sign up SIGN UP

5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan, Bekal Menuju Kehidupan Akhirat

Dian Aprilia | Rabu, 21 Apr 2021 21:00 WIB
5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan, Bekal Menuju Kehidupan Akhirat
caption

Dalam tayangan Shihab & Shihab di kanal Youtube Najwa Shihab, Prof. Quraish Shihab pakar tafsir Al Quran menjelaskan bahwa inti dari Ramadan terkandung dalam makna Marhaban ya Ramadan. Ia menjelaskan bahwa Marhaban berasal dari kata Rahab, yang bermakna luas atau lapang.

“Tamu yang datang kita sambut dengan lapang dada, tidak menggerutu,” ujar Prof. Quraish.

Selain itu, makna Rahab yang kedua adalah tempat luas untuk mengambil bekal dan memperbaiki kendaraan bagi para musafir. Hal ini berarti bahwa datangnya bulan Ramadan bukan hanya dimaknai dengan sambutan penuh suka cita, melainkan juga introspeksi diri dan menyiapkan bekal untuk akhirat.

“Dan bersedia memperbaiki apa yang salah dari niat kita dan tingkah laku kita. Jadi sebenarnya menyambut Ramadhan itu kita harus melakukan introspeksi apa yang salah, apa yang kurang, dan apa yang perlu diperbaiki,” urainya.

Dalam persiapan amalan tersebut, Umat Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah wajib dan juga sunnah selama bulan Ramadan. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 amalan sunnah yang perlu diamalkan selama bulan Ramadan.

Mengaji Al Quran

Mengaji
Mengaji/pexels.com

Sudah sampai mana bacaan Al Quran di bulan Ramadan? Membaca al Quran memang dianjurkan setiap hari, termasuk di luar bulan Ramadan, meski begitu mengamalkannya di bulan Ramadan, bisa bernilai istimewa. Sebab amaklan ini sangat dianjurkan dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana bunyi hadist berikut:

"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya." (HR. Bukhari). Tak hanya membaca bahasa arabnya saja, melainkan juga mendalami serta merenungi maknanya. Kemudian mempraktikkan makna tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Bersedekah

Bersedekah
Bersedekah/pexels.com

Dari Ibnu Abbas, “Rasulullah Saw adalah orang yang paling dermawan dan saat beliau paling dermawan adalah di bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril menemui beliau. Malaikat Jibril senantiasa menemui beliau pada setiap malam dalam bulan Ramadhan untuk saling mempelajari Al-Qur’an. Pada saat itu Rasulullah lebih dermawan dalam melakukan amal kebajikan melebihi (cepat dan luasnya) hembusan angin.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi maksimalkan bulan Ramadan ini untuk memperbanyak amalan sunnah termasuk bersedekah. Kamu bisa melakukan sedekah pagi setiap hari dan jika sudah terkumpul bisa disalurkan untuk makanan buka puasa, infaq di masjid, sedekah untuk yatim piatu, amal jariyah untuk pembangunan masjid dan lainnya.

Berbagi Makanan Buka Puasa

Berbagi makanan
Berbagi makanan/pexels.com

Hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi menyebut bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu.”

Dalam sehari puasa, kita bisa mendapatkan pahala buka puasa sebanyak puluhan bahkan ratusan orang, apabila kita memberi makan buka puasa untuk mereka. Ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk memperbanyak amalan saat puasa. Apalagi mengingat bahwa ibadah ini tidak bisa ditemukan di bulan-bulan lainnya.

Sahur dan Menyegerakan Berbuka Puasa

Sahur dan menyegerakan berbuka puasa
Sahur dan menyegerakan berbuka puasa/pexels.com

Rasullulah SAW bersabda: "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan." (HR. Bukhari). Selain itu ada hadist lain yang menyebutkan, "Para sahabat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya". (HR. Al-Baihaqi).

Oleh sebab itu, hal ini bisa menjadi amalan kita di bulan puasa Ramadan ini. Bahkan amalan ini terbilang cukup mudah dan malah sangat menyenangkan. Akibatnya, kita bisa lebih bertenaga dalam menjalankan puasa karena sahur di akhir dan segera berbuka.

Salat Malam

Salat malam
Salat malam/pexels.com

Amalan bulan Ramadan yang tak boleh dilewatkan juga adalah salat malam. Diantaranya adalah salat tarawih, salat witir, salat tahajud, dan berbagai salat malam lainnya. Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari).

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id