sign up SIGN UP

MUSLIM

Cegah Mukena Jamuran, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Rumaysha Milhania | Selasa, 18 May 2021 10:30 WIB
Cegah Mukena Jamuran, Ini yang Harus Kamu Lakukan!
Mencuci mukena/ Sumber: Freepik.com

Tentu akan sangat tidak nyaman jika mukena, sebagai pakaian untuk beribadah, berada dalam kondisi yang tidak baik. Penggunaannya yang sesekali kerap membuat banyak orang tidak terlalu memikirkan perawatan yang tepat untuk mukena ini. Padahal, jika kamu bisa mencuci secara rutin dan menyimpannya dengan baik, keluhan mukena bau dan berjamur bisa kamu hindari. Yuk, simak tips mencegah mukena bau dan jamuran berikut ini.

Tentu akan sangat tidak nyaman jika mukena, sebagai pakaian untuk beribadah, berada dalam kondisi yang tidak baik. Penggunaannya yang sesekali kerap membuat banyak orang tidak terlalu memikirkan perawatan yang tepat untuk mukena ini.
Merawat mukena/ Sumber: Freepik.com

1. Biasakan untuk mengeringkan wajah setelah wudhu

Kebiasaan mengenakan mukena saat wajah masih dalam kondisi basah setelah wudhu ternyata menjadi salah satu penyebab mengapa mukena cepat bau apek dan jamuran. Selain membuat mukena cepat jamuran, menggunakan mukena dalam kondisi lembap sebenarnya tidak nyaman. Itulah sebabnya kamu harus membiasakan diri untuk mengeringkan wajah setelah berwudhu untuk menghindari titik-titik hitam atau jamur di lingkaran wajah mukena.

2. Gantung mukena yang baru digunakan di tempat dengan sirkulasi udara baik

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan betul teknik penyimpanan mukena yang tepat. Kamu dapat menghindari mukena berjamur dengan menyimpannya dalam udara yang baik. Jangan melipat mukena setelah kamu mengenakannya dalam kondisi lembap. Cara terbaik untuk menyimpan mukena adalah menggantung di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. 

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan betul teknik penyimpanan mukena yang tepat. Kmu dapat menghindari mukena berjamur dengan menyipannya dalam udara yang baik.
Riamiranda.com/ Sumber: Freepik.com

3. Cuci mukena secara rutin, setidaknya 2 minggu sekali

Selanjutnya, pastikan kamu mencuci mukena secara rutin. Mukena setidaknya harus dicuci 2 minggu sekali untuk memastikannya kondisinya berada dalam kondisi tetap bersih. Setelah dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya di tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari langsung untuk mencegah kerusakan serat kain mukena.

4. Istirahatkan mukena dengan menggantinya secara rutin

Terakhir, agar mukena tetap awet, pastikan kamu tidak menggunakan mukena yang sama terus-menerus sepanjang tahun. Penting untuk memiliki mukena ganti. Jadi, jika mukena kamu dicuci, gunakan mukena yang lain dan beri jeda untuk penggunaan selanjutnya. Dengan begitu, warna mukena yang kamu miliki tidak akan pudar dan bordirannya terjaga lebih baik.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan betul teknik penyimpanan mukena yang tepat. Kmu dapat menghindari mukena berjamur dengan menyipannya dalam udara yang baik.
Rak mukena/ Sumber: Carousel.com

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat mukena tetap bersih dan fresh. Pastikan kamu memperhatikan juga perlengkapan ibadah lain, seperti sarung dan sajadah untuk membuat ibadahmu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id