sign up SIGN UP

Don't Forget! Ini 4 Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Menjelang Puasa Ramadhan

Dian Aprilia | Minggu, 11 Apr 2021 16:30 WIB
Don't Forget! Ini 4 Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Menjelang Puasa Ramadhan
caption

Tinggal menghitung hari, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Sampai manakah persiapan yang sudah kamu lakukan?

Bulan yang hanya datang 1 tahun sekali ini memiliki banyak keistimewaan bagi Umat Islam. Sebab selama 30 hari tersebut, pahala amal kebaikan akan dilipatgandakan, pintu kebaikan terbuka lebar, dan Allah membuka pintu pengampunan dosa seluas-luasnya. Maka sudah sewajarnya jika Umat Islam mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menemui bulan Ramadhan, agar bisa beribadah dan menjalani puasa dengan optimal.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 persiapan yang perlu kamu lakukan menjelang bulan puasa Ramadhan.

Mengatur Jam Biologis

Jam biologis
Jam biologis/pexels.com

Saat puasa Ramadhan, kita dituntut untuk menjalani aktivitas dengan jam biologis yang berbeda. Jika biasanya bangun pagi jam 5 atau 6, saat puasa kita harus bangun jam 3-4. Alhasil akan mengubah ritme sikardian dalam tubuh. Ritme sikardian adalah jadwal kerja sistem dan organ tubuh termasuk mengatur siklus bangun tidur seseorang.

Perubahan ini jika tidak disiapkan sejak sebelum Ramadhan, rentan membuat kita lemas dan mudah mengantuk saat puasa. Sebab waktu tidur berkurang secara drastis, apalagi jika tak diimbangi dengan olahraga. Untuk itu satu minggu sebelumnya, sebaiknya kamu mulai tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar jam biologis tubuh tidak berubah drastis.

Mengatur Pola Makan

Pola makan
Pola makan/pexels.com

Selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah mengatur pola makan. Cobalah untuk sarapan lebih awal, misalnya setelah sholat shubuh sampai jam 6 pagi. Hal ini agar membiasakan perut untuk sarapan di awal waktu. Sehingga saat puasa nanti, perut sudah memberikan tanda-tanda lapar saat sahur dan meningkatkan nafsu makan.

Mulai kurangi camilan di siang hari dan kopi ya, agar tubuh terbiasa saat menunaikan puasa. Saat perut lapar karena ingin nyemil, coba tahan sejenak, jika sulit ditahan coba minum air putih.  

Mulai Memperbanyak Ibadah

Ibadah
Ibadah/pexels.com

Selain mempersiapkan fisik, kamu juga perlu meningkatkan spiritual sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hal ini untuk membiasakan kamu menjalankan ibadah dengan lebih giat dan khusyu. Kamu bisa mulai dengan memperbanyak dzikir, sholat malam, dan membaca Al Quran.

Lakukan sedikit demi sedikit tapi konsisten, daripada langsung meningkat drastis tapi di kemudian hari malah sama sekali tidak menjalankannya. Misalnya dengan berdzikir 5 menit, lalu berangsur-angsur ditambah hingga menjadi 15 menit. Mulanya mengaji 2 lembar/hari bisa ditingkatkan jadi satu juz dan seterusnya. 

Membuat Plan Ibadah untuk Ramadhan

Plan
Plan/pexels.com

Nah, langkah persiapan yang satu ini penting banget untuk dilakukan, yakni membuat plan ibadah di bulan Ramadhan. Sebab hal ini bisa menjadi panduan yang jelas, amal ibadah yang akan kamu lakukan. Jadi kamu bisa lebih fokus dan optimal dalam menjalankan ibadah.

Kamu bisa membuat berbagai macam target amalan selama bulan Ramadhan, seperti khatam Al Quran, sholat tarawih secara penuh kecuali haid, sholat dhuha, sedekah, sholat malam, i’tikaf di masjid, dan lainnya.

Itulah 4 persiapan penting yang perlu kamu lakukan menjelang bulan Ramadhan. Semoga ibadah puasamu bisa berjalan dengan lancar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id