sign up SIGN UP

MAKE-UP

Wajib Coba! Ini 5 Kiat Mudah Agar Terhindar dari Jerawat Karena Makeup

Raudiya Nurfadilah H | Jumat, 16 Jul 2021 21:15 WIB
Wajib Coba! Ini 5 Kiat Mudah Agar Terhindar dari Jerawat Karena Makeup
Tips mudah agar terhindar dari jerawat karena makeup/ Foto: Freepik/ Gpointstudio

Jerawat menjadi salah satu masalah yang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang, apalagi jika tumbuh di area wajah. Penyebab tumbuhnya jerawat bisa muncul dari berbagai faktor, misalnya sarung bantal yang kotor, wajah yang jarang dibersihkan, gaya hidup yang kurang sehat, bisa juga karena kurang tepat penggunaan makeup yang bikin tumbuh jerawat.

Agar terhindar dari jerawat karena penggunaan makeup, berikut ini 5 tips mudah yang bisa kamu coba.

Foundation Noncomedogenic

cari foundation yang berlabel noncomedogenic, hypoallergenic, atau berbasis mineral
Gunakan foundation berlabel noncomedogenic/ Foto: Freepik/ Valuavitaly

Menurut David Lortscher, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, CEO dan juga pendiri dari Curology mengatakan bahwa secara teknis, sebagian makeup bukan penyebab jerawat tetapi ada bahan-bahan tertentu yang bisa menyumbat pori-pori dan membantu bakteri tumbuh.

Dikutip dari Womens Health Mag, Lortscher menyarankan bagi pengguna makeup untuk mencari foundation yang berlabel noncomedogenic, hypoallergenic, atau berbasis mineral untuk menghindari tumbuhnya jerawat.

Jangan Gunakan Foundation Terlalu Tebal

Banyak yang menutupi jerawat mereka dengan foundation tebal, dan itu sebenarnya menunda proses penyembuhan dan menyebabkan iritasi
Jangan gunakan foundation tebal/ Foto: Freepik/ Valuavality

Jerawat yang tumbuh di wajah bisa menurunkan kepercayaan diri, sehingga orang-orang menggunakan foundation tebal untuk menutupinya tetapi menurut Craig Austin, MD, profesor klinis dermatologi dan dermatopatologi di Mount Sinai Medical School, mengatakan bahwa hal tersebut kurang baik untuk wajah.

“Banyak pasien saya yang menutupi jerawat mereka dengan foundation tebal, dan itu sebenarnya menunda proses penyembuhan dan menyebabkan iritasi,” ujarnya.

Ia menyarankan untuk mengaplikasikan obat jerawat pada kulit sebelum ditutupi oleh foundation serta menghindari merias wajah pada bagian pori-pori terbuka untuk mencegah terjadinya infeksi.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id