sign up SIGN UP

MUSLIM

Tetap Nyaman, Ini 7 Tips Simple Berhijab Anti Gerah

Ayuliy Lestari | Senin, 03 May 2021 17:15 WIB
Tetap Nyaman, Ini 7 Tips Simple Berhijab Anti Gerah
caption

Hijabers yang tinggal di daerah tropis memang rentan mengalami kegerahan saat mengenakan hijab. Terkadang hal tersebut membuat kamu malas keluar rumah karena tergoda melepaskan hijab dan bersantai di rumah. Namun tenang saja, Ladies, ada beberapa tips simple untuk meminimalisir rasa gerah saat mengenakan hijab. Simak yuk!

1. Pilih Bahan Hijab yang Cocok Untuk Iklim Tropis

Tips memilih hijab
Tips memilih hijab/Instagram.com/hamidahrachmayanti

Seperti yang kamu tahu bahwa Indonesia memang beriklim tropis. Untuk kamu yang berhijab sebaiknya pilih bahan yang tepat. Kamu perlu banget memilih hijab dengan bahan yang nyaman dan adem saat dipakai.

Apalagi jika kamu banyak melakukan aktivitas luar ruangan, memilih bahan hijab yang adem dan nyaman sudah menjadi keharusan. Pilih hijab dengan bahan yang renggang dan mampu menyerap keringat. Beberapa bahan yang bisa kamu andalkan adalah katun, voal, linen dan rayon.

2. Pilih Inner yang Nyaman dan Anti Gerah

Tips memilih hijab
Tips memilih hijab/Instagram.com/indahnadapuspita

Tak hanya memilih bahan hijab yang nyaman dan adem, kamu juga perlu mempertimbangkan bahan inner yang juga anti gerah. Inner sendiri memang lebih dibutuhkan apalagi jika kamu memilih bahan hijab yang cukup tipis atau hijab dengan warna cerah yang cenderung menerawang.

Nah, jika kamu menggunakan hijab dengan inner maka pilihlah inner dari katun supaya bisa menyerap keringat. Hindari menggunakan hijab berlapis, apalagi jika kamu akan beraktivitas di luar ruangan. Bukan cuma bikin ribet, hijab berlapis juga akan membuatmu kepanasan.

3. Pilih Warna Hijab yang Tak Menyerap Panas

Tips memilih hijab
Tips memilih hijab/Instagram.com/bellaattamimi

Ada beberapa warna hijab yang justru menyerap panas, terutama warna gelap seperti hitam, Ladies. Jadi ketika kamu akan berkegiatan di cuaca panas, sebaiknya pilih warna-warna yang cenderung lebih muda seperti warna-warna pastel agar tidak gerah.

Namun, bukan berarti kamu tak boleh pakai hijab berwarna gelap. Kamu bisa memilih warna hitam, dark brown atau dark grey ketika berkegiatan di dalam ruangan yang disertai AC atau saat traveling di tempat-tempat dingin.

4. Ikat Rambut dengan Benar

Hijab anti gerah
Hijab anti gerah/Instagram.com/aghniapunjabi

Saat memakai hijab, sebaiknya ikat rambutmu dengan benar karena rambut-rambut yang menempel pada leher akan membuat lehermu gerah dan risih. Jadi, menguncir rambut adalah solusi terbaik, apalagi di cuaca yang sedang panas. Bahkan mengikat rambut juga membuat tampilan bagian belakang hijab lebih cantik dan anggun lho!

5. Pilih Gaya Hijab yang Simple

Tips memilih hijab
Tips memilih hijab/Instagram.com/nisacookie

Setelah mengikat rambut, kamu pun perlu memilih gaya hijab yang simple. Pilihan model segi empat atau pashmina tanpa perlu kreasi dan lilit yang berlebihan agar rambut dan kepala kamu menjadi lebih bisa bernapas. Tak hanya itu, gaya hijab yang simpel juga membuat kamu terlihat lebih elegan, Ladies.

6. Gunakan Baju yang Longgar

Tips memilih hijab
Tips memilih hijab/Instagram.com/aghniapunjabi

Selain hijab, model dan bahan baju yang akan kamu pakai juga harus diperhatikan. Sama halnya dengan hijab, kamu juga perlu memilih bahan busana yang membuat kamu tidak gerah. Hindari juga memilih busana yang terlalu ketat karena hanya akan membuat kamu kepanasan.

Atasan loose atau oversize, kini tengah jadi tren. Selain lebih sopan dan membuat kamu terlihat cute, juga bisa dijadikan pilihan untuk mencegah kegerahan. Hindari model baju berlayer, terutama jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan ya, Ladies.

[Gambas:Instagram]

7. Jauhi Sinar Matahari Secara Langsung

Tips memilih hijab
Tips memilih hijab/Instagram.com/tantrinamirah

Agar tidak mudah gerah, sebaiknya kamu menjauhi sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya lindungi kepala dengan topi.

Terkena sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan suhu tubuh menjadi cepat naik dan tentu saja kamu merasa gerah. Menggunakan topi atau payung dapat mencegah sinar matahari langsung ke kepala kamu apalagi saat menggunakan hijab yang berbahan tipis.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa mengenakan hijab dengan nyaman meskipun sedang berada di cuaca yang panas. Semoga bermanfaat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id