sign up SIGN UP

MUSLIM

Rahasia Rambut Tetap Wangi Saat Gunakan Hijab Seharian

tyana | Kamis, 01 Apr 2021 13:00 WIB
Rahasia Rambut Tetap Wangi Saat Gunakan Hijab Seharian
caption

Hijabers, cuaca yang ekstrem seperti sekarang ini membuat kita lebih rentan untuk berkeringat. Keringat sendiri merupakan tempat yang paling disukai bakteri bau untuk berkembang biak. Meskipun telah menjaga kebersihan badan tetapi kita sering kali bermasalah dengan bau rambut.

Permasalahan ini memang sering dianggap remeh tetapi ternyata tak hanya berefek pada menurunkan rasa percaya diri tetapi juga kesehatan dan kekhusyuan ibadah. Untuk mengatasi bau rambut, kita tak hanya perlu mencuci rambut secara rutin tetapi juga memperhatikan hal-hal berikut ini :

Pastikan Kondisi Rambut dalam Keadaan Sehat

Mengistirahatkan rambut saat tidak memakai hijab.Mengistirahatkan rambut saat tidak memakai hijab./ Foto: Freepik.com


Rambut yang bau saat menggunakan hijab dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan rambut lho, Ladies. Rambut yang berketombe, dan berminyak lebih rentan terhadap bau daripada yang memiliki rambut kering. Untuk itu saat memilih produk perawatan sesuaikan dengan permasalahan rambut yang sedang dihadapi. 

Saat menggunakan hijab juga pastikan rambut dalam keadaan kering. Rambut yang basah tertutup hijab tak hanya membuat rambut bau tetapi juga dapat membuat rambut menjadi lepek, mudah ketombean dan juga rontok. 

Gunakan Bahan Hijab yang Ringan dan Menyerap Keringat

cara mengatasi rambut bau saat berhijab
Wanita Berhijab/freepik.com

Sekarang ini hijab dibuat dengan beraneka ragam model dan bahan yang membuat kita dapat bereksperimen dengan berbagai gaya. Sayangnya, saat memilih hijab yang digunakan kita tak hanya fokus pada model tetapi juga bahan yang digunakan. Pilihlah bahan yang ringan, tidak panas dan dapat menyerap keringat seperti bahan katun.

Hindarilah bahan yang bertekstur tebal dan juga panas. Hal ini dikarenakan bahan hijab yang tebal dan panas akan menyebabkan produksi keringat lebih banyak dan juga keringat yang tertahan dapat menyebabkan permasalahan untuk rambut seperti bau, ketombean dan juga rontok.

Perbaiki Cara Mengikat Rambut

cara mengatasi rambut bau saat berhijab
Ilustrasi Mengikat Rambut/freepik.com

Memiliki rambut yang panjang membuat kita sering mengikat rambut saat menggunakan hijab. Hal ini dimaksudkan agar hijab terlihat lebih rapih dan juga tidak panas.

Sayangnya, masih banyak orang mengikat rambut terlalu ketat sehingga membuat rambut tertarik dan merusak folikel rambut serta kulit kepala. Kondisi ini dapat menyebabkan rambut mudah rontok dan berminyak sehingga lebih rentan menimbulkan bau.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id