sign up SIGN UP

LIFE

12 Mimpi yang Paling Umum dan Arti Mimpi Menurut Ahli

Henny Alifah | Minggu, 13 Dec 2020 17:30 WIB
12 Mimpi yang Paling Umum dan Arti Mimpi Menurut Ahli
caption
Jakarta -

Kamu mungkin pernah mengalami mimpi yang tampak nyata hingga terbangun tengah malam dalam keadaan panik. Yup, kamu tidak sendirian.

Menurut Lauri Loewenberg, analis mimpi bersertifikat di Amerika Serikat, mimpi adalah pikiran bawah sadar dan merupakan kelanjutan dari pemikiran tentang kejadian sehari-hari. Saat tidur, otak membayangkan sekitar lima mimpi per malam, meski tidak selalu dapat diingat ketika bangun.

Menariknya, beberapa mimpi memiliki pola yang sama antara satu orang dengan orang yang lain. Sebut saja jatuh dari ketinggian, gigi copot, atau dikejar-kejar sesuatu. Nah, berikut adalah dua belas daftar mimpi yang paling umum beserta maknanya menurut para ahli.

1. Kembali ke sekolah, menghadapi ujian

ilustrasi: mimpi kembali ke sekolah dan menghadapi ujian
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Kobe Michael

Menurut Lauri Loewenberg, seperti yang dikutip dari Harpers Bazaar, mimpi ini biasanya terkait dengan pekerjaan, ketika tantangan pekerjaan berada di depan mata. Itu karena sekolah adalah pekerjaan pertama seseorang.

Mimpi ini mencerminkan kondisi tegang saat kamu akan melalui evaluasi kerja, mencoba mendapatkan klien baru, berusaha mendapatkan promosi, serta kapanpun kamu merasa diuji dan harus membuktikan diri.

2. Bertemu selebriti

ilustrasi: mimpi bertemu selebriti
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/sergio souza

Meskipun mungkin kemunculan cameo selebriti dalam mimpi terasa random, biasanya masih ada sesuatu yang relevan dengan kondisimu saat ini. Bisa jadi terkait dengan film mereka yang kamu tonton atau lagu mereka yang kamu dengarkan.

Lauri Loewenberg juga menegaskan bahwa hal ini bisa juga terkait dengan persona selebriti tersebut. Mungkin apa yang kamu sukai dari selebriti tersebut juga ada pada dirimu atau kamu ingin menjadi seperti selebriti tersebut.

3. Terlambat datang ke acara super penting

ilustrasi: mimpi terlambat datang ke acara super penting
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Jika kamu bekerja di bidang yang berorientasi pada tenggat waktu, mimpi yang ini cukup jelas mencerminkan kehidupan di dunia nyata. Jika tidak, mungkin mimpi ini berhubungan dengan target yang kamu buat sendiri. Lauri Loewenberg mencontohkan misalnya kamu ingin menurunkan berat badan atau ingin mencapai level karier yang tinggi dalam tempo tertentu.

4. Telanjang, di depan publik

ilustrasi: mimpi telanjang di depan publik
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Rebeca Gonçalves

Mimpi telanjang merupakan salah satu mimpi yang paling umum. Menurut psikolog Dr. William Braun, mimpi-mimpi ini seringkali disertai dengan perasaan malu. Mimpi ini juga bisa dikaitkan dengan perasaan rapuh dan terekspos.

Namun, jika kamu telanjang dan tidak merasa malu, makna mimpi ini bisa menjadi kebalikannya. Mungkin kamu ingin dilihat, diakui, dikagumi.

5. Gigi copot

ilustrasi: mimpi gigi copot
Makna Mimpi/ Foto: Freepik.com

Mimpi gigi copot juga merupakan salah satu mimpi yang paling umum. Untuk tahu makna mimpi ini, coba tanya diri sendiri apakah kamu termasuk orang yang mudah merasa cemas? Bisa jadi kecemasan yang terpendam datang dalam bentuk mimpi.

Menurut Dr. William Braun, mimpi ini mungkin menunjukkan perhatian pada potensi, kompetensi, kekuatan, kemampuan seseorang untuk 'menggigit' dunia. Mimpi ini juga dapat dikaitkan dengan masa perubahan dan transisi.

6. Dikejar-kejar sesuatu

ilustrasi: mimpi dikejar-kejar seseorang
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Betty Curac

Interpretasi mimpi yang ini tergantung pada apa atau siapa yang melakukan pengejaran. Seringnya, mimpi dikejar monster. Dr. William Braun mengungkapkan bahwa monster bisa jadi merupakan cerminan dari kecerobohan, kecanduan, atau hutang.

