sign up SIGN UP

LIFE

Jajanan Tradisional: Resep Kue Lupis, Simple dan Legit Banget!

Ayuliy Lestari | Rabu, 21 Apr 2021 17:15 WIB
Jajanan Tradisional: Resep Kue Lupis, Simple dan Legit Banget!
caption

Indonesia memiliki banyak jenis jajanan tradisional dengan cita rasa beraneka ragam. Salah satunya adalah kue lupis. Jajanan yang terbuat dari ketan ini merupakan jajan pasar klasik dan gampang dibuat lho! Rasa kenyalnya makin nikmat dengan balutan kelapa parut dan saus gula merah.

Seperti jenis jajan pasar lainnya, kue lupis memakai bahan sederhana. Hanya beras ketan, daun pisang, kelapa dan gula merah yang perlu kamu siapkan, Ladies. Keunikan kue lupis ini terletak pada tekstur beras ketan yang pulen legit dengan aroma wangi daun pisang.

Kue lupis bisa dibentuk beraneka ragam atau sesuai selera, namun pada umumnya berbentuk segitiga atau silinder panjang seperti lontong. Bungkus daun pisang sendiri merupakan hal yang tak boleh diganti karena warna dan aroma daun pisang jadi ciri khasnya.

Untuk kamu yang ingin membuatnya sendiri, berikut resep dan tips agar kue lupis sukses dan menjadi jajanan nikmat yang bisa kamu hidangkan saat berbuka puasa.

Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan

Resep kue lupis
Resep kue lupis/Instagram.com/tommy_immotz

Bahan Utama:

  1. 750 g (1 liter) beras ketan yang bagus, cuci, tiriskan
  2. 1-2 sdm air kapur sirih
  3. Daun pisang
  4. 100 g kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
  5. ½ sdt garam

Bahan Saus Gula Merah:

  1. 250 g gula merah, sisir halus
  2. 50 g gula pasir
  3. 150 ml air
  4. 1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Membuat Kue Lupis

Resep kue lupis
Resep kue lupis/Instagram.com/dapur.ei

Untuk membuat saus gula merah, kamu hanya perlu merebus semua bahan saus hingga mendidih dan larut. Angkat lalu saring. Biarkan hingga dingin.

Untuk membuat kue lupis, aduk beras ketan dengan air kapur sirih hingga rata. Beri air bersih dan biarkan terendam 1 jam lalu tiriskan.

Ambil 2 potong daun pisang, bentuk kerucut, isi dengan 3 sdm beras ketan. Lipat dan semat bagian bawahnya hingga berbentuk segitiga. Rebus dalam air secukupnya selama 2 jam hingga lunak. Angkat dan dinginkan.

Jangan lupa menyiapkan kelapa parut untuk taburan lupis. Caranya, aduk kelapa parut dengan garam lalu kukus hingga matang. Cara penyajian jajanan ini juga mudah, Ladies. Buka pembungkus lupis, lumuri dengan kelapa parut hingga rata, lalu kucuri dengan saus gula merah.

Tips Agar lupis Sukses

Resep kue lupis
Resep kue lupis/Instagram.com/resepwarisan_bdg

Untuk mendapatkan kue lupis yang pulen, gunakan beras ketan berkualitas, tidak dicampur beras dan bulirnya utuh ya, Ladies.

Agar daun pisang tak robek, jemur sebentar di bawah sinar matahari atau panggang di atas api kompor hingga layu.

Penambahan air kapur sirih akan membuat kue lupis jadi kenyal, sebaiknya jangan di-skip, Ladies.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id