sign up SIGN UP

LIFE

Resep Susu Kurma yang Nikmat, Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa Nih!

Ajiest Lantang | Minggu, 03 May 2020 09:00 WIB
Resep Susu Kurma yang Nikmat, Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa Nih!
caption
Susu kurma jadi salah satu pilihan minuman sehat untuk menjaga daya tahan tubuh. Susu kurma yang mengeyangkan baik diminum sebagai pengganti makanan saat sahur. Rasanya yang manis membuat minuman sehat ini juga cocok jadi pilihan saat berbuka puasa selama Ramadan.

Susu kurma terbuat dari racikan susu sapi dan kurma yang dihaluskan. Susu kurma biasanya juga dikreasikan dengan tambahan madu, pisang hingga yoghurt. Kandungan nutrisinya yang lengkap membuat susu kurma baik dikonsumsi secara rutin oleh anak-anak hingga dewasa.


Foto: Istimewa

Susu mengandung beragam nutrisi seperti protein, kalori, kalsium, vitamin D, kalium, fosfor, selenium, vitamin A, magnesium, dan B12. Kandungan nutrisi dalam susu bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak serta menguatkan tulang pada orang dewasa.


Foto: Istimewa

Kurma merupakan sumber serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan otak, serta menurunkan risiko persalinan dengan induksi pada ibu hamil.



Jadi, nggak ada salahnya nih mencoba susu kurma saat sahur atau berbuka puasa, Beautynesian! Berikut resep dan cara membuat susu kurma seperti dilansir dari Food Detik:


Foto: https://food.detik.com/

Bahan yang Dibutuhkan:

        
  • 500 ml susu UHT
  •     
  • 6 buah kurma medjool atau 8 buah kurma ukuran kecil
  •     
  • es batu, jika suka

Cara Membuat:
Buang biji kurma, masukkan ke dalam blender. Tambahkan susu dan es batu jika suka. Proses hingga benar-benar halus.

Tuang ke dalam gelas. Sajikan segera. Jika suka rasa manis yang kuat bisa ditambahkan madu secukupnya. Jika tak ingin menambahkan es. Susu bisa disimpan dalam kulkas sebelum diracik untuk Susu Kurma.


Variasi Susu Kurma




Foto: https://pinterest.com/

Agar lebih mengenyangkan saat sahur, kamu juga bisa mengkreasikan susu kurma menjadi smoothies dengan menambahkan 1 buah pisang ambon yang matang. Caranya, potong pisang lalu blender bersama susu dan kurma hingga halus.

Kreasi lainnya yaitu dengan mengganti separuh susu sapi dengan yogurt tawar. Lalu blender semua bahan hingga lembut dan kental. Kamu juga bisa menambahkan madu jika kamu pecinta minuman manis.

Kamu juga bisa menambahkan topping pada susu kurma sesuai selera. Bisa dengan menambah taburan bubuk kayu manis atau jahe bubuk yang berkhasiat memperkuat imunitas tubuh. Atau dengan menambah serutan halus kulit jeruk lemon di atasnya. Cara asik lainnya bisa dengan menambahkan jelly aneka rasa sebagai topping. Wah, pasti makin nikmat nih! Yuk, coba bikin sendiri di rumah, Beautynesian!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id