralatan makeup.
Peralatan makeup/Freepik

Cara memilih highlighter berdasarkan skin tone sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kamu memilih warna foundation, bedak, atau blush on.

Untuk kulit pucat hingga kulit cerah, warna highlighter yang cocok adalah keperakan dan warna merah muda. Kebanyakan orang dengan kulit cerah sangat cocok jika riasan wajahnya diberi sentuhan warna merah muda. Kemudian, untuk kulit medium hingga olive, warna champagne, persik, dan emas. Warna-warna tersebut cocok dengan rona kulit yang hangat. Selanjutnya, kulit tan hingga kulit gelap cocok dengan highlighter untuk shade cool maupun warm. Jadi, warna keperakan, emas, dan champagne pun akan tampak menonjol di kulit gelap.

Tips memilih highlighter berdasarkan jenis kulit

Peralatan makeup.
Peralatan makeup/Freepik

Selain mempertimbangkan skin tone, jenis kulit juga harus diperhatikan saat memilih produk-produk makeup, termasuk highlighter. Bagi si kulit berminyak, jangan menggunakan highlighter yang berbahan dasar minyak.  Bukannya membuat riasan tampak glowing, highlighter justru akan membuat wajahmu tampak semakin berminyak.

Sementara itu, untuk pemilik kulit kering, gunakan highlighter dalam bentuk krim, gel, atau solid stick untuk memudahkan pengaplikasiannya. Jika sudah menggunakan dewy foundation, sesuaikan dengan pilihan highlighter agar wajah terlihat glowing natural

Saat menggunakan highlighter, apapun warna yang kamu pilih, sebaiknya gunakan sedikit demi sedikit. Jika terlalu banyak mengaplikasikan highlighter, kilau yang terlihat akan tampak tidak natural. Selain itu, kamu pasti malas kan jika harus menghapus seluruh makeup hanya karena highlighter yang berlebihan?

Jangan lupa untuk menggunakan highlighter setelah menggunakan foundation dan sebelum menggunakan blush on. Namun, cara ini tidak berlaku untuk powder highlighter karena tetap bisa diaplikasikan setelah menggunakan blush on.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id