sign up SIGN UP

LIFE

Bekal yang Perlu Dipersiapkan Agar Tubuh Sehat Saat Puasa

Diyah Wulandini | Rabu, 07 Apr 2021 18:15 WIB
Bekal yang Perlu Dipersiapkan Agar Tubuh Sehat Saat Puasa
caption

Memasuki bulan ramadan enggak cukup kalau memastikan kamu siap menahan lapar selama sebulan penuh. Lebih dari itu, kesehatan juga penting buat diperhatikan. Jangan sampai menyepelekan hal satu ini ya, Ladies.

Ibarat sedia payung sebelum hujan, kamu juga perlu menyiapkan bekal agar puasa ke depan luput dari absen. Aktivitasmu yang padat memang sebaiknya diseimbangkan dengan kebiasaan sehat, bukan memutuskan buat enggak puasa.

Ladies, kamu bisa memperhatikan poin penting berikut agar badanmu enggak loyo selama menunggu azan magrib berkumandang. Kesehatan kamu merupakan modal utama yang enggak bisa dianggap enteng.

Menjaga Pola Tidur

Memiliki jam tidur yang cukup mampu menjaga kebugaran tubuh selama menjalani ibadah puasa.
Tidur yang Cukup/foto: freepik.com

Sudah kodratnya setiap manusia memiliki waktu istirahat yang seimbang dengan aktivitas padatnya. Mau seperti apa urusan yang harus kamu selesaikan tetap sempatkan waktu mengambil istirahat ya, Ladies. Terutama ketika bulan puasa.

Banyak asupan energi yang berkurang akibat berubahnya pola makan, tapi kamu enggak perlu khawatir. Selalu imbangi dengan istirahat yang cukup agar energimu enggak cepat terkuras habis. Apalagi tidurnya orang berpuasa itu ibadah lho, Ladies.

Mengurangi Makan Camilan

Terbiasa mengonsumsi camilan akan membuat kamu ketergantungan untuk terus makan setiap harinya, padahal belum tentu sehat.
Memakan Camilan/foto: freepik.com

Makan camilan memang berhasil bikin nagih. Rasanya yang manis, gurih, atau pedas selalu berhasil menyita kesempatan kamu buat memakan menu yang lebih sehat. Tapi, ketika memasuki bulan puasa mulai kurangi kebiasaan ini.

Selain kandungan di dalamnya yang belum tentu baik buat dikonsumsi terus-terusan, terbiasa memakan camilan bisa buat kamu kaget ketika berpuasa. Terpenting jangan sampai terpikir membatalkan puasa demi makan camilan, ya.

Kurangi Kafein

Kafein yang terus dikonsumsi bisa membuat kamu ketagihan dan merasa kurang ketika berhenti mengonsumsinya.
Kafein dalam Secangkir Kopi/foto: freepik.com

Kafein juga jago banget bikin ketagihan. Kalau mengonsumsi kopi di pagi hari sudah enggak ramah buat kesehatan lambung, kamu bisa belajar menguranginya ketika berpuasa. Yuk, sayangi kesehatan kamu mulai sekarang.

Memang enggak salah mengonsumsi makanan atau minuman mengandung kafein, tapi pastikan dalam porsi cukup. Meski nyaman buat lidah, kafein bisa membantu kamu begadang sampai pagi. Selalu pastikan waktu istirahatmu enggak terpangkas.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat bisa membantu kamu mendapatkan energi lebih baik daripada mengonsumsi jenis yang lainnya.
Salad Buah yang Sehat/foto: freepik.com

Mau bulan ramadan atau bukan, makanan sehat merupakan hal penting yang enggak bisa di-skip begitu saja. Selain mampu menjaga kebugaran tubuh kamu dengan memberikan energi lebih dalam menjalani ibadah puasa, kandungan di dalamnya juga sangat ramah perempuan.

Mengonsumsi makanan sehat bisa membuat kulitmu jauh lebih cantik. Siap-siap tampil memesona di hari raya ketika berhasil mengonsumsi selama sebulan penuh. Racik makanan sehat versi kamu dengan takaran pas supaya enggak membosankan.

Ladies, meski terkesan sederhana dengan menahan lapar dan haus selama sebulan penuh, nyatanya puasa juga bisa menguras habis energi kamu. Daripada khawatir berlebih, kamu bisa mempersiapkan bekal mulai sekarang.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id