sign up SIGN UP

MUSLIM

Selain Beribadah, 4 Hikmah ini Bisa Kamu Ambil dari Bulan Suci Ramadhan

Penny Fatikasari | Minggu, 26 Apr 2020 19:00 WIB
Selain Beribadah, 4 Hikmah ini Bisa Kamu Ambil dari Bulan Suci Ramadhan
caption
Bulan Ramadhan tak hanya mengajarkan seluruh umat Muslim untuk menahan lapar dan dahaga hingga terbenamnya sinar mentari. Umat Muslim pun berlomba-lomba berburu amalan baik dan pahala serta memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Di bulan suci ini kamu pun bisa mengambil 4 hikmah yang akan membuat suasana Ramadhan mu menjadi lebih bermakna, berikut diantaranya!

Menjadi Pribadi yang Religius


Foto: Istimewa

Di bulan yang suci dan penuh berkah ini, umat Muslim pun semakin belajar untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh ampunan, maka dari itu kamu pun berkesempatan untuk berproses menjadi Muslim yang lebih religius dan tawakal kepada sesama maupun kepada sang pencipta.

Bulan Ramadhan ini pun akan memberimu pelajaran tentang bagaimana harus menempatkan diri untuk bertutur kata dan bersikap, sehingga kamu pun akan berhati-hati dan berpikir terlebih dahulu sebelum melontarkan kata-kata atau ucapan dengan lawan bicaramu.

Selain itu, kamu pun akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa, sholat, berdzikir, maupun membaca ayat-ayat suci Al-Quran beserta terjemahannya. Jika kamu semakin sering melakukannya, maka kebiasaan baik ini akan melekat pada dirimu. Semangat untuk merubah diri menjadi lebih baik ya, Ladies.
 


Melawan Hawa Nafsu


Foto: Istimewa

Selain menjadi pribadi yang lebih baik, umat Muslim pun tentunya diajarkan untuk menahan hawa nafsu selama menjalankan ibadah puasa serta melawan amarah dan emosi. Ketika biasanya kamu enggak bisa menahan godaan haus dan lapar, maka selama sebulan ini kamu juga diwajibkan untuk menahan unsur-unsur duniawi. Selain itu kamu pun akan diajarkan menjadi pribadi yang lebih sabar dan melawan emosi serta amarahmu untuk menjadi pribadi yang mudah memaafkan dan mengampuni segala kesalahan.

Memang melawan hawa nafsu saat berpuasa bukan hal yang mudah, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa kok! Asalkan niatmu sudah teguh dan siap lahir batin, kamu pasti bisa melalui semua ini. Berpuasa pun akan memberikan mu hikmah untuk lebih bersyukur dan berempati karena masih banyak saudara-saudaramu di luar sana yang merasa haus dan kelaparan. Maka dari itu, di bulan baik ini kamu juga bisa bersedekah dan berbagi kebahagiaan bersama mereka.
 


Lebih Bersyukur


Foto: Istimewa

Manusia merupakan makhuk yang tidak pernah puas. Untuk itu, ia akan terus mencari kebahagian apa yang ia inginkan. Terkadang sesorang tidak sadar, Tuhan menciptakan diri kita dengan tubuh yang sempurna, rezeki yang halal serta kemampuan atau talenta yang dimiliki. Hendaknya kita patut bersyukur dan merasa cukup.

Maka dari itu, hikmah di bulan Ramadhan ini tentunya akan memberimu arti nikmat dan syukur atas apa yang telah kamu dapatkan baik hari ini maupun kemarin. Bersyukur adalah kunci untuk memperoleh kebahagiaan.
 
 



Saling Berbagi dan Peduli


Foto: Istimewa

Selama menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan, kamu pun akan menjadi pribadi yang gemar berbagi dan peduli kepada sesama. Hal itupun tentunya kamu lakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas. Walaupun situasi enggak memungkinkan untuk ke luar rumah saat ini, kamu pun masih bisa berbagi dengan memberikan donasi lewat platform online terpercaya yang sekarang dapat dilakukan dengan mudah.

Enggak hanya itu, ketika sedang berhalangan menjalankan ibadah puasa pun kamu masih bisa membantu menyediakan hidangan berbuka puasa bagi keluargamu yang menjalankannya. Bukankah manusia itu ialah yang bermanfaat bagi orang lain bukan? Niatkan dengan hati yang tulus maka kamu akan meraih kebahagiaan itu.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, Beautynesian!
 
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id