sign up SIGN UP

MUSLIM

Tidak Bisa Bukber Saat PSBB, Ini Alternatif untuk Silaturahim dengan Kerabat dan Teman

Rumaysha Milhania | Senin, 04 May 2020 10:00 WIB
Tidak Bisa Bukber Saat PSBB, Ini Alternatif untuk Silaturahim dengan Kerabat dan Teman
caption
PSBB di bulan Ramadan bikin susah silaturahim, siapa bilang? Yuk, intip alternatif silaturahim dengan kerabat saat PSBB berikut ini!

Bulan suci Ramadan selalu menjadi momen spesial untuk menjalin silaturahim dengan keluarga, kerabat dan teman-teman. Buka puasa bersama menjadi aktivitas yang memenuhi jadwal di hari-hari Ramadan. Sayangnya, Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana pandemi virus corona membuat pemerintah menerapkan aturan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Meskipun interaksi fisik sudah dibatasi, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengganti alternatif dengan keluarga dan teman-teman.

1. Buka Bersama Online

Kemajuan teknologi saat ini sudah seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Di masa pandemi seperti sekarang, kita tidak bisa dengan mudah bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang tersayang. Nah, buka puasa bersama di masa PSBB ini bisa dilakukan secara online. Buatlah janji dengan kerabat, teman, dan keluarga untuk online bersama saat buka puasa. Meskipun berbeda, ini akan memberikan kenangan ke depannya.


Foto: https://thesheridanpress.com/


2. Saling Berkirim Makanan

Interaksi tidak langsung lain juga bisa kamu lakukan dengan saling berkirim makanan. Kamu bisa membawakan keluarga atau sahabatmu makanan favoritnya dari rumah. Cara ini tidak hanya akan membagikan makanan tetapi juga membuat mereka merasakan kasih sayang dan perhatian dari jarak jauh.
 



3. Membagikan Parsel

Mendekati lebaran, kamu juga bisa menyiapkan parsel untuk diberikan pada kerabat. Siapkan parsel berisi kue-kue lebaran, camilan rumah, atau perabotan cantik seperti piring dan cangkir untuk orang-orang tersayang. 
 



Foto: https://centreforequalities.org.uk/


4. Silaturahim dan Sesi Foto Lebaran Online

Di momen lebaran, mungkin akan sulit untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Ini mungkin akan membuatmu kehilangan momen kebersamaan saat hari raya. Namun, kondisi ini bisa dialihkan dengan melakukan silaturahim dan sesi foto online di rumah masing-masing. Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi dengan semua keluarga dalam satu waktu bersama-sama. Seru, bukan?
 



Nah, itulah beberapa alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengganti silaturahim selama bulan Ramadan dan lebaran di saat pandemi. Meskipun ini akan menjadi momen yang berbeda, sadari bahwa ini adalah bagian dari ujian solidaritas. PSBB sendiri merupkaan salah satu kebijakan yang kesuksesannya ditentukan oleh kerja aktif dari masyarakat.


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id