sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Memilih Shade Base Foundation & Cushion yang Tepat

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Kamis, 22 Apr 2021 11:30 WIB
Tips Memilih Shade Base Foundation & Cushion yang Tepat
caption
Jakarta -

Dalam menggunakan make up, tentu yang paling penting adalah menyiapkan base yang solid. Kamu bisa membuat base make up yang bagus dengan menggunakan foundation, cushion, two way cake, BB Cream, CC Cream, atau Primer.

Namun, dalam menyiapkan base yang solid ini tak bisa sembarangan. Kamu harus tahu bagaimana texture kulit serta tone atau shade yang cocok. Jangan sampai kamu asal pilih warna hanya karena ingin terlihat lebih putih atau asal menutupi jerawat saja.

Memilih shade dari base make up yang cocok, itu akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana hasil make upmu. Ini merupakan faktor terpenting. Jadi, jangan sampai salah pilih warna!

Lalu, apa sih yang harus diperhatikan ketika memilih jenis atau tipe tone dari base make up?

Pahami Undertone dan Skintonemu

Undertone
Undertone/pinterest by sundaystyleblog

Sebelum memilih shade apa yang akan kamu pakai dalam memilih produk untuk base make up, kamu harus memahami dulu undertone dan skintonemu. Ingat, undertone dan skintone itu berbeda ya Ladies. Skintone adalah warna kulitmu, sedangkan undertone merupakan warna dasar kulit yang tidak akan berubah.

Untuk melihat undertone, adalah melihat urat di pergelangan tanganmu. Ada tiga macam undertone, yaitu warm, neutral dan cool. Kamu harus tentukan milikmu undertonenya apa sebelum memilih produk base make up ya!

Usap Lebih Dulu di Bagian Leher atau Bahu

Skin tone
Seorang gadis dengan skin tone/Photo by unsplash.com/@jekafe

Kalau kamu mencoba mengusapnya di tangan apalagi di bagian dalam tangan, itu tidak akan membantumu. Karena tentu, bagian dalam tanganmu akan berbeda dengan kulit wajah. Hasil yang dihasilkan ketika diusapkan ke lengan bagian dalam dengan wajah akan berbeda. Jadi, untuk mencari aman, usapkan di bagian leher atau bahu untuk mengeceknya. Lalu lihat, apakah cocok atau tidak?

Karena jika hasilnya tidak cocok dengan undertone, hasil make upmu akan jadi abu-abu.

Memilih Warna yang Lebih Terang

Base make up
Perempuan tengah memulas base make upnya/Photo by unsplash.com/@jmartinez143

Pemakaian base make up yang akan menempel di wajahmu seharian, tentu akan dibawa untuk beraktivitas. Sehingga penggunaan foundation yang lama tersebut biasanya akan berubah menjadi lebih kusam atau gelap. ini dikarenakan akan oksidasi yang dialami foundation begitu terkena panas. Baik itu panas sinar matahari maupun panas dari suhu tubuh sendiri. Sehingga jika ingin warna foundation atau base make up yang lebih cair tetap bagus di wajah meskipun telah seharian dipakai, maka kamu harus memilih warna foundation yang satu tingkat lebih terang dari warna kulitmu.

  

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id