sign up SIGN UP

MUSLIM

5 Amalan Malam Lailatul Qodar untuk Menggapai Berkah Lebih Baik dari Seribu Bulan

Dian Aprilia | Sabtu, 01 May 2021 03:30 WIB
5 Amalan Malam Lailatul Qodar untuk Menggapai Berkah Lebih Baik dari Seribu Bulan
caption

Tak terasa kita sudah memasuki pertengahan bulan Ramadan. Hal ini menjadi pertanda bahwa sebentar lagi kita akan memasuki akhir bulan Ramadan dan juga malam Lailatul Qodar. Malam Lailatul Qodar adalah malam dimana Allah SWT menurunkan wahyu pertama kali pada Nabi Muhammad SAW yang sering disebut juga malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Menurut pendapat paling kuat, waktu malam Lailatul Qodar terjadi di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana hadist Aisyah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Carilah malam Lailatul Qodar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan”

Untuk mencapai keutamaan malam Lailatul Qodar, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan sholeh. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 amalan malam Lailatul Qodar:

Membaca Al Quran

Membaca Al Quran
Membaca Al Quran/pexels.com

Ibadah pertama yang bisa kamu lakukan di malam Lailatul Qodar adalah membaca Al Quran. Jika sebelumnya kamu sudah istiqomah membaca Al Quran setiap hari, kamu bisa memperbanyak halaman yang kamu baca setiap 10 hari terakhir Ramadan.

Tidak hanya membaca bahasa Arabnya saja, kamu juga perlu memahami dan mengambil pelajaran dari Al Quran. Sebab hal tersebut adalah esensi dari membaca AL Quran, yakni agar manusia mendapatkan petunjuk dan tetap berada di jalan kebenaran. Selain memahami secara mandiri, kamu bisa berdiskusi dengan orang lain ataupun mendengar kajian ustaz mengenai ayat tersebut.

Salat Malam

Salat malam
Salat malam/pexels.com

Selanjutnya, laksanakan ibadah salat sunnah di 10 malam terakhir bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana anjuran Rasulullah SAW dalam hadist berikut: “Barang siapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari).

Diantara salat sunnah malam hari yang bisa kamu kerjakan adalah salat tarawih, salat witir, salat tahajud, salat hajat, salat tasbih, salat taubat, salat tahiyatul masjid serta salat qabliyah dan badiyah.

Membaca Doa Malam Lailatul Qodar

Doa malam lailatul qodar
Doa malam lailatul qodar/pexels.com

Malam Lailatul qodar adalah malam yang sangat mulia dan nilainya lebih baik dari seribu bulan. Jika kita mampu menggapainya, maka kita akan mendapatkan ampunan, pahala dan ridho Allah SWT.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Aisyah ra. Pernah bertanya pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qodar, doa apa yang bagus dibaca?”. Kemudian Rasulullah SAW menjawab, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Arti dari doa tersebhut ialah, Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya, ampunilah aku.

Iktikaf

Iktikaf
Iktikaf/pexels.com

Selanjutnya, ibadah yang dianjurkan di malam Lailatul Qodar adalah iktikaf, yakni berhenti atau berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu. Syarat yang wajib dipenuhi dalam menjalankan iktikaf ialah beragama Islam, baligh, dilaksanakan di masjid, dan berniat.

Saat iktikaf, kamu bisa mengerjakan berbagai amalan lainnya seperti salat wajib, salat sunnah, membaca Al Quran, berdzikir dan banyak lagi lainnya. Dalam iktikaf fokuskan untuk mengingat Allah SWT, memohon ampunan dan ridho-Nya.

Memperbanyak Salawat dan Dzikir

Salawat dan dzikir
Salawat dan dzikir/pexels.com

Terakhir, perbanyaklah amalan salawat dan dzikir. Kedua ibadah ini bisa kamu kerjakan kapan pun dan dimana pun. Entah itu sambil memasak, membersihkan rumah, setelah selesai salat, dan berbagai aktivitas lainnya.

Dengan senantiasa mengingat dan memuji kebesaran Allah, maka kamu akan mendapat perlindungan-Nya serta dijauhkan dari berbagai perbuatan maksiat. Sementara itu, dengan membaca shalawat Nabi, maka akan mendapat syafaat Rasulullah SAW, mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW dan juga shalawat dari Allah SWT.

Itulah 5 amalan yang bisa kamu kerjakan di 10 malam terakhir bulan Ramadan. Semoga kita termasuk hamba Allah SWT yang bisa menggapai keberkahan malam Lailatul Qodar. Waallahu ‘alam bishowab.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id