sign up SIGN UP

MUSLIM

Berhalangan Kala Puasa? Kamu Juga Bisa Melakukan Hal Ini di Bulan Ramadhan

Penny Fatikasari | Minggu, 26 Apr 2020 23:00 WIB
Berhalangan Kala Puasa? Kamu Juga Bisa Melakukan Hal Ini di Bulan Ramadhan
caption
Umat Muslim di seluruh penjuru dunia kini tengah melaksanakan ibadah puasa. Bulan yang suci dan penuh ampunan ini membuat orang-orang terus berlomba-lomba mengejar ridho- Nya. Akan tetapi, sebagai seorang wanita tentunya juga akan mengalami haid atau menstruasi bulanan, sehingga membuat para wanita berhalangan untuk melaksanakan ibadah puasa secara full. Namun, kamu pun masih bisa melakukan hal bermanfaat ini di bulan Ramadhan, lho! Berikut diantaranya.

Membantu Menghidangkan Makanan Buka Puasa


Foto: Istimewa

Kamu bisa membantu menghidangkan makanan berbuka puasa bagi anggota keluargamu di rumah. Kamu bisa membantu ibumu memasak atau menghidangkan takjil kesukaan orang rumahmu. Walaupun berhalangan menjalankan ibadah puasa, kamu juga bisa berburu pahala dan menjalankan amalan baik ini bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Jangan sungkan untuk melakukan kebiasaan baik ini ya, Ladies? Nggak ada salahnya dong kamu ikut membantu menghidangkan makanan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Tentunya mereka akan senang karena kamu sigap dan ikhlas membantu mereka.
 


Mendengarkan Lantunan Ayat Suci Al-Quran


Foto: Istimewa

Walaupun kamu berhalangan pada saat bulan Ramadhan, hal itu enggak boleh menyurutkan semangat dan imanmu untuk terus meraih ridho-Nya. Kamu bisa menciptakan ketenangan diri dan meningkatkan pikiran yang jernih dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Selamat mencoba!
 


Memanjatkan Doa dan Berdzikir


Foto: Istimewa

Sedang berhalangan untuk berpuasa tentunya kamu juga enggak diperbolehkan sementara waktu untuk melaksanakan ibadah Sholat. Namun hal itu bukanlah halangan, kamu pun masih terus bisa memanjatkan doa, berdzikir serta bersholawat setiap waktu untuk meminta ridho kepada Allah SWT dengan begitu hati dan pikiranmu akan tetap jernih, emosimu pun akan terkontrol dengan baik. Bismillah!
 



Bersedekah


Foto: Istimewa

Walaupun berhalangan menjalankan ibadah puasa, kamu pun tetap bisa memperoleh pahala dengan melakukan hal-hal baik yang bisa memberi manfaat bagi dirimu maupun orang lain, salah satunya dengan bersedakah.

Bukan seberapa besar atau kecil nominal yang kamu berikan ketika hendak bersedekah, akan tetapi niat tulus dan keikhlasan pada dirimu akan membuat makna sedekah itu jauh lebih berarti. Enggak hanya itu, kamu pun tentunya bisa membantu meringankan beban saudara-saudaramu yang kurang beruntung, serta kamu akan lebih menghargai tentang indahnya berbagi.
 
 
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id