sign up SIGN UP

MUSLIM

Pahami Cara Mencegah Dehidrasi, Jaga Asupan Cairan Tubuh Selama Puasa!

Rumaysha Milhania | Jumat, 24 Apr 2020 12:00 WIB
Pahami Cara Mencegah Dehidrasi, Jaga Asupan Cairan Tubuh Selama Puasa!
caption
Dehidarsi saat puasa dapat menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu, pahami cara menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa berikut ini!

Puasa menciptakan risiko lebih besar terhadap dehidrasi. Apalagi jika bulan suci Ramadhan jatuh pada musim panas dengan suhu rata-rata harianyang lebih tinggi. Hal ini tentu dapat berdampak serius pada kondisi kesehatan, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Pasalnya, kekurangan cairan tubuh dapat berdampak langsung pada daya tahan tubuh yang lebih lemah.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga asupan cairan tubuh tetap seimbang selama menjalani ibadah puasa. Nah, simak ulasan mengenai tips terhindar dari dehidrasi selama puasa berikut ini.

1. Minumlah sekitar 8 hingga 12 gelas air di antara waktu buka puasa dan sahur. Selain itu, kamu lebih dianjurkan untuk meminum air hangat dibandingkan dengan air dingin karena air dingin dapat diserap oleh tubuh dengan lebih cepat. Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi sup setiap secara rutin karena sayuran ini adalah sumpber cairan yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi juga sangat direkomendasikan, seperti semangka, mentimun, dan tomat.  


Foto: https://m.economictimes.com/t


2. Hindari mengonsumsi makanan dengan rempah-rempah dan garam secara berlebihan. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi sebaiknya dihindari karena makanan-makanan ini dapat berisiko menyerap kandungan air lebih tinggi dalam proses pencernaannya. Akibatnya, kamu akan menjadi lebih cepat haus dan berisiko terhadap dehidrasi. 
 



3. Hentikan asupan gula berlebih. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan permen dan beragam makanan manis lain dapat meningkatkan rasa haus karena mengandung banyak gula. Makanlah buah-buahan sebagai ganti asupan makanan manis yang lebih sehat dan dapat memberi tubuhmu cairan yang dibutuhkan.
 



Foto: https://www.weightwatchers.com/


4. Hentikan asupan kafein dan nikotin. Kafein adalah diuretik alami karena meningkatkan penyerapan cairan dan meningkatkan rasa haus. Itulah sebabnya mengonsumsi minuman berkafein sebaiknya dihindari selama bulan Ramadhan. Ini juga termasuk minuman berenergi dan berkarbonasi lainnya. Merokok juga sebaiknya dilarang karena dapat membuat mulut dan tenggorokan cepat kering.
 



5. Hindari paparan sinar matahari atau aktivitas fisik di siang hari. Suhu yang terlalu tinggi dan paparan sinar matahari langsung berisiko besar dalam mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Waktu terbaik untuk berolahraga selama bulan puasa adalah setelah berbuka puasa karena tubuh sedang berada dalam kondisi yang optimal dan berenergi. Selain itu, di saat itu kamu juga bisa minum setelah berolahraga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id