Jika kamu mengalami mimpi buruk dikejar oleh seseorang yang kamu kenal, interpretasinya bisa beda lagi. Persepsi kamu tentang orang yang mengejar seringkali lebih menyimpan makna daripada orang itu sendiri. Orang dalam mimpi bisa menjadi pengganti orang lain atau bahkan pengganti aspek diri kita sendiri.

7. Mimpi diselingkuhi

ilustrasi: mimpi diselingkuhi
Makna Mimpi/ Foto: Freepik.com

Jika pernah bermasalah dengan yang namanya perselingkuhan, baik di hubungan yang sekarang maupun yang lalu, mimpi seperti ini biasanya akan terus muncul. Namun penting untuk diingat, mimpi manusia biasa bukanlah ramalan.

Lauri Loewenberg menegaskan bahwa jika tidak ada trust issue dalam hubungan dan hal ini tampaknya keluar konteks, maka mimpi semacam ini bukan serta-merta berarti pasangan selingkuh. Sebaliknya, mungkin ada pihak ketiga yang patut dicurigai. Ada sesuatu yang menyita terlalu banyak waktunya dan perhatiannya padamu jadi berkurang, misalnya pekerjaan, hobi, teman, bayi baru.

Mimpi ini bisa menjadi positif selama kamu tidak terbangun dengan marah-marah pada pasangan atas sesuatu yang belum tentu ia lakukan. Mimpi seperti ini bisa jadi alarm yang memberi tahu bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki di antara sepasang kekasih.

8. Mimpi selingkuh

ilustrasi: mimpi selingkuh
Makna Mimpi/ Foto: Freepik.com

Mimpi yang ini bisa jadi juga simbolis. Menurut psikiatris Eliza Boquin, mimpi selingkuh seringkali mengindikasikan adanya keraguan tentang kesetiaan pasangan atau kekuatan cinta.

Pengkhianatan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, jadi jika kamu merasa bahwa pasangan lebih memprioritaskan sesuatu atau orang lain daripada kamu, atau ia tidak sepenuhnya terbuka, alam bawah sadar mungkin mencoba memproses apa yang terjadi.

Sejatinya, mimpi adalah ruang di mana seseorang dapat menghadapi tabu atau masalah yang tidak ingin dihadapi saat bangun.

9. Hamil

ilustrasi: mimpi hamil
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Bahkan jika kamu tidak sedang dalam program hamil, Lauri Loewenberg mengatakan bahwa ini adalah mimpi yang positif. Mimpi ini mencerminkan bahwa ada sesuatu yang tumbuh dan berkembang di dalam diri. Mulai dari ide baru, meraih gelar baru, atau menjalin hubungan baru.

10. Terjatuh

ilustrasi: mimpi terjatuh
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Craig Gary

Detail mimpi ini bisa bervariasi, misalnya jatuh ke lubang bumi atau jatuh dari gedung tinggi. Namun, menurut Dr. William Braun, mimpi jatuh secara umum dapat dikaitkan dengan perasaan tidak terkendali atau kewalahan, perasaan tidak didukung dan tidak aman.

11. Berada dalam posisi yang berkuasa, presiden, ratu, pemuka agama, atau CEO

ilustrasi: mimpi jadi CEO
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Mimpi ini, menurut Dr. William Braun, biasa dialami jika kamu di kehidupan nyata tidak berada di posisi yang berkuasa. Oleh karena itu, di dunia mimpi, kamu yang tidak berdaya menjadi kebalikannya. Mimpi mengkompensasi atau menutupi perasaan tidak berdaya tersebut.

12. Berada di pesta makan mewah yang tak pernah terbayangkan, bertemu anggota keluarga yang meninggal, atau skenario lain yang mustahil (tapi bersifat positif)

ilustrasi: mimpi bertemu orang yang sudah meninggal
Makna Mimpi/ Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Mimpi semacam ini dapat mewakili kebutuhan untuk melengkapi kenyataan dengan fantasi. Menurut Dr. William Braun, memimpikan jamuan makan adalah upaya untuk memuaskan rasa lapar akan makanan yang terlewat. Sementara memimpikan orang tercinta yang sudah meninggal adalah cara untuk menghidupkan mereka kembali.

Sedangkan menurut psikiatris Eliza Boquin, mimpi bisa bersifat menyembuhkan. Mimpi dapat membantu seseorang dalam memproses emosi sulit. Banyak pula yang percaya bahwa ini adalah kunjungan dari orang tercinta yang telah meninggal, menciptakan perasaan nyaman karena dapat menghabiskan waktu bersama orang kesayangan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id