sign up SIGN UP

MUSLIM

Tips Merawat Hijab Sesuai dengan Bahannya

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 14 Jun 2020 10:00 WIB
Tips Merawat Hijab Sesuai dengan Bahannya
caption

Ada berbagai jenis bahan hijab yang bisa ditemui saat ini. Semuanya punya ciri khas masing-masing, baik itu secara tampilan maupun serat kainnya. Untuk itulah, cara merawatnya pun tidaklah sama. Lantas, bagaimana cara yang tepat?

Bahan Sutera



Foto: https://in.pinterest.com/

Bagi kamu yang punya hijab berbahan sutera, maka perawatannya haruslah ektra hati-hati. Hal ini dikarenakan karakteristik sutera yang begitu lembut. Ketika dicuci, jangan rendam terlalu lama serta tidak dikucek terlalu keras. Dianjurkan untuk mencuci dengan tangan guna mematikan serat kain tetap aman.


Tidak hanya saat mencuci, teknik setrika hijab berbahan sutera juga harus diperhatikan. Hindari setrika yang terlalu panas dan jika sudah selesai sebaiknya digantung agar tidak meninggalkan bekas lipatan.

Bahan Paris



Foto: https://in.pinterest.com/

Selanjutnya ada bahan paris yang cukup banyak digandrungi saat ini. Bahannya cukup tipis dan tidak menimbulkan rasa gerah ketika dipakai. Cukup gunakan air sabun saat mencuci dan jangan kucek terlalu keras karena bisa merusak serat kain.

Ketika dijemur, pilihlah tempat yang teduh agar warnanya tidak cepat pudar. Sedangkan untuk teknik saat setrika, cukup gunakan suhu rendah hingga medium agar bahan hijab tetap aman. 

Bahan Satin

Foto: https://sentralgrosirjilbab.com/blog/cantik-dan-glamour-berhijab-dengan-bahan-satin/

Bahan yang satu ini memang kerap terlihat digunakan pada acara-acara khusus karena tampilannya yang terlihat mewah. Ciri khasnya yang begitu mengkilap dan terasa licin membutuhkan perawatan yang pas. Adapun langkah yang tepat saat mencuci hijab berbahan satin ialah tidak merendamnya terlalu lama guna menghindari kerusakan benang fiber yang akan berakibat melar.

Setalah dicuci, jangan peras hijab karena hanya akan meninggalkan bekas kerutan yang sulit dihilangkan. Solusinya, hijab berbahan satin yang baru dibilas bisa diletakkan di atas handuk kemudian digulung hingga air terserap. Saat menyetrika, hindari panas setrika secara langsung dan jangan semprotkan cairan apapun karena akan sulit menghilangkannya.

Bahan Jersey

Foto: https://benharad.co.uk/product/grey-jersey-hijab/

Bahan hijab yang terkenal dengan kemampuan serapnya yang baik ini juga membutuhkan perawatan khusus. Meski demikian, jika dibandingkan dengan bahan hijab lainnya, jenis jersey tergolong lebih mudah untuk dirawat.

Ketika dicuci, tidak perlu dikucek dan saat dibilas usahakan untuk tidak dipelintir karena bisa menimbulkan kerutan. Agar warna tetap awet, jemurlah dengan posisi bagian dalam hijab di luar dan cukup setrika bagian dalam saja.  

Bahan Chiffon

Foto: https://fi.pinterest.com/pin/791226228269388094/

Nah, yang terakhir ada bahan chiffon yang saat ini tak kalah banyak digemari. Hindari penggunaan mesin cuci ketika mencuci agar serat kain tetap aman serta gunakan sabun cair supaya warna tidak pudar. Selain itu, saat menyetrika gunakanlah suhu rendah dan setelah selesai jangan digantung karena bisa membuat hijab menjadi melar.

(kik)

Our Sister Site

mommyasia.id