sign up SIGN UP

MUSLIM

Perbanyak Ibadah di Bulan Puasa, Ini Cara Menghatamkan Alquran Selama Sebulan!

Astari Larasati | Jumat, 01 May 2020 10:00 WIB
Perbanyak Ibadah di Bulan Puasa, Ini Cara Menghatamkan Alquran Selama Sebulan!
caption
Seiring berpuasa sebulan lamanya, banyak ibadah lain yang bisa dilakukan. Salah satunya membaca Alquran sampai hatam. Walaupun terlihat mudah, sebenarnya susah susah gampang lho untuk menerapkannya, Beautynesian!

Selama sebulan di bulan Ramadhan, lakukan banyak ibadah sebanyak mungkin. Karena ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala beribu kali lipat dari bulan lain oleh Allah SWT. Seperti membaca Alquran hingga hatam selama hanya sebulan.
 


Walaupun kedengarannya mudah dilakukan, akan sulit jika tidak menerapkan beberapa cara. Untuk itu, Beautynesia akan memberikan tips untuk menghatamkan Alquran dengan berbagai cara. Intip yuk sebagai berikut!
 


Niat


Foto: Istimewa

Melakukan sesuatu tanpa dilandasi niat yang mantap, membuatnya tidak datang dari hati. Maka dari itu, niatkanlah diri sendiri dan berjanji untuk sebisa mungkin menghatamkan Alquran. Buat diri sendiri nyaman selama membaca Alquran, Ladies. Misalnya duduk di sofa yang nyaman atau di kasur sehingga saat melakukannya tidak terasa berat.
 



Satu juz satu hari


Foto: Istimewa

Alquran terdiri dari 30 juz dan bulan Ramadhan juga berlangsung selama 30 hari. Maka sebisa mungkin untuk membaca Alquran satu juz per harinya. Namun karena wanita akan mengalami menstruasi yang melarang untuk puasa dan ibadah lainnya kecuali berzikir dan berdoa, sebisa mungkin untuk melakukan lebih dari itu agar hatam selama sebulan.
 


Konsisten


Foto: Istimewa

Lakukan secara konsisten selama sebulan penuh untuk menghatamkan Alquran. Kebanyakan orang akan semangat dan antusias di awal saja, namun di akhir akan mengalami penurunan. Untuk menghindari hal itu, tanamkan dalam diri sendiri bahwa yang mendapatkan pahala adalah kalian Ladies, bukan orang lain.
 


Kurangi aktvitas lain


Foto: Istimewa

Jangan sia-siakan bulan puasa Ramadhan dengan melakukan hal lain yang kurang bermanfaat. Karena bulan suci hanya datang selama setahun sekali. Di bulan seperti ini ibadah yang dilakukan akan mendapat pahala ribuan kali lipat dari waktu lainnya. Tentunya, ini adalah kesempatan umat muslim di dunia untuk mengurangi aktivitas lain dan bisa fokus beribadah.
 


Jangan lupakan ibadah lain


Foto: Istimewa

Saat sedang fokus menghatamkan Alquran bukan berarti melupakan ibadah lainnya, Ladies. Perbanyak untuk melakukan shalat sunah, berzikir, berdoa, serta bersedekah kepada orang-orang yang kurang mampu. Apalagi disaat pandemi seperti sekarang membuat ladang pahala semakin banyak di luar sana.
 


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id