sign up SIGN UP

Cara Buka Puasa ala Rasulullah SAW, Sederhana dan Berkah Luar Biasa

Dian Aprilia | Senin, 19 Apr 2021 17:00 WIB
Cara Buka Puasa ala Rasulullah SAW, Sederhana dan Berkah Luar Biasa
caption

Nabi Muhammad SAW adalah sosok panutan yang patut diteladani oleh seluruh umat Islam. Akhlak, tutur bicara dan sikapnya yang lembut serta penuh kasih layak ditiru oleh setiap orang. Selain itu, cara beliau dalam beribadah dan mengerjakan perintah Allah SWT juga menjadi sandaran bagi umat Islam.

Salah satunya adalah sikap beliau saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Di balik caranya yang sederhana terkandung ajaran dan berkah luar biasa yang layak ditiru. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara buka puasa ala Rasulullah SAW: 

Menyegerakan Berbuka Puasa

Buka puasa
Buka puasa/pexels.com

Rasulullah SAW senantiasa menyegerakan berbuka puasa setelah adzan maghrib berkumandang. Beliau juga menganjurkan para sahabat dan juga umat Islam untuk melakukan hal serupa. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam hadist sebagai berikut:

Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah SAW bersabda, “Senantiasa manusia dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari)

Selain dicintai Allah SWT dan juga dipenuhi dengan kebaikan, menyegerakan berbuka puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah membuat tubuh berenergi, bugar dan terhindar dari gangguan lambung.

Buka Puasa dengan Kurma dan Air

Kurma
Kurma/pexels.com

Menu buka puasa yang seringkali disantap oleh Rasulullah SAW adalah kurma dan seteguk air. Hal ini sebagaimana bunyi dari hadist,

“Rasulullah SAW biasanya berbuka dengan ruthob (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob, maka beliau berbuka dengan tamer (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud)

Selain sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, kurma memiliki manfaat untuk kesehatan. Kurma efektif untuk mengembalikan energi tubuh dengan cepat, tidak mudah mengantuk, meningkatkan kesehatan otak, dan ampuh menangkal berbagai risiko penyakit.

Tidak Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Makan berlebihan
Makan berlebihan/pexels.com

Rasulullah SAW senantiasa menjaga diri agar tidak berbuka puasa dengan berlebihan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran Surat Al A’raf ayat 21 yang artinya “Dan makan dan minumlah kamu, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Dia (Allah) tidak suka orang yang berlebih-lebihan”.

Perintah Allah SWT senantiasa memiliki alasan yang kuat dan manfaat besar dibaliknya. Semua itu semata untuk kebaikan manusia itu sendiri, termasuk perintah untuk tidak makan berlebihan. Makan berlebihan bisa menyebabkan berat badan naik, lemas dan mengantuk, rasa kembung, nyeri perut, mual dan juga muntah. 

Berdoa Setelah Berbuka Puasa

Berdoa
Berdoa/pexels.com

Terakhir, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berdoa setelah berbuka puasa. Sebab doa ini termasuk doa yang akan dikabulkan oleh Allah SWT, sebagaimana hadist riwayat Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW pernah bersabda “Tiga doa yang dikabulkan, doanya orang yang berpuasa, doanya orang yang terzalimi dan doanya musafir.”

Oleh sebab itu, momen buka puaa sebaiknya diisi dengan berbagai amalan sunnah dan juga doa kepada Allah SWT. Inshaallah, doa-doa yang kita panjatkan tersebut bisa dikabulkan oleh-Nya.

Itulah 4 hal yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat berbuka puasa. Semoga umat Islam bisa meneladani sikap beliau dan mendapatkan berkah yang luar biasa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id