sign up SIGN UP

MUSLIM

Jangan Mudik! Ini Dia Alternatif Kegiatan di Hari Lebaran Selama Pandemi

Rumaysha Milhania | Kamis, 07 May 2020 22:00 WIB
Jangan Mudik! Ini Dia Alternatif Kegiatan di Hari Lebaran Selama Pandemi
caption
Gagal mudik lebaran karena pandemi? Jangan khawatir, simak pilihan kegiatan seru di hari raya pengganti mudik lebaran berikut ini.

Pandemi virus corona sepertinya masih harus dihadapi di bulan suci Ramadan. Mengingat para ilmuwan dan dokter yang masih belum menemukan vaksin dan obat untuk virus ini, kita semua masih harus mengikuti aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Itu artinya, kita tidak disarankan untuk melakukan mudik ke kampung halaman saat libur lebaran.

Tidak hanya untuk mengurangi laju penyebaran virus, anjuran ini dilakukan demi menjaga orangtua dan kerabat lanjut usia yang termasuk dalam kelompok rentan terhadap infeksi virus ini. Untuk itu, agar suasana lebaran tidak hilang, simak alternatif kegiatan seru di hari raya yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Dengarkan Khutbah Online


Foto: https://www.dallasnews.com/


Hari raya seharusnya menjadi momen yang spesial bagi semua umat beragama. Tidak hanya lebaran, hari raya Paskah lalu pun juga dijalani oleh umat Kristiani dengan menerapkan PSBB. Namun, itu bukan berarti kita harus melupakan esensi dari Idul Fitri. Kamu bisa mencoba mencari alternatif tayangan khotbah online untuk mendapatkan nasihat dan hikmah dari pandemi dalam balutan nilai-nilai keagamaan. 
 



2. Berbagi Resep Keluarga
 



Foto: https://www.siraplimau.com/


Tidak lengkap rasanya hari raya tanpa makan makanan khas lebaran. Cobalah untuk meminta resep masakan khas lebaran keluarga dari orangtuamu dan cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain menghidupkan suasana lebaran di masa karantina, cara ini juga bermanfaat untuk menambah keterampilanmu dalam memasak. Ini juga bisa melestarikan resep khas keluarga turun temurun, lho.
 



3. Silaturahim Virtual
 


Foto: https://www.thesun.co.uk/


Manfaatkan kemudahan teknologi dengan sebaik-baiknya, video call dengan keluarga dan sanak saudara dapat dijadikan media alternatif untuk bersilaturahim. Kamu dapat mengucapkan selamat hari raya dan memohon maaf melalui sambungan telepon dan video. Selain itu, kamu juga bisa membuat sesi makan bersama secara virtual dengan menggunakan media teleconference.
 



4. Berkirim Parsel Lebaran
 


Foto: https://kenesfood.com/


Terakhir, tidak lengkap rasanya jika hanya bersapa melalui gadget. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan silaturahim di hari lebaran selama karantina adalah dengan mengirimkan parsel lebaran pada keluarga dan teman-teman dekat. Kamu bisa menghias sendiri parsel yang dilengkapi dengan sisipan kartu ucapan. Dijamin ini akan mempererat persaudaraamu di masa-masa sulit seperti sekarang.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